Sunday, July 21, 2013

Cara Mudah Setting Bahasa Arab di Windows 7 Tanpa CD

loading...
Beberapa waktu lalu, kita sudah membahas tentang cara setting Bahasa Arab tanpa CD Master di Windows XP. Nah, kali ini, kita akan membahas cara setting bahasa Arab untuk Windows 7.

Pada dasarnya, setting bahasa Arab (dan Bahasa lainnya) di Windows 7 cukup mudah, sebab secara alami Windows 7 sudah terintegrasi dan tidak lagi membutuhkan CD Instalan. Sebab, saat menginstal Windows 7 secara default font arab dan layout keyboard bahasa arab sudah ikut terinstall. Hanya saja perlu diaktifkan agar bisa berfungsi saat mengetik menggunakan software text editor seperti microsoft word dan lain sebagainya.

Bagi anda yang akan mensetting Bahasa Arab di Windows 7, berikut beberapa langkah mudahnya:

1. Buka Control Panel , pada bagian Clock, Language and Region pilih Change keyboards or other input methods. (Lihat Gambar di bawah)


2. Pada window Region and Languge , pilih tabulasi Keyboards and Languages Pilih tombol Change keyboards. (Lihat Gambar di bawah)


3. Akan terbuka tampilan window Text Services and Input Languages Klik tombol Add . (lihat gambar di bawah)



4. Pada window Add Input Language ,pilih salah satu layout bahasa arab yang akan digunakan, dalam contoh ini saya menggunakan Arabic (Saudi Arabia). lihat gambar di bawah ini:


Catatan: Pada window di atas klik preview untuk melihat layout keyboardnya, gunakan aplikasi snippin tools atau printscreen untuk menyimpan gambar keyboard layout preview tersebut sebagai panduan mengetik menggunakan keyboard.


5. Tampilan pada window Text Services and Input Languages di bawah menunjukkan bahasa Arabic (Saudi Arabia) sudah berhasil ditambahkan ke system windows. Klik OK. (lihat gambar di bawah)


6. Pada taskbar pilih AR Arabic (Saudi Arabia), (lihat gambar di bawah)

Anda dapat juga mengubah taskbar bahasa dengan menggunakan cara pintas Alt+Shift.

Demikian trik sederhana dan mudah untuk setting bahasa arab di Windows 7.

Selamat mencoba.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih