Saturday, July 6, 2013

Efek Samping dan Bahaya Kebiasaan Minum Kopi Terlalu Malam

loading...
Bagi sebagian orang, malam hari jadi waktu yang tepat untuk menikmati kopi, entah itu bersama teman-teman maupun keluarga. Namun rupanya, kebiasaan minum kopi di malam hari seperti ini berdampak negatif bagi tubuh. Di antaranya mengurangi kualitas tidur dan dehidrasi!

Kopi memang seringkali jadi minuman andalan saat bangun tidur. Kopi dipercaya membuat tubuh lebih semangat dan berenergi. Namun rupanya kopi bukanlah minuman yang direkomendasikan dikonsumsi di malam hari. Ada beberapa efek yang ditimbulkan, seperti diungkap situs Livestrong dan Ehow:

1. Dehidrasi
Tidur merupakan proses mengistirahatkan tubuh. Efek dehidrasi sehabis minum kopi bisa menurunkan kualitas istirahat. Selain itu, terlalu banyak minum kopi juga berpotensi menurunkan keinginan untuk minum air putih. Efek dehidrasi ini juga bisa memicu sakit kepala dan masalah pada pencernaan.

2. Sulit tidur
Ini merupakan efek yang banyak dirasakan usai meminum kopi. Tubuh terasa lebih segar dan meningkatkan konsentrasi. Hal ini akhirnya membuat Anda sulit untuk memejamkan mata dan tidur nyenyak. Efeknya, tubuh terasa lebih lelah akibat kurang tidur dan tidur tak berkualitas.

3. Mulas
Banyak orang menghindari kopi karena efek sakit perut yang diberikan. Hal ini tentu tak nyaman dan bikin tidur terganggu. Menurut Johns Hopkins Bayview Medical Center, mengonsumsi 30 mg kafein di malam hari juga menimbulkan efek sakit kepala dan sulit berkonsentrasi keesokan harinya.

4. Lebih letih
Mengonsumsi minuman berkafein di malam hari bisa berakibat tubuh lebih letih dan sulit bangun pagi keesokan harinya. American Academy of Sleep Medicine mengungkap jika pelajar yang minum kopi di malam hari, umumnya bangun pagi dan bersekolah dalam keadaan letih dan daya analisanya menurun.

Sumber
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih