Orang Rajin Bersedekah Itu Bahagia, begini penjelasan ilmiahnya...

Pernahkah kita merasakan, ketika kita mengeluarkan sedekah kepada orang yang membutuhkan, ketika kita bisa membantu meringankan beban orang lain, lalu muncul perasaan bahagian entara dari mana dalam lubuk hari kita?;

Thursday, April 18, 2019

Hati-hati, Beberapa Makanan Yang Tidak Boleh [Tidak Dianjurkan] Dimakan Bersama Durian

Siapa tak kenal dengan Durian, rajanya buah-buahan. Disamping rasanya yang amat lezat, durian juga mengandun banyak manfaat. Beberapa waktu lalu, kita pernah bagikan tulisan tentang manfaat buah durian yang luar biasa untuk kesehatan manusia.


Buah dengan duri di bagian luar namun lunak daging buahnya, ini sangat disukai orang, meski juga sebagian orang membencinya karena baunya yang menyengat.

Namun, jangan karena harganya sedang murah, lantas Anda bisa sembarangan memakan durian. Nah, bagi Anda pecinta durian, sebelum menikmati sepotong buah surgawi ini, luangkan waktu untuk membaca ini.

Ada enam jenis makanan yang sebaiknya tidak dimakan berbarengan dengan durian, seperti dilansir dari goodyfeed:

1. Alkohol
Ada orang yang mengatakan kalau makan durian dan minum alkohol pada saat yang bersamaan akan membunuh Anda.

Meskipun tidak dapat dipastikan bahwa kematian akan terjadi, tetapi kandungan sulftur yang tinggi pada durian menghambat enzim yang membantu memecah alkohol dalam tubuh hingga 70 persen.

Kalau Anda tidak ingin hidup Anda sia-sia, ya sebaiknya jangan makan durian berbarengan dengan alkohol.


Ada orang yang mengatakan kalau makan durian dan minum alkohol pada saat yang bersamaan dapat mengancam nyawa Anda.

Meskipun tidak dapat dipastikan bahwa kematian akan terjadi, tetapi kandungan sulftur yang tinggi pada durian menghambat enzim yang membantu memecah alkohol dalam tubuh hingga 70 persen.

Kalau Anda tidak ingin hidup Anda sia-sia, ya sebaiknya jangan makan durian berbarengan dengan alkohol.

2. Minuman berkafein
Kalau Anda mengantuk, lah kok malah makan durian. Tetapi yang jelas minuman apa pun yang mengandung kafein dikatakan dapat menyebabkan gagal jantung ketika dikonsumsi berbarengan dengan durian.

Ya kalau mau makan raja buah ini setelah bangun tidur saja.

3. Susu
Heran juga, kok ada orang yang mau minum susu dengan durian, karena durian itu sudah cukup banyak dan manis.

Namun, dikatakan bahwa minum susu dengan durian dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan dalam kasus yang jarang terjadi, konsekuensi yang fatal.

4. Terong
Kita sering kali disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, tetapi tidak semua buah dan sayuran bisa dimakan bersamaan.

Durian dan terong dianggap sebagai makanan ‘panas’. Lalu, jika disatukan, maka keduanya akan menyebabkan tubuh kita memanas dan membuat kita jatuh sakit.

5. Kepiting
Kepiting dikatakan sangat ‘dingin’, sementara durian termasuk dalam kategori buah ‘panas’. Mengonsumsi keduanya secara bersamaan akan menyebabkan sistem pencernaan bingung dan akhirnya menyebabkan ketidaknyamanan di perut.

Mengapa tidak mengonsumsinya saja pada hari yang berbeda, apalagi kedua makanan itu dikenal harganya sangat mahal.

6. Daging sapi dan daging kambing
Daging-daging ini termasuk dalam kategori makanan ‘panas’, dan ketika dikonsumsi berbarengan dengan durian, maka mungkin akan menambah panas tubuh dan menyebabkan kita jatuh sakit.

Meskipun durian sedang murah, meski tergolong buah mahal, kita tetap harus mengontrol diri saat mengonsumsinya. (*)
loading...

Friday, April 12, 2019

Manfaat Bunga Lawang Untuk Kesehatan .. Mujarab dan Luar Biasa

Bagi penggmar makanan hangat Sup, pasti sudah akrab sama yang namanya bunga lawang, ataupun juga penggeman masakan-masakan timur tengah dengan citarasa yang khas. Ya, bunga lawang memang kerap dipakai dalam masakan-masakan tersebut. Di Indonesia, biasanya rempah ini sering dipakai sebagai bumbu semur, ayam kecap, masakan Cina, hingga minuman hangat.



Bunga lawang atau Kembang Lawang atau disebut juga pekak adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Rempah ini banyak digunakan di dalam masakan negara-negara Asia. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina yaitu ngo hiong yang terdiri dari lima jenis rempah. Nama Bunga Lawang dalam Bahasa Tionghoa adalah ba jiao atau bat gok yang memiliki arti "delapan tanduk", sesuai dengan bentuknya yang memiliki delapan kelopak. 

Bunga lawang memiliki bentuk seperti bintang dengan biji kecil di dalamnya. Selain bermanfaat untuk melezatkan masakan, bunga lawang ternyata kaya akan manfaat sehat, lho. Ini dia manfaat bunga lawang untuk kesehatan tubuh.

Memperlambat penuaan
Bunga lawang mengandung vitamin A, C, dan zat antioksidan. Mengonsumsinya bermanfaat untuk memperlambat penuaan dini serta membantu mengendalikan kadar gula darah.



Anti Oksidan
Bunga lawang mengandung minyak esensial linaool dan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan. Antioksidan adalah senyawa alami yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara.

Radikal bebas yang ada di dalam tubuh mempercepat proses penuaan tubuh. Akibatnya, Anda berisiko terkena berbagai penyakit seperti jantung dan kanker hingga penuaan dini pada kulit. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemico-Biological Interactions, menemukan fakta bahwa bunga lawang dapat bahkan dapat mengurangi perkembangan sel kanker.

Mengobati mual
Konsumsi bunga lawang atau adas akan membantu mengobati mual serta mengurangi kram perut.

Meningkatkan libido
Untuk meningkatkan gairah seksual yang menurun, hancurkan kembang lawang dan campur dengan air matang. Saring lalu minum beberapa jam sebelum berhubungan seksual.

Menyehatkan pencernaan
Minum air rebusan bunga lawang membantu dalam menghilangkan gas, kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.


Sembelit yang dibiarkan terlalu lama dapat berkembang menjadi wasir yang bisa menyebabkan buang air besar berdarah dan menyakitkan. Satu sendok makan ekstrak bunga lawang mengandung satu gram serat atau setara dengan 3-4 persen dari kebutuhan harian Anda, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Mengobati nyeri
Mengoleskan minyak esensial yang terbuat dari bunga lawang bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi serta rematik.


Mengatasi gangguan tidur
Dikutip dari Mercola, bunga lawang juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan tidur. Pasalnya, pengobatan tradisional menemukan fakta bahwa bunga lawang memiliki sifat penenang ringan yang membantu menenangkan saraf. Cobalah untuk mengonsumsi teh ekstrak bunga lawang setiap harinya. Jika gangguan tidur yang Anda miliki dapat teratasi, maka kualitas kesehatan fisik dan juga mental akan semakin membaik.

Anti jamur
Bunga lawang memiliki sifat anti jamur sehingga mengoleskan minyak dari bunga lawang juga bisa membantumu dalam mengobati infeksi jamur seperti kandida.

Menurut Korean Journal of Medical Mycology, esktrak tanaman yang satu ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri alami. Bunga lawang mampu mengendalikan jenis jamur tertentu seperti Candida albicans.

Jamur yang satu ini menjadi penyebab infeksi yang paling umum. Biasanya Candida albicans dapat tumbuh tanpa terkendali dan menyebabkan penyakit kandidiasis. Selain itu, para ilmuwan di Taiwan juga menemukan ada empat senyawa antimikroba di dalam bunga lawang yang efektif mengatasi 70 strain bakteri yang resistan alias kebal terhadap obat.

Kesehatan Ibu Hamil
Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, bunga lawang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit selama kehamilan. Sehingga tanaman herbal yang satu ini aman dan baik dikonsumsi saat hamil.

Bahkan, ibu menyusui juga bisa mencoba bunga lawang untuk meningkatkan produksi ASI. Senyawa antehole pada bunga lawang juga menunjukkan sifat mirip hormon estrogen yang dapat mengatur fungsi hormon pada wanita.



Menyembuhkan sakit tenggorokan
Kamu sedang terkena sakit tenggorokan? Minumlah teh dari bunga lawang untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan yang mengganggu.

Mengobati Flu dan Batuk


Manfaat bunga lawang yang mungkin tidak Anda duga ialah mengatasi flu dan juga batuk. Hal ini karena bunga lawang mengandung asam shikimat yang tinggi. Berdasarkan Journal of Medical Virology, kombinasi asam shikimat dan antioksidan quercetin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu, tubuh mampu melindungi dirinya secara maksimal dari serangan penyakit terutama yang diakibatkan oleh virus. Selain itu, mengonsumsi secangkir teh ekstrak bunga lawang tiga kali sehari membantu menghilangkan batuk dan sakit tenggorokan.

Tanaman obat memang sudah tersedia di sekelilingmu. Salah satu contohnya adalah bunga lawang tersebut. Maka, jika penyakitmu tidak terlalu parah, obati dengan tanaman obat seperti contoh di atas.
loading...

Tuesday, April 2, 2019

[Kisah Hikmah]: Hidup Tak Selalu Tentang Untung Rugi

Ada seorang ibu yang baik bercerita:

Di Tepi jalan, Ada bapak jualan cemilan. Aku beli 3 bungkus kripik. Aku pun bertanya, "Berapa harganya, Pak?"

Sambil menunduk, sang bapak itu jawab "Ibu ambil apa saja?"

Aku Spontan mengernyitkan dahi, batinku, "koq Bapaknya kenapa tanya, yah?"

"3 bungkus kripik, Pak."

"27 ribu, ibu", jawabnya.

Lalu saya sodorkan uang Selembar 100 ribu.

"Berapa ibu uangnya?", masih dalam posisi menunduk nanyanya. Aku mulai bingung dengan pertanyaannya.

Ku jawab, "100 ribu, Pak."

Bapak itu lalu berdiri meraba-raba kantong celananya `sambil mengeluarkan beberapa lembar uang.

Astaga…!! Ternyata bapak itu ada masalah di matanya dan sepertinya gak bisa lihat. Ya Tuhan.. kenapa aku tak pandai menjaga hati orang lain.

Maafkan jika hati ini belum mampu berbaik sangka sama orang, Bapaknya sibuk membongkar uang yang dikeluarkan dari kantong celananya. Nyaris dikeluarkan semua di tangannya.

Lalu dia bilang, "ambil saja ibu kembaliannya."

Seketika aku terkejut mendengar intruksi dari si Bapak. Lalu secara spontan aku bertanya pada Bapak itu,

"Pak, Klo saya kasih uangnya 10 ribu terus saya ambil kembalinya 50 ribu dari tangan Bapak dan Bapak kan ga tau. Terus nanti bapak rugi dong?"

Lagi lagi jawaban yang sederhana muncul dari mulutnya,

"Tuhan tak  akan Salah Alamat Kasih Rejeki.. ibu, kalo sekarang saya harus rugi, saya yakin Tuhan.. pasti lagi nyiapin Rejeki lain buat saya. Hidup Tak Hanya Sebatas Untung dan Rugi, tapi Hidup Belajar Tentang Sabar dan Ikhlas," katanya.

Ah! Aku nih memang Sensitif kalau ketemu orang Hebat seperti ini Rasanya gak bisa Nahan Air dari Pelupuk Mata ini. Ooh Tuhan... Gemetar hati ini mendengarnya.

Bapak itu nanya lagi,

"Sudah ambil kembaliannya belum bu ?"(rada bingung & ragu)..akhirnya Kujawab, "Ngga usah, Pak! Hari ini Tuhan.. kirim Rejeki untuk Jenengan."

Bapaknya senyum sambil bilang, "Terima kasih, ibu."

Aku terus Sadar..

Ya Tuhan..ampuni aku.., Maafkan aku..dari setiap Kegelisahan dan keraguan Hati ini akan Rezeki dariMu..

Disaat semakin susahnya mencari Uang..si Bapak penjual cemilan ini dgn Keterbatasan Matanya Tetap Bertahan dan Yakin bahwa Tuhan.. selalu ada Bersamanya..

Hari ini Belajar lagi dari Manusia Hebat penjual cemilan bahwa Hidup Tak Hanya Sebatas Untung dan Rugi..

Semoga Tuhan Senantiasa Melindungi...  Aamiin...🙏🙏🙏

#HiduptakHanyaSebatasUntungdanRugi

Sumber: FB Majalah Mutiara
loading...