Monday, February 2, 2015

Cara Membatasi Komentar Yang Tampil di Postingan Blog

Blog yang banyak dikomentari menandakan blog tersebut cukup 'laku' dan itu menjadi salah satu target seorang blogger. Komentar pembaca juga pertanda bahwa sebuah blog cukup interaktif.

Tapi, bila list komentar dalam blog terlalu panjang, hal ini juga kurang baik buat performa blog, selain membuat loading lama dan berat, juga bisa mengganggu penampilan blog sebab halaman terlalu panjang.

Karena itu jumlah tampilan komentar di blog sebaiknya dibatasi. Misalnya hanya menampilkan 5 atau 10 komentar, lalu ditampilkan menu navigasi untuk membaca komentar selanjutnya.

Di Platform Wordpress
  • Login kedalam dasbor blog, masuk dengan ID akun wordpress anda.
  • Kemudian pilih pengaturan, lalu pilih Diskusi,
  • Dalam halaman pengaturan diskusi ini terdapat kurang lebih 12 pengaturan, pilih saja pengaturan yang ke- 2 atau pengaturan komentar lainnya.
  • Kemudian pada pengaturan komentar lainnya ini juga terdapat 5 kotak pengaturan, lalu beri tanda centang pada kotak pengaturan nomor 4 dan 5. 
  • Selanjutnya, ubah jumlah angka yang ada pada kotak pengaturan nomor 4, aktifkan komentar berulir (misalnya ubah menjadi sedalam 2 tingkat).
  • Dan pada kotak nomor 5 ubahlah jumlah komentar tingkat puncak per halamannya (misalnya menjadi 2 komentar tingkat puncak per halaman) atau untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.



Terakhir pilih simpan perubahan dan selesai !

Pada pilihan seperti di atas, maka komentar yang akan tampil di halaman blog anda adalah sebanyak 2 komentar terakhir, pada awal halaman postingan. Anda bisa mengubahnya dengan angka yang anda sukai sesuai pertimbangn di atas.

Pengaturan semacam ini berlaku di blog dengan platform wordpress. Sedangkan pada blogspot diperlukan script khusus yang akan dibahas di lain waktu. 
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih