Thursday, October 30, 2014

Agar Tetap Sehat dan Berkhasiat, Kenali 3 Minuman Yang Sebaiknya Tidak Disajikan Dalam Keadaan Panas

Menikmati secangkir minuman panas bersama keluarga memang sangat menyenangkan, terutama di pagi hari, atau pun di malam hari saat berkumpul bersama.

Namun demikian, tidak semua minuman baik untuk disajikan panas, terutama saat kita ingin mengambil manfaat gizinya. Ada beberapa minuman yang jika disajikan dengan suhu panas atau mendidih malah kehilangan kandungan vitamin atau antioksidan tertentu.

Sedangkan penyajian minuman yang dinilai tepat adalah dengan suhu hangat, dingin, atau normal.

Menurut para dokter spesialis gizi klinis, penyajian minuman panas, terutama penyeduhan menggunakan air panas, dapat merusak gizi tertentu. Berikut ini ada beberapa minuman yang sebaiknya tidak disajikan panas, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Teh hijau 
Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang potensial, bernama epigallocatechin gallate. Antioksidan ini dapat rusak saat diseduh dalam suhu yang tinggi. Samuel mengatakan bahwa sebaiknya teh hijau tidak diseduh dengan air mendidih, tidak lebih dari 70 derajat celsius. Ia menjelaskan lebih detail bahwa untuk mendapatkan manfaat antioksidan yang maksimal dari teh, maka dibutuhkan 3 gram teh untuk satu cangkir. Sedangkan untuk teh celup, jangan mencelupkannya lebih dari 3 kali. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi kantong celup.

Teh hijau sebaiknya jangan disimpan lebih dari 6 bulan agar antioksidan yang terkandung di dalamya tidak rusak. Dokter Samuel menyarankan untuk mengkonsumsi teh hijau sebanyak tiga hingga lima cangkir sehari agar mendapatkan manfaat yang optimal.

2. Susu 
Susu mengandung protein tertentu yang dapat rusak saat diseduh dengan air panas. Protein tertentu yang terkandung dalam susu bisa mengalami denaturasi pada suhu lebih dari 80 derajat celcius. Oleh sebab itu seduhlah susu cukup dengan air hangat saja.

3. Jeruk 
Bila anda ingin menikmati minuman dari buah jeruk, sebaiknya tidak menyeduhnya dengan air panas. Minuman jeruk paling baik disajikan dengan suhu ruang. Sebab, jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Sebagai informasi, vitamin C adalah antioksidan yang tidak tahan panas. Jadi 
loading...

2 comments:

  1. oalah... saya suka banget minum teh hijau dalam keadaan panas.. ternyata saya salah.. terima kasih banyak infonya ya gan!

    ReplyDelete
  2. wah saya suka banget minum teh hijau pake air panas. ternayata selama ini salah :( terima kasih banyak info nya ya gan :D

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih