Wednesday, July 3, 2013

Subhanallah... Selama Ramadhan, TV Channel 4 Inggris Akan Siarkan Azan Sholat...!

loading...
Ada yang istimewa di Inggris bulan Ramadhan tahun ini. Ya, stasiun televisi Channel 4 memutuskan akan menyiarkan kumandang azan sholat sepanjang bulan suci tahun 1434 H ini. Demikian seperti ditegaskan oleh direktur eksekutif Channel 4, Ralph Lee Sangat sebagaimana dikutip dari harian Inggris, The Mirror.

Kepala pemrograman faktual televisi ini bersikeras menyiarkan kumandang azan guna memberikan sokongan kepada "suara mereka yang kurang terwakili", yaitu kaum muslim di negeri Ratu Elizabet tersebut.

Sebagaimana yang ditulisnya di Radio Times, Lee menyatakan: "Tidak diragukan lagi, Channel 4 akan dikritik karena memberikan perhatian pada agama 'minoritas' ini, tapi itulah yang kami lakukan di sini,  - kami memberikan ruang untuk alternatif dan suara bagi mereka yang kurang terwakili".

"Dan jangan lupa, Islam adalah salah satu dari beberapa agama yang berkembang dan pengikutnya terus meningkat di Inggris. Seperti target pemirsa Channel 4, pengikutnya masih muda. Sementara dilaporkan bahwa lebih dari setengah Muslim Inggris rata-rata berusia di bawah 25 tahun". tambahnya.

Ralph Lee (Foto: The Guardian)
Sesuai rencana, Channel 4 akan menyiarkan kumandang azan sepanjang bulan puasa Ramadhan, yang dimulai pada hari Kamis 9 Juli. Selain itu, kumandang azan juga akan tersedia secara online.

Lee menjelaskan bahwa siarannya ini merupakan aksi pertama yang menyalurkan aspirasi kaum muslim melalui sistem pengeras suara nasional.

"Hampir lima persen dari warga negara ini aktif terlibat dalam bulan Ramadhan ini. Dan kita dapat mengatakan hal yang sama dari peristiwa nasional lainnya yang juga menerima liputan total di televisi, misalnya ulang tahun penobatan Ratu". Tambahnya.

Namun demikian, sebagian pihak meminta agar Channel 4 tetap menjaga asas proporsional. Seperti dikutip tulisan Terry Sanderson dalam The Independent, presiden Masyarakat Sekuler Nasional itu mengatakan: "Saya tidak akan keberatan (atas penyiaran azan ini), setidaknya sebagai penyeimbang bagi BBC yang menyiarkan acara kekristenan. Namun begitu, Channel 4 harus tetap proporsional". Tulis Terry.

"Persentase Muslim di Inggris sangat kecil sehingga sedikit orang akan tertarik di dalamnya. Ini mungkin hal yang baru, dan apa yang dilakukan Channel 4 ini baik. Ini akan mengundang sensasi sensasi". tambahnya

Di pihak lain, komitmen Channel 4 ini disambut baik oleh Dewan Muslim Inggris. Seorang juru bicara Dewan Muslim mengatakan: "Ini adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam, dan pengakuan yang dilakukan oleh Channel utama ini tidak hanya simbolis untuk memperjuangkan nilai solidaritas, tapi mudah-mudahan akan membantu untuk memaparkan suatu cerita yang lebih realistis tentang Islam dan kaum Muslimin." Ujarnya.

Channel 4 mengatakan, panggilan azan akan "dikirim langsung" ke ruang keluarga mulism Inggris pada waktu yang tepat, di mana seorang Muslim mempersiapkan sholat pertama mereka (subuh) dan mereka melakukan itu setiap pagi selama bulan Ramadhan.

Sumber: The Mirror
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih