Sunday, October 12, 2014

Beberapa Mitos Tentang Saat Berada di Dalam Pesawat Terbang

loading...
Pesawat terbang adalah sarana transportasi modern yang memudahkan manusia dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

Selama ini sangat banyak mitos-mitos tentang pesawat terbang yang amat sulit dipercaya dan membuat orang bertanya-tanya.

Selama bertahun-tahun saat berada di pesawat terbang, kita diharuskan mematikan alat komunikasi kita, baik itu saat lepas landas atau saat mendarat. Karena dipercaya jika gadget dapat mengganggu sistem navigasi pesawat.

Tapi saat ini penumpang pesawat di maskapai penerbangan tertentu, sudah mulai bisa menggunakan gadgetnya, baik itu smartphone, tablet atau laptopnya untuk beberapa kebutuhan tanpa mengganggu sistem navigasi pesawat.

Selain itu, ada juga mitos-mitos tertentu di dunia penerbangan, khususnya saat berada di pesawat yang telah ada selama bertahun-tahun. Lalu mitos-mitos apa sajakah itu? Berikut penjelasannya:

1. Pilot membuang kotoran saat terbang
Pada saat pesawat terbang, tentu banyaj penumpang yang melakukan kegiatan hariannya, seperti makan, minum, bahkan membuang kotoran. Dan saat ini banyak yang menyebutkan, jika pilot membuang semua sampah saat berada di udara, namun itu semua adalah mitos.

2. Tersangkut di toilet pesawat
Saat akan membuang kotoran, baik itu air besar atau kencing, banyak yang mengira, jika toilet akan menyedot kita ke dalam, hal ini didasarkan pada gurauan belaka. Dan itu adalah mitos.

3. Oksigen membuat teler
Saat keadaan tertentu, masker oksigen akan dilepaskan, agar penumpang dapat dengan leluasa bernapas. Tetapi ada mitos yang menyebutkan, jika masker oksigen tersebut bisa membuat teler, namun itu semua adalah mitos.

4. Hati-hati minum air di pesawat
Dari sekian mitos, mungkin ini adalah fajta. Bahwa air minum di pesawat, khususnya bukan air kemasan, bisa terkontaminasi bakteri.

5. Tekanan udara pesawat penuh bakteri
Banyak yang mengira, jika kualitas udara di dalam pesawat sangat buruk, bahkan penuh dengan virus, bakteri dan partikel bebas. Namun itu salah, karena udara di pesawat senantiasa bersirkulasi.

6. Tatakan tempat makan tidak higienis
Saat kita memesan makanan, sering kali kita diberikan meja atau tatakan untuk menyantap makanan. Dan kemungkinan mengandung kuman sangat besar. Sehingga ini adalah nyata, dan Anda harus sedia pembersih kuman di tas Anda.

7. Membuka pintu bisa menyedot seluruh isi pesawat
Kejadian di film-film banyak yang memperlihatkan, jika lubang atau membuka pintu di pesawat maka semua isi dan penumpang pesawat akan tersedot keluar, namuan itu semua adalah mitos. Anda tidak akan bisa membuka pintu saat pesawat terbang, karena pintu diberikan sensor khusus yang membuatnya tidak bisa terbuka. Selain itu, tekanan dalam kabin juga tidak memberikan kesempatan untuk membuka pintu.

8. Petir membuat pesawat jatuh
Sejak tahun 1967, setiap pesawat terbang sudah dilengkapi anti petir, di mana petir yang menyambar pesawat akan diteruskan ke tanah. Dan semua penumpangnya tidak bisa bisa merasakan apapun, saat pesawat dihantam petir.

9. Mabuk di pesawat lebih cepat
Tidak ada yang mempengaruhi seseorang untuk mabuk saat minum, kecuali banyaknya jumlah minuman yang konsumsi. Demikian pun saat Anda berada di pesawat.

10. Merokok dilarang, tetapi disediakan asbak
Ini adalah fakta, jika merokok di toilet pesawat memang dilarang. Tetapi Anda bisa merokok, asalkan debu bekas merokok disimpan di tempatnya.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih