Wednesday, October 29, 2014

Subhanallah... 40 Fakta Tentang Otak Manusia....! Menakjubkan...!

1. Berat otak orang dewasa adalah sekitar 1,4 Kg.

2. Pembuluh darah di otak kita jika dibentangkan maka akan berjarak 100.000 mil. Sebuah jarak yang setara dengan berkeliling bumi selama empat kali.

3. Otak kita memiliki 100 miliar neuron.

4. 75% otak kita terdiri dari air

5. Seperti pada sidik jari seseorang, tiap orang memiliki pola unik yang berbeda satu sama lain pada lipatan otak mereka.

6. Ketika usia semakin menua, alur lipatan pada otak akan semakin meluas.

7. Di otak tidak terdapat reseptor rasa sakit. Secara teknis, operasi di otak tidak akan menyebabkan rasa sakit atau nyeri, meskipun banyak reseptor nyeri di bagian tubuh lainnya melibatkan otak.

8. Itulah mengapa kita tidak merasa geli ketika kita menggelitik diri sendiri, karena otak tidak merasa dikejutkan oleh rangsang anggota tubuh kita sendiri.

9. Saat kita lahir, hampir semua neuron otak telah kita miliki atau telah ada.

10. Masa-masa paling bagus untuk tumbuh kembang otak kita adalah pada usia 2 tahun. Itulah mengapa kita kenal usia di bawah tiga tahun adalah usia emas.

11. Ketika dalam keadaan sadar dan terjaga, otak kita menghasilkan listrik yang cukup untuk menyalakan bola lampu kecil.

12. Selama trisemester pertama, otak janin akan mengalami kemajuan sekitar seperempat juta per menit.

13. Ukuran otak seorang perempuan akan menyusut selama kehamilannya dan akan pulih dalam enam bulan.

14. Jumlah stimulasi yang diterima anak dapat mempengaruhi pertumbuhan otaknya sebanyak 25%.

15. 20% pasokan oksigen otak adalah dari darah, 20% lainnya adalah dari pasokan oksigen tubuh dan sebagian kecil lainnya adalah dari total berat badan Anda.

16. Untuk mendeteksi sebuah gambar otak membutuhkan sekitar 1/75 detik. Menurut para peneliti, bahkan monitor pun tidak ada yang dapat menampilkan gambar lebih cepat dari otak.

17. Data yang dapat ditampung otak kita setara dengan 2,5 juta GB data.

18. Kami hanya menggunakan 10% dari otak kita ... salah! Hampir semua otak digunakan dan sebagian besar aktif sepanjang waktu.

19. Setiap kali kita mempelajari sesuatu atau membuat memori baru, maka otak kita akan membuat sebuah koneksi baru, demikian seterusnya.

20. Bahkan ketika tidur sekalipun, bidang otang kita tetap terlibat aktif dengan memori-memori. Para ilmuwan berpikir dengan tidur kenangan akan terkonsolidasi dan diperkuat.

21. Persilangan pada bagian sensor otak dapat mengakibatkan terjadinya sinestesia pada seseorang.

22. Gambar yang kita lihat akan diproyeksikan terbalik pada retina otak. Otak kita membalik gambar sehingga kita melihat hal-hal dengan benar.

23. Kita memiliki dua buah mata, sehingga mengirim ke otak adalah dua gambar, kemudian otak kita menggabungkan ke dalam satu gambar yang Anda lihat.Spoiler for :

24. Kedua belah otak Anda bekerja dengan sisi berlawanan dari tubuh Anda. Misalnya, apa yang Anda lihat dengan mata kanan Anda diproses di otak kiri dan otot-otot di sisi kiri tubuh Anda dikendalikan oleh belahan kanan.

25. Otak dapat memperbaiki sendiri setelah terjadi cedera atau mendapatkan kembali fungsi yang hilang, seringkali sirkuit baru terbentuk di daerah yang berbeda dari otak yang biasanya tidak digunakan untuk fungsi yang hilang.

26. Otak pada laki-laki dan perempuan adalah identik, tetapi ada bagian dari otak yaitu yang bertanggung jawab untuk kebutuhan seksual 2,5 kali lebih besar pada laki-laki.

27. Seorang perempuan dapat mengingat secara detail walaupun dalam keadaan sedang menjalani operasi otak dan semua darah di otak telah terkuras habis.

28. Setelah terjadi cedera pada otak, beberapa orang dapat mengalami Foreign Accent Syndrome (FAS) atau sindrom dimana tiba-tiba mereka dapat berbicara dengan aksen bahasa lain.

29. Misalnya saja meskipun seorang gadis lahir hanya dengan otak sebelah kiri saja, dia akan menjalani hidup yang relatif normal. Karena satu sisi otaknya akan mengambil alih fungsi yang biasanya terjadi di sisi lain.

30. dalam otak terdapat penyaring yang menentukan zat apa yang bisa melalui pembuluh darah otak kita, selain terdapat juga sumsum tulang belakang yang juga berfungsi sebagai lapisan perlindungan.

31. Latihan tidak hanya bagus buat tubuh kita, tapi itu juga baik untuk otak kita. Sebuah molekul yang diproduksi di otak Anda selama latihan mengaktifkan gen yang terlibat dalam pembelajaran dan memori.

32. Jika dimisalkan otak manusia itu sebuah komputer, maka otak kita bisa melakukan sebanyak 38 ribu triliun operasi per detik.

33. Otak melepaskan kimia untuk melumpuhkan tubuh kita saat tidur sehingga kita tidak bertindak apapun dalam mimpi kita.

34. Saat kita tidur, sel-sel otak kita menyusut sebanyak 60%.

35. Masing-masing mata kita memiliki 'blind spot' saat mata yang satunya melihat apa yang hilang berlalu. Jika kita menutupi satu mata kita, otak kita akan mengisi 'blind spot' mata kita dengan latar belakang sekitarnya.

Untuk mengetes keberadan blind spot ini, silahkan lakukan percobaan  berikut, (lihat gambar dan petunjuk):
Untuk menemukan 'blind spot' Anda di mata kanan, dengan cara menutup mata kiri dan menatap titik. Gerakkan kepala Anda ke arah dan menjauh dari layar dan tanda plus akan hilang. Anda dapat menutupi mata kanan dan menatap tanda plus untuk menemukan 'blind spot' yang lain.

36. Game Puzzel semacam Tetris telah terbukti membantu salah satu bagian otak menebal dan meningkatkan efisiensi.

37. Mengapa kita tidak melihat kegelapan setiap kali kita berkedip? Itu disebabkan karena bagian dari otak tidak aktif dan tidak mendeteksi kegelapan sementara.

38. Saat seseorang sedang diet dan merasa lapar, maka mengakibatkan sel-sel otak kita untuk memakan diri diri mereka sendiri dan membuat rasa lapar lebih kuat.

39. Telah diperoleh hasil bahwa ketika seseorang sedang mabuk maka ia tidak dapat mengingat apa-apa karena semua alkohol telah membuat otak selama sementara waktu kehilangan kemampuan untuk menciptakan memori baru.

40. Diperkirakan 10 sampai 35 persen dari populasi akan bersin ketika melihat matahari atau lampu terang karena lintas kabel di otak.
loading...

1 comment:

  1. Gila, ternyata banyak hal yang belum saya ketahui tentang fungsi otak. Yang saya tahu hanya 10 nomer diatas. Artikel yang bagus, keep posting.

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih