Friday, October 31, 2014

Beberapa Manfaat Menangis Bagi Kesehatan...

loading...
Menangis adalah reaksi dari luapan emosi yang ada di dalam raga manusia. Ada banyak sebab orang menangis, baik karena penyesalan, kesedihan, kegembiraan dan lain sebagainya.

Selama ini, menangis bagi banyak orang identik dengan sikap cengeng dan pengecut. Padahal tidak demikian adanya, dalam beberapa tulisan di blog ini telah kita uraikan beberapa tulisan tentang tokoh-tokoh terkemuka yang ternyata mereka sering menangis.

Terutama bila yang menangis itu seorang pria, maka tak sedikit yang mengejeknya sebagai wanita. Padahal, tangisan adalah gejala normal. Tangisan adalah ibarat batu yang berdentum keras tatkala sudah tak mampu lagi menahan benturan.

Penelitian mutakhir menunjukkan bahwa menangis menyimpan banyak manfaat bagi manusia. Secara fisiologis, tangis umumnya disertai reaksi dengan keluarnya air mata. Gejala biologis ini mengundang tanya, apakah keluarnya air mata ini berpengaruh terhadap kesehatan seseorang?

Di awal penciptaan, air mata memang sudah diciptakan dan tentu saja ada manfaat besar dibalik penciptaannya.  Dalam tulisan ini, kita akan berbagi beberapa rangkuman tentang manfaat air saat menangis mata untuk anda

1. Menangis Menajamkan penglihatan
Tidak ada yang menyangkal bahwa fungsi utama mata adalah untuk melihat. Kemampuan seseorang untuk melihat akan sangat terpengaruh dari berbagai aspek. Biasanya, seiring dengan bertambahnya usia dari manusia semakin juga mengurangi kemampuan mata untuk melihat benda secara jelas.

Terlepas dari faktor usia tadi, mata ternyata mempunyai komponen yang mampu menajamkan penglihatan,yaitu air mata. Air mata yang keluar ketika menangis dapat mengurangi kondisi dehidrasi pada mata. dehidrasi yang berlebihan akan membuat pandangan menjadi kabur.

2. Air Mata membunuh bakteri jahat
Mata sangat sensitif sekali terhadap faktor faktor diluar mata tak terkecuali bakteri. bakteri yang menumpuk di mata akan menyebabkan iritasi pada mata. menangis ternyata mampu membunuh bakteri pada mata. karena cairan air mata menandung lisozom yang dapat membunuh bakteri.

3. Meningkatkan rasa percaya diri
Kenapa bisa demikian? Apa hubungannya? Jawabannya: karena airmata mengandung protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh. Albumin ini sangat berpengaruh pada reaksi kejiwaan, khususnya pada rasa percaya diri.

4. Menangis itu mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia bernama William Frey menyatakan dalam penelitiannya bahwa air mata yang di keluarkan dari sebab menangis dengan emosi mengandung racun. Namun racun yang di keluarkan itu tidak berbahaya bagi tubuh karena akan keluar bercampur dengan airmata.

5. Mengurangi stress
Manfaat lain dari menangis adalah mengurangi stress. Para ahli menjelaskan bahwa dalam tubuh ada hormon hormon stres khusus seperti endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Hormon ini akan ikut keluar bersama airmata ketika seseorang menangis, sehingga stres bisa terkurangi.

6. Melegakan perasaan
Sebagai manusia, setiap orang tak pernah lepas dari masalah yang mendera kehidupannya. Masalah kehidupan yang begitu pelik dan beban kerja yang mungkin membuat jenuh serta bahkan masalah perasaan yang membuat hati sedih merupakan hal lumrah bagi setiap orang. tak menutup kemungkinan kerasnya hidup tersebut membuat sebagian orang menangis.

Satu hal yang dirasakan seusai menangis ialah perasaan lega. Karena masalah masalah seakan akan larut dalam tangis yang tersedu sedu.

Jadi, itu beberapa manfaat menangis yang dapat kita uraikan di sini. Kesimpulannya, jangan pernah ragu dan malu untuk menangis, karena menangis ada hikmahnya, apalagi menangisi dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Mudah-mudahan, setiap tetes air mata yang jatuh ketika kita menangisi dosa, itulah yang bisa memadamkan api neraka kelak di Akhirat. Amin ya Rabbal Alamin.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih