Saturday, February 14, 2015

Wortel dan Sejuta Manfatnya !

loading...
aneka jenis wortel yang ada di dunia
Apa yang anda tahu tentang wortel? Berdasarkan penelusuran sejarah, wortel awalnya berwarna ungu, di samping ada juga yang berwarna kuning dan putih.

Pada akhir abad ke-16, para petani Belanda menggunakan strain mutan dari wortel yang ada, dengan mengawinsilangkan antara wortel kuning dan putih, sehingga secara bertahap muncullah wortel yang berwarna oren seperti yang populer saat ini. Sedangkan wortel-wortel jenis awal sudah semakin langka.

Konon, karena berhasil menciptakan wortel oranye inilah, maka negeri Belanda diidentikkan dengan negeri Oranye. So, bukan karena jeruk, tapi karena wortel!

Pigmen ungu dalam wortel jenis awal adalah antosianin. Anthocyanin adalah jenis flavonoid, yang terdapat pada banyak buah-buahan dan sayuran. Kandungan zat ini memiliki efek anti-oksidan, dan juga mungkin memiliki efek anti-virus, anti-inflamasi, dan bahkan mencegah kanker.

Lantas apa saja manfaat wortel untuk kesehatan?
  1. Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik. Sumber betakaroten dalam wortel akan di ubah oleh organ hati menjadi sumber vitamin A. Maka tak mengherankan, jika seseorang rutin mengkonsumsi wortel dalam menu hariannya, maka organ matapun akan terjaga kesehatannya sepanjang waktu.
  2. Sayuran Anti Kanker. Wortel menjadi salah satu sayuran yang sangat efektif untuk menangkal berbagai jenis kanker yang sangat mematikan seperti kanker payudara, paru-paru serta usus besar. Ini dikarenakan adanya kandungan falcarinol serta falcarindiol yang mana bersifat antikanker dalam sebuah wortel.
  3. Jantung Yang Lebih Sehat. Kandungan betakaroten, alfa karoten serta lutein menjadikan wortel sangat di butuhkan oleh organ jantung. Ini dikarenakan. berbagai kandungan zat tersebut akan membuat anda terhindari dari berbagai gangguan atau serangan jantung.
  4. Gigi yang Lebih Sehat Dan Kuat. Wortel berperan penting dalam membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang dapat merusak gigi dan gusi anda. Ini dikarenakan, wortel memiliki kandungan mineral tertentu yang dapat mencegah kerusakan gigi dari waktu ke waktu.
  5. Pencegah Stroke Yang Ampuh. Rutin mengkonsumsi sayuran orange atau wortel dapat mengurangi dan mencegah penyakit stroke yang bisa mengancam keselamatan nyawa dalam waktu sekejap. 
  6. Tampil Lebih Awet Muda. Kandungan betakaroten yang sangat tinggi dalam sebuah wortel dapat memperlambat penuaan sel. Sehingga membuat seseorang terlihat lebih awet muda meskipun usia terus bertambah.
  7. Pembersih Racun Pada Tubuh. Kandungan Vitamin A dalam wortel dapat membersihkan organ usus besar serta empedu dan lemak dalam organ hati anda secara alami serta efektif. 
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih