Thursday, October 30, 2014

Perubahan Itu Berasal Dari Diri Sendiri...

loading...
Ada sebagian manusia yang fatalism dan berpikir bahwa nasib yang telah diterima itu merupakan suatu takdir yang ditentukan oleh Allah SWT, sehingga tidak ada keinginan untuk merubah itu, dengan alasan bahwa percuma saja, toh itu sudah menjadi takdirnya.

Padahal, tidak demikian. Allah SWT akan memberikan sesuatu sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Ya, bisa saja kita sebut itu takdir, tapi tak selamanya takdir akan membiarkan kita tetap berada dalam kesusahan bila kita sendiri mau merubahnya.

Apakah Anda pernah berpikir suatu ketika untuk mengubah hidup Anda? Mengapa kita semua memimpikan perubahan tapi tidak berhasil? Dan mengapa situasi tetap seperti itu? Semua peneliti menekankan adanya kekuatan yang tersembunyi dalam diri kita untuk suatu perubahan, tetapi kebanyakan dari kita tidak mengetahuinya.

Kekuatan ini terdapat dalam setiap diri kita. Anda harus benar-benar yakin bahwa Anda akan memperoleh kekuatan ini. Jika Anda telah memiliki keyakinan yang sangat kuat bahwa Anda akan memperoleh kekuatan ini, maka Anda telah menempuh separuh perjalanan menuju perubahan.

Anda bisa mendapatkan kepercayaan diri untuk meyakinkan diri sendiri bahwa Anda akan berubah karena Allah meminta Anda melakukan hal itu, demikian juga keluarga Anda dan kehidupan yang mengharuskan Anda untuk melakukan hal itu. Allah Ta`ala berfirman:

(إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ (الرعد: 11

Allah tidak mengubah kondisi suatu kaum sampai mereka mengubahnya sendiri,” (QS. Al-Ra`d 11).

Jadi, berusahalah membuat keputusan yang tepat dengan bertawakal kepada Allah dan bacalah ayat ini tujuh kali setiap hari:

(فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ (آل عمران: 159

Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya,” (QS. Ali Imran: 159).

Dengan bertawakal ini tidak akan ada satu keputusan pun yang salah ambil. Anda akan menemukan semua keputusan Anda benar, dan membawa Anda sukses, karena Allah Maha Kuasa adalah satu-satunya yang mengatakan hal itu. Maka orang yang bergantung pada Allah dan bertawakal padanya, Dia akan memberinya keputusan yang benar. Firman-Nya:

(وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ (الطلاق: 3

Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Dia akan mencukupkan (keperluan)nya,” (QS. Al-Talaq: 3).

Maka dari itu, ubahlah nasib kita saat ini dengan keyakinan bahwa kita dapat merubahnya. Dan lakukanlah hal-hal yang berbeda yang akan menjadi jalan perubahan itu. Teruslah berusaha dan berdoa, niscaya Allah SWT akan mengabulkannya, insya Allah.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih