Thursday, July 25, 2013

Sejarah Lahirnya Teka Teki Silang (TTS) Pertama di Dunia

loading...
Untuk mengisi waktu senggang, mengisi TTS memang mengasyikkan. Hitung-hitung menambah wawasan dan pengetahuan, TTS juga mengasyikkan dan bermanfaat untuk mengasah otak dan mencegah kepikunan.

Tapi tahukah anda siapa penemu teka teki silang? Ternyata permainan yang satu ini ditemukan oleh seorang jurnalis kelahiran Liverpool Inggris, 22 Juni 1871. Jurnalis ini bernama Arthur Wynne. Di masa kanak-kanak dia dibawa migrasi oleh orang tuanya ke Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Arthur melewati masa dewasa di kota ini.

Memasuki masa dewasa, Arthur punya hobi bermain biola. Dia kemudian bergabung dengan Pittsburgh Symphony Orchestra. Selain itu, dia juga tertarik dengan dunia jurnalistik. Arthur kemudian bekerja di koran lokal Pittsburgh Press.

TTS pertama di dunia
Dari Pittsburgh, dia lantas pindah ke Cedar Grove, New Jersey dan mulai bekerja di koran New York World yang berbasis di News York City. Di koran inilah dia menemukan teka teki silang. Mulanya, dia diminta oleh redakturnya untuk membuat game yang bisa menghibur pembaca di akhir pekan.

Dengan mengadopsi permainan kuno bernama Pompeii, yang jika diterjemahkan ke delam bahasa Inggris menjadi Magic Square, Arthur menemukan teka teki silang. Untuk pertama kalinya, teka teki silang buatan Arthur ini dipublikasikan oleh koran New York World edisi Ahad, 21 Desember 1913. Teka teki ini dimuat di halaman entertaintment koran tersebut.

Teka teka pertama di dunia itu berbentuk kristal berlian. Semuanya jawabannya ditulis mendatar. Saat itu Arthur belum membuat variasi meninggi dan mendatar untuk jawaban teka teki silangnya. Semuanya ada 31 pertanyaan. Di edisi berikut-berikutnya, dia kemudian membuat beberapa inovasi yang antara lain berupa jawaban meninggi, serta ruang-ruang kosong di tengah teka teki silang.

Dari Amerika, teka teki silang kemudian juga menginspirasi media massa di Inggris. Majalah Pearson menjadi majalah yang pertama kali menerbitkan teka teki silang di Inggris pada edisi Februari 1922.

Kemudian pada edisi 1 Februari 1930 New York Times menerbitkan juga teka teki silang. Dari sinilah kemudian teka teki silang menjadi sangat berkembang. Dengan bahasa masing-masing media massa di banyak negara di dunia menampilkan teka teki silang untuk para pembacanya.

Tidak hanya di koran dan majalah, teka teki silang kemudian juga dikumpulkan dan diterbitkan dalam satu buku tersendiri. Rekor Guinness untuk buku teka teki silang diberikan kepada buku yang di Amerika dan diberi nama The Cross Word Puzzle Book. Buku ini dibuat atas kerja sama Dick Simon dan Lincoln Schuster pada tahun 1924.

Buku tersebut merupakan kumpulan teka teki silang yang telah diterbitkan oleh koran New York World tempat Arthur (bapak teka teki silang dunia) bekerja. Dari buku ini, Simon dan Schuster berhasil menjadi pengusaha besar penerbit teka teki silang.

Di era modern, kemudian teka teki silang dikembangkan untuk bisa mengikuti perkembangan. Di tahun 1997 perusahaan game digital Variety Games Inc membuat software komputer pembuat teka teki silang. Di tahun itu pula perangkat lunak tersebut dipatenkan sebagai software program teka teki silang pertama di dunia.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih