Orang Rajin Bersedekah Itu Bahagia, begini penjelasan ilmiahnya...

Pernahkah kita merasakan, ketika kita mengeluarkan sedekah kepada orang yang membutuhkan, ketika kita bisa membantu meringankan beban orang lain, lalu muncul perasaan bahagian entara dari mana dalam lubuk hari kita?;

Thursday, April 18, 2019

Hati-hati, Beberapa Makanan Yang Tidak Boleh [Tidak Dianjurkan] Dimakan Bersama Durian

Siapa tak kenal dengan Durian, rajanya buah-buahan. Disamping rasanya yang amat lezat, durian juga mengandun banyak manfaat. Beberapa waktu lalu, kita pernah bagikan tulisan tentang manfaat buah durian yang luar biasa untuk kesehatan manusia.


Buah dengan duri di bagian luar namun lunak daging buahnya, ini sangat disukai orang, meski juga sebagian orang membencinya karena baunya yang menyengat.

Namun, jangan karena harganya sedang murah, lantas Anda bisa sembarangan memakan durian. Nah, bagi Anda pecinta durian, sebelum menikmati sepotong buah surgawi ini, luangkan waktu untuk membaca ini.

Ada enam jenis makanan yang sebaiknya tidak dimakan berbarengan dengan durian, seperti dilansir dari goodyfeed:

1. Alkohol
Ada orang yang mengatakan kalau makan durian dan minum alkohol pada saat yang bersamaan akan membunuh Anda.

Meskipun tidak dapat dipastikan bahwa kematian akan terjadi, tetapi kandungan sulftur yang tinggi pada durian menghambat enzim yang membantu memecah alkohol dalam tubuh hingga 70 persen.

Kalau Anda tidak ingin hidup Anda sia-sia, ya sebaiknya jangan makan durian berbarengan dengan alkohol.


Ada orang yang mengatakan kalau makan durian dan minum alkohol pada saat yang bersamaan dapat mengancam nyawa Anda.

Meskipun tidak dapat dipastikan bahwa kematian akan terjadi, tetapi kandungan sulftur yang tinggi pada durian menghambat enzim yang membantu memecah alkohol dalam tubuh hingga 70 persen.

Kalau Anda tidak ingin hidup Anda sia-sia, ya sebaiknya jangan makan durian berbarengan dengan alkohol.

2. Minuman berkafein
Kalau Anda mengantuk, lah kok malah makan durian. Tetapi yang jelas minuman apa pun yang mengandung kafein dikatakan dapat menyebabkan gagal jantung ketika dikonsumsi berbarengan dengan durian.

Ya kalau mau makan raja buah ini setelah bangun tidur saja.

3. Susu
Heran juga, kok ada orang yang mau minum susu dengan durian, karena durian itu sudah cukup banyak dan manis.

Namun, dikatakan bahwa minum susu dengan durian dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan dalam kasus yang jarang terjadi, konsekuensi yang fatal.

4. Terong
Kita sering kali disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, tetapi tidak semua buah dan sayuran bisa dimakan bersamaan.

Durian dan terong dianggap sebagai makanan ‘panas’. Lalu, jika disatukan, maka keduanya akan menyebabkan tubuh kita memanas dan membuat kita jatuh sakit.

5. Kepiting
Kepiting dikatakan sangat ‘dingin’, sementara durian termasuk dalam kategori buah ‘panas’. Mengonsumsi keduanya secara bersamaan akan menyebabkan sistem pencernaan bingung dan akhirnya menyebabkan ketidaknyamanan di perut.

Mengapa tidak mengonsumsinya saja pada hari yang berbeda, apalagi kedua makanan itu dikenal harganya sangat mahal.

6. Daging sapi dan daging kambing
Daging-daging ini termasuk dalam kategori makanan ‘panas’, dan ketika dikonsumsi berbarengan dengan durian, maka mungkin akan menambah panas tubuh dan menyebabkan kita jatuh sakit.

Meskipun durian sedang murah, meski tergolong buah mahal, kita tetap harus mengontrol diri saat mengonsumsinya. (*)
loading...

Friday, April 12, 2019

Manfaat Bunga Lawang Untuk Kesehatan .. Mujarab dan Luar Biasa

Bagi penggmar makanan hangat Sup, pasti sudah akrab sama yang namanya bunga lawang, ataupun juga penggeman masakan-masakan timur tengah dengan citarasa yang khas. Ya, bunga lawang memang kerap dipakai dalam masakan-masakan tersebut. Di Indonesia, biasanya rempah ini sering dipakai sebagai bumbu semur, ayam kecap, masakan Cina, hingga minuman hangat.



Bunga lawang atau Kembang Lawang atau disebut juga pekak adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Rempah ini banyak digunakan di dalam masakan negara-negara Asia. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina yaitu ngo hiong yang terdiri dari lima jenis rempah. Nama Bunga Lawang dalam Bahasa Tionghoa adalah ba jiao atau bat gok yang memiliki arti "delapan tanduk", sesuai dengan bentuknya yang memiliki delapan kelopak. 

Bunga lawang memiliki bentuk seperti bintang dengan biji kecil di dalamnya. Selain bermanfaat untuk melezatkan masakan, bunga lawang ternyata kaya akan manfaat sehat, lho. Ini dia manfaat bunga lawang untuk kesehatan tubuh.

Memperlambat penuaan
Bunga lawang mengandung vitamin A, C, dan zat antioksidan. Mengonsumsinya bermanfaat untuk memperlambat penuaan dini serta membantu mengendalikan kadar gula darah.



Anti Oksidan
Bunga lawang mengandung minyak esensial linaool dan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan. Antioksidan adalah senyawa alami yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara.

Radikal bebas yang ada di dalam tubuh mempercepat proses penuaan tubuh. Akibatnya, Anda berisiko terkena berbagai penyakit seperti jantung dan kanker hingga penuaan dini pada kulit. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemico-Biological Interactions, menemukan fakta bahwa bunga lawang dapat bahkan dapat mengurangi perkembangan sel kanker.

Mengobati mual
Konsumsi bunga lawang atau adas akan membantu mengobati mual serta mengurangi kram perut.

Meningkatkan libido
Untuk meningkatkan gairah seksual yang menurun, hancurkan kembang lawang dan campur dengan air matang. Saring lalu minum beberapa jam sebelum berhubungan seksual.

Menyehatkan pencernaan
Minum air rebusan bunga lawang membantu dalam menghilangkan gas, kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.


Sembelit yang dibiarkan terlalu lama dapat berkembang menjadi wasir yang bisa menyebabkan buang air besar berdarah dan menyakitkan. Satu sendok makan ekstrak bunga lawang mengandung satu gram serat atau setara dengan 3-4 persen dari kebutuhan harian Anda, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Mengobati nyeri
Mengoleskan minyak esensial yang terbuat dari bunga lawang bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi serta rematik.


Mengatasi gangguan tidur
Dikutip dari Mercola, bunga lawang juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan tidur. Pasalnya, pengobatan tradisional menemukan fakta bahwa bunga lawang memiliki sifat penenang ringan yang membantu menenangkan saraf. Cobalah untuk mengonsumsi teh ekstrak bunga lawang setiap harinya. Jika gangguan tidur yang Anda miliki dapat teratasi, maka kualitas kesehatan fisik dan juga mental akan semakin membaik.

Anti jamur
Bunga lawang memiliki sifat anti jamur sehingga mengoleskan minyak dari bunga lawang juga bisa membantumu dalam mengobati infeksi jamur seperti kandida.

Menurut Korean Journal of Medical Mycology, esktrak tanaman yang satu ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri alami. Bunga lawang mampu mengendalikan jenis jamur tertentu seperti Candida albicans.

Jamur yang satu ini menjadi penyebab infeksi yang paling umum. Biasanya Candida albicans dapat tumbuh tanpa terkendali dan menyebabkan penyakit kandidiasis. Selain itu, para ilmuwan di Taiwan juga menemukan ada empat senyawa antimikroba di dalam bunga lawang yang efektif mengatasi 70 strain bakteri yang resistan alias kebal terhadap obat.

Kesehatan Ibu Hamil
Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, bunga lawang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit selama kehamilan. Sehingga tanaman herbal yang satu ini aman dan baik dikonsumsi saat hamil.

Bahkan, ibu menyusui juga bisa mencoba bunga lawang untuk meningkatkan produksi ASI. Senyawa antehole pada bunga lawang juga menunjukkan sifat mirip hormon estrogen yang dapat mengatur fungsi hormon pada wanita.



Menyembuhkan sakit tenggorokan
Kamu sedang terkena sakit tenggorokan? Minumlah teh dari bunga lawang untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan yang mengganggu.

Mengobati Flu dan Batuk


Manfaat bunga lawang yang mungkin tidak Anda duga ialah mengatasi flu dan juga batuk. Hal ini karena bunga lawang mengandung asam shikimat yang tinggi. Berdasarkan Journal of Medical Virology, kombinasi asam shikimat dan antioksidan quercetin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu, tubuh mampu melindungi dirinya secara maksimal dari serangan penyakit terutama yang diakibatkan oleh virus. Selain itu, mengonsumsi secangkir teh ekstrak bunga lawang tiga kali sehari membantu menghilangkan batuk dan sakit tenggorokan.

Tanaman obat memang sudah tersedia di sekelilingmu. Salah satu contohnya adalah bunga lawang tersebut. Maka, jika penyakitmu tidak terlalu parah, obati dengan tanaman obat seperti contoh di atas.
loading...

Tuesday, April 2, 2019

[Kisah Hikmah]: Hidup Tak Selalu Tentang Untung Rugi

Ada seorang ibu yang baik bercerita:

Di Tepi jalan, Ada bapak jualan cemilan. Aku beli 3 bungkus kripik. Aku pun bertanya, "Berapa harganya, Pak?"

Sambil menunduk, sang bapak itu jawab "Ibu ambil apa saja?"

Aku Spontan mengernyitkan dahi, batinku, "koq Bapaknya kenapa tanya, yah?"

"3 bungkus kripik, Pak."

"27 ribu, ibu", jawabnya.

Lalu saya sodorkan uang Selembar 100 ribu.

"Berapa ibu uangnya?", masih dalam posisi menunduk nanyanya. Aku mulai bingung dengan pertanyaannya.

Ku jawab, "100 ribu, Pak."

Bapak itu lalu berdiri meraba-raba kantong celananya `sambil mengeluarkan beberapa lembar uang.

Astaga…!! Ternyata bapak itu ada masalah di matanya dan sepertinya gak bisa lihat. Ya Tuhan.. kenapa aku tak pandai menjaga hati orang lain.

Maafkan jika hati ini belum mampu berbaik sangka sama orang, Bapaknya sibuk membongkar uang yang dikeluarkan dari kantong celananya. Nyaris dikeluarkan semua di tangannya.

Lalu dia bilang, "ambil saja ibu kembaliannya."

Seketika aku terkejut mendengar intruksi dari si Bapak. Lalu secara spontan aku bertanya pada Bapak itu,

"Pak, Klo saya kasih uangnya 10 ribu terus saya ambil kembalinya 50 ribu dari tangan Bapak dan Bapak kan ga tau. Terus nanti bapak rugi dong?"

Lagi lagi jawaban yang sederhana muncul dari mulutnya,

"Tuhan tak  akan Salah Alamat Kasih Rejeki.. ibu, kalo sekarang saya harus rugi, saya yakin Tuhan.. pasti lagi nyiapin Rejeki lain buat saya. Hidup Tak Hanya Sebatas Untung dan Rugi, tapi Hidup Belajar Tentang Sabar dan Ikhlas," katanya.

Ah! Aku nih memang Sensitif kalau ketemu orang Hebat seperti ini Rasanya gak bisa Nahan Air dari Pelupuk Mata ini. Ooh Tuhan... Gemetar hati ini mendengarnya.

Bapak itu nanya lagi,

"Sudah ambil kembaliannya belum bu ?"(rada bingung & ragu)..akhirnya Kujawab, "Ngga usah, Pak! Hari ini Tuhan.. kirim Rejeki untuk Jenengan."

Bapaknya senyum sambil bilang, "Terima kasih, ibu."

Aku terus Sadar..

Ya Tuhan..ampuni aku.., Maafkan aku..dari setiap Kegelisahan dan keraguan Hati ini akan Rezeki dariMu..

Disaat semakin susahnya mencari Uang..si Bapak penjual cemilan ini dgn Keterbatasan Matanya Tetap Bertahan dan Yakin bahwa Tuhan.. selalu ada Bersamanya..

Hari ini Belajar lagi dari Manusia Hebat penjual cemilan bahwa Hidup Tak Hanya Sebatas Untung dan Rugi..

Semoga Tuhan Senantiasa Melindungi...  Aamiin...🙏🙏🙏

#HiduptakHanyaSebatasUntungdanRugi

Sumber: FB Majalah Mutiara
loading...

Wednesday, March 20, 2019

Jangan Biarkan Rantai Kebaikan Ini Berhenti Padamu

Pada suatu hari seorang pria melihat seorang wanita lanjut usia sedang berdiri kebingungan di pinggir jalan.

Meskipun hari agak gelap, pria itu dapat melihat bahwa sang nyonya sedang membutuhkan pertolongan. Maka pria itu menghentikan mobilnya di depan mobil Benz wanita itu dan keluar menghampirinya.

Mobil Pontiac-nya masih menyala ketika pria itu mendekati sang nyonya.

Meskipun pria itu tersenyum, wanita itu masih ketakutan.

Tak ada seorangpun berhenti menolongnya selama beberapa jam ini. Apakah pria ini akan melukainya? Pria itu kelihatan tak baik. Ia kelihatan miskin dan kelaparan.

Sang pria dapat melihat bahwa wanita itu ketakutan, sementara berdiri disana kedinginan. Ia mengetahui bagaimana perasaan wanita itu. Ketakutan itu membuat sang nyonya tambah kedinginan.

Kata pria itu, "Saya di sini untuk menolong anda, Nyonya. Masuk ke dalam mobil saja supaya anda merasa hangat! Ngomong-ngomong, nama saya Bryan Anderson ."

Wah, sebenarnya ia hanya mengalami ban kempes, namun bagi wanita lanjut usia seperti dia, kejadian itu cukup buruk.

Bryan merangkak ke bawah bagian sedan, mencari tempat untuk memasang dongkrak. Selama mendongkrak itu beberapa kali jari-jarinya membentur tanah. Segera ia dapat mengganti ban itu..

Namun akibatnya ia jadi kotor dan tangannya terluka.
Ketika pria itu mengencangkan baut-baut roda ban, wanita itu menurunkan kaca mobilnya dan mencoba ngobrol dengan pria itu.

Ia mengatakan kepada pria itu bahwa ia berasal dari St. Louis dan hanya sedang lewat di jalan ini. Ia sangat berutang budi atas pertolongan pria itu.

Bryan hanya tersenyum ketika ia menutup bagasi mobil wanita itu.

Sang nyonya menanyakan berapa yang harus ia bayar sebagai ungkapan terima kasihnya. Berapa pun jumlahnya tidak menjadi masalah bagi wanita kaya itu. Ia sudah membayangkan semua hal mengerikan yang mungkin terjadi seandainya pria itu tak menolongnya.

Bryan tak pernah berpikir untuk mendapat bayaran. Ia menolong orang lain tanpa pamrih. Ia biasa menolong orang yang dalam kesulitan, dan Tuhan mengetahui bahwa banyak orang telah ditolong dirinya pada waktu yang lalu.

Ia biasa menjalani kehidupan seperti itu, dan tidak pernah ia berbuat hal sebaliknya.

Pria itu mengatakan kepada sang nyonya, bahwa seandainya ia ingin membalas kebaikannya, pada waktu berikutnya apabila nyonya melihat seseorang yang memerlukan bantuan, nyonya dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada orang itu, dan Bryan menambahkan, "Dan ingatlah kepada saya."

Bryan menunggu sampai wanita itu menyalakan mobilnya dan berlalu. Hari itu dingin dan membuat orang depresi, namun pria itu merasa nyaman ketika ia pulang ke rumah, menembus kegelapan senja.

Beberapa kilometer dari tempat itu sang nyonya melihat sebuah kafe kecil. Ia turun dari mobilnya untuk sekedar mencari makanan kecil, dan menghangatkan badan sebelum pulang ke rumah.

Restoran itu nampak agak kotor. Di luar kafe itu ada dua pompa bensin yang sudah tua. Pemandangan di sekitar tempat itu sangat asing baginya.

Sang pelayan mendatangi wanita itu dan membawakan handuk bersih untuk mengelap rambut wanita itu yang basah.

Pelayan itu tersenyum manis meskipun ia tak dapat menyembunyikan kelelahannya berdiri sepanjang hari.

Sang nyonya melihat bahwa pelayan wanita itu sedang hamil hampir delapan bulan, namun pelayan itu tak membiarkan keadaan dirinya mempengaruhi sikap pelayanannya kepada para pelanggan restoran.

Wanita lanjut itu heran bagaimana pelayan yang tidak punya apa-apa ini dapat memberikan suatu pelayanan yang baik kepada orang asing seperti dirinya.
Dan wanita lanjut itu ingat kepada Bryan .

Setelah wanita itu menyelesai kan makanannya, ia membayar dengan uang kertas $100. Pelayan wanita itu dengan cepat pergi untuk memberi uang kembalian kepada wanita itu.

Ketika kembali ke mejanya, sayang sekali wanita itu sudah pergi. Pelayan itu bingung kemana perginya wanita itu.

Kemudian ia melihat sesuatu tertulis pada lap di meja itu.

Ada butiran air mata ketika pelayan itu membaca apa yang ditulis wanita itu:

"Engkau tidak berutang apa-apa kepada saya.. Saya juga pernah ditolong orang. Seseorang yang telah menolong saya, berbuat hal yang sama seperti yang saya lakukan.

Jika engkau ingin membalas kebaikan saya, inilah yang harus engkau lakukan: 'Jangan biarkan rantai kasih ini berhenti padamu.'"

Di bawah lap itu terdapat empat lembar uang kertas $ 100 lagi.

Wah, masih ada meja-meja yang harus dibersihkan, toples gula yang harus diisi, dan orang-orang yang harus dilayani, namun pelayan itu memutuskan untuk melakukannya esok hari saja.

Malam itu ketika ia pulang ke rumah dan setelah semuanya beres ia naik ke ranjang.

Ia memikirkan tentang uang itu dan apa yang telah ditulis oleh wanita itu. Bagaimana wanita baik hati itu tahu tentang berapa jumlah uang yang ia dan suaminya butuhkan?

Dengan kelahiran bayinya bulan depan, sangat sulit mendapatkan uang yang cukup.

Ia tahu betapa suaminya kuatir tentang keadaan mereka, dan ketika suaminya sudah tertidur di sampingnya, pelayan wanita itu memberikan ciuman lembut dan berbisik lembut dan pelan,

"Segalanya akan beres.

Aku mengasihimu, Bryan Anderson!"

RENUNGAN:

Ada pepatah lama yang berkata, "Berilah maka engkau diberi." Hari ini saya mengirimkan kisah menyentuh ini dan saya harapkan anda meneruskannya. Biarkan terang kehidupan kita bersinar. Jangan hapus kisah ini, jangan biarkan saja! Kirimkan kepada teman-teman anda!

Teman baik itu seperti bintang-bintang di langit. Anda tidak selalu dapat melihatnya, namun anda tahu mereka selalu ada..

Yuks, kita bagikan kebaikan hari ini pada 1 orang saja, semoga rantai ini tdk akan pernah terputus.. percayalah, energi positif
loading...

Wednesday, March 6, 2019

Daftar Lengkap Kode Bank di Indonesia.. Lebih dari 100 Bank

Untuk melakukan transfer antar bank di ATM, seseorang biasanya harus mengetahui kode bank  yang akan dituju. Contohnya, jika kamu ingin mentransfer dana dari rekening BCA ke rekening BNI. Kamu pun lakukan transfer melalui ATM. Saat di mesin ATM, kamu nantinya bakal diminta buat memasukkan kode bank rekening BNI sebelum kemudian memasukkan nomor rekening yang dituju.

Sebenarnya, daftar kode bank Indonesia tersedia pada menu di monitor mesin ATM. Akan tetapi, gak ada salahnya buat kamu hafalkan supaya waktu transaksi di ATM pun jadi lebih cepat.

Pada umumnya, kode bank Indonesia masing-masing terdiri dari tiga angka. Masing-masing bank punya angka unik.

Buat memilih kode bank yang tertera di monitor ATM cukup memakan waktu, apalagi bila sedang banyak antrean. Jadi, agar mengurangi waktu transfer, gak ada salahnya kamu lihat daftar kode bank dari seluruh Indonesia di sini aja.

Bila kamu buka daftar kode bank ini via desktop alias laptop atau komputer, kamu bisa gunakan “CTRL F” buat temukan bank yang kamu inginkan. Tekan tombol “CTRL F” di keyboard dan ketik nama bank yang kamu tuju.

Sementara itu, bila kamu gunakan smartphone, kamu bisa gunakan menu “Find in page” pada browser. Menu tersebut biasanya terletak pada sebelah kanan browser kamu yang berlambang titik tiga. Nah, setelah itu tinggal kamu ketik deh bank yang kamu tuju.

Jadi, jangan lupa buat bookmark artikel ini biar kamu gampang pas harus transfer ke bank lain.

KODE BANK NEGARA, SWASTA, DAN SYARIAHKODE BANK
BANK BCA014
BANK MANDIRI008
BANK BNI009
BANK BNI SYARIAH427
BANK BRI002
BANK SYARIAH MANDIRI451
BANK CIMB NIAGA022
BANK CIMB NIAGA SYARIAH022
BANK MUAMALAT147
BANK BRI SYARIAH422
BANK TABUNGAN NEGARA (BTN)200
PERMATA BANK013
BANK DANAMON011
BANK BII MAYBANK016
BANK MEGA426
BANK SINARMAS153
BANK COMMONWEALTH950
BANK OCBC NISP028
BANK BUKOPIN441
BANK BCA SYARIAH536
BANK LIPPO026
CITIBANK031
BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN)213
JENIUS213
INDOSAT DOMPETKU789
TELKOMSEL TCASH911

KODE BANK DAERAHKODE BANK
BANK JABAR110
BANK DKI111
BPD DIY112
BANK JATENG113
BANK JATIM114
BPD JAMBI115
BPD ACEH116
BANK SUMUT117
BANK NAGARI118
BANK RIAU119
BANK SUMSEL120
BANK LAMPUNG121
BPD KALSEL122
BPD KALIMANTAN BARAT123
BPD KALTIM124
BPD KALTENG125
BPD SULSEL126
BANK SULUT127
BPD NTB128
BPD BALI129
BANK NTT130
BANK MALUKU131
BPD PAPUA132
BANK BENGKULU133
BPD SULAWESI TENGAH134
BANK SULTRA135

KODE BANK LAINNYAKODE BANK
BANK EKSPOR INDONESIA003
BANK PANIN019
BANK ARTA NIAGA KENCANA020
BANK BUANA IND023
AMERICAN EXPRESS BANK LTD030
CITIBANK N.A.031
JP. MORGAN CHASE BANK, N.A.032
BANK OF AMERICA, N.A033
ING INDONESIA BANK034
BANK MULTICOR036
BANK ARTHA GRAHA037
BANK CREDIT AGRICOLE INDOSUEZ039
THE BANGKOK BANK COMP. LTD040
THE HONGKONG & SHANGHAI B.C. (BANK HSBC)041
THE BANK OF TOKYO MITSUBISHI UFJ LTD042
BANK SUMITOMO MITSUI INDONESIA045
BANK DBS INDONESIA046
BANK RESONA PERDANIA047
BANK MIZUHO INDONESIA048
STANDARD CHARTERED BANK050
BANK ABN AMRO052
BANK KEPPEL TATLEE BUANA053
BANK CAPITAL INDONESIA054
BANK BNP PARIBAS INDONESIA057
BANK UOB INDONESIA023
KOREA EXCHANGE BANK DANAMON059
RABOBANK INTERNASIONAL INDONESIA060
ANZ PANIN BANK061
DEUTSCHE BANK AG.067
BANK WOORI INDONESIA068
BANK OF CHINA LIMITED069
BANK BUMI ARTA076
BANK EKONOMI087
BANK ANTARDAERAH088
BANK HAGA089
BANK IFI093
BANK CENTURY095
BANK MAYAPADA097
BANK NUSANTARA PARAHYANGAN145
BANK SWADESI146
BANK MESTIKA151
BANK METRO EXPRESS152
BANK MASPION157
BANK HAGAKITA159
BANK GANESHA161
BANK WINDU KENTJANA162
HALIM INDONESIA BANK164
BANK HARMONI INTERNATIONAL166
BANK QNB KESAWAN167
BANK HIMPUNAN SAUDARA 1906212
BANK SWAGUNA405
BANK JASA JAKARTA427
BANK BISNIS INTERNASIONAL459
BANK SRI PARTHA466
BANK JASA JAKARTA472
BANK BINTANG MANUNGGAL484
BANK MNC/BANK BUMIPUTERA485
BANK YUDHA BHAKTI490
BANK MITRANIAGA491
BANK AGRO NIAGA494
BANK INDOMONEX498
BANK ROYAL INDONESIA501
BANK ALFINDO503
BANK SYARIAH MEGA506
BANK INA PERDANA513
BANK HARFA517
PRIMA MASTER BANK520
BANK PERSYARIKATAN INDONESIA521
BANK AKITA525
LIMAN INTERNATIONAL BANK526
ANGLOMAS INTERNASIONAL BANK531
BANK DIPO INTERNATIONAL523
BANK KESEJAHTERAAN EKONOMI535
BANK ARTOS IND542
BANK PURBA DANARTA547
BANK MULTI ARTA SENTOSA548
BANK MAYORA553
BANK INDEX SELINDO555
BANK VICTORIA INTERNATIONAL566
BANK EKSEKUTIF558
CENTRATAMA NASIONAL BANK559
BANK FAMA INTERNASIONAL562
BANK SINAR HARAPAN BALI564
BANK HARDA567
BANK FINCONESIA945
BANK MERINCORP946
BANK MAYBANK INDOCORP947
BANK OCBC – INDONESIA948
BANK CHINA TRUST INDONESIA949
Nah, itu dia daftar kode bank Indonesia yang bisa membantu kamu saat mau transfer ke bank lain di ATM. Semoga bermanfaat dan transfernya lancar ya.
Sumber: https://www.moneysmart.id/daftar-kode-bank-indonesia-terlengkap-lebih-dari-100-bank/
loading...