Wednesday, July 24, 2013

Uweeek... Orok/Janin Ayam... Makanan Ekstrim Favorit di Filipina...

loading...
Balut, makanan ekstrim Filipina
Di bulan puasa ini, bercerita soal makanan memang menyeronokkan. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu makanan ekstrim dari Filiipina.

Nama makanan ini adalah Balut. Balut adalah telur ayam yang sudah hampir menetas dan dimasak sedemikian rupa. Hiiiii....

Walaupun bentuk rupanya agak mengerikan, tapi ternyata sebahagian masyarakat Filipina menyakini makanan ini berprotein tinggi. Sehingga 'Balut' digemari sebagai makanan ringan yang sehat.

Dalam bahasa asli Filipina, balut berarti "dibungkus". Ya, kalimat ini nggak jauh beda dari bahasa Melayu kebanyakan. Nah, konon kabarnya sebenarnya makanan ini juga ada di Negara Asia Tenggara lain, tapi memang paling banyak terdapat di Negara Filipina.

Balut yang biasa dijualkan di tepi jalan, sebenarnya adalah telur ayam atau telur itik rebus. Yang membuatnya istimewa adalah isi telur-telur ini merupakan embrio itik atau embrio anak ayam yang direbus hidup-hidup. Jadi embrio ayam atau itik ini sudah berbentuk seperti anak ayam yang terdapat paruh, bulu-bulu halus dan tulang lunak.

Biasanya Balut dimakan dalam keadaan hangat dengan campuran garam, sambal, bawang putih dan cuka sebagai sausnya. Seperti makan telur setengah masak saja. Sebelum memakan Balut, 'kuah' yang melindungi embrio harus diminum terlebih dahulu, baru kemudian kulit telur dikupas dan embrio matang ini dimakan. Karena sudah ada tulang lunak dan paruh, makanya balut akan terasa garing ketika dimakan dan terkadang kita juga harus mengeluarkan bulu-bulu halus yang sukar dicerna. Buat yang suka makanan berjenis ekstrim, rasanya ini sesuai untuk dicoba.

Balut dengan kuahnya. Berani coba?


loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih