Friday, February 13, 2015

Datok Nik Aziz Nik Mat, Mursyidul Am PAS Wafat

Tokoh pergerakan dan pemimpin spiritual (Mursyidul Am) politik Islam Malaysia, Datuk Nik Abdul Aziz Nik Mat meninggal dunia malam ini, 12 Februari 2015. Demikian seperti disampaikan Setiausaha Agung PAS, Datuk Mustafa Ali seperti dilansir situs Malaysiakini.

Mantan Menteri Besar Kelantan itu meninggal dunia di kediamannya di Pulau Melaka, Kota Bharu pukul  9.45 malam. Beliau tutup usia dalam umur 84 tahun dan meninggalkan seorang isteri bernama Tuan Sabariah Tuan Ishak, dan sepuluh orang anak.

Diberitakan sebelumnya, sejak 19 Januari lalu beliau dirawat di Hospital Universiti Sains Malaysia (HUSM) Kubang Kerian karena serangan kanker prostat. Penyakit yang beliau derita semakin parah pasca banjir besar yang melanda negeri Kelantan.

Dan pada tanggal 12 Februari 2015 pukul 8.40, beliau dibawa pulang oleh pihak keluarga karena kesehatannya terus merosot, hingga akhirnya beliau wafat pada malam itu juga pukul 9.45.


Hingga lewat tengah malam, ribuan orang datang melayat rumah duka
di kediaman TG Nik Abdul Aziz Nik Mat


Biografi Nik Abdul Aziz Nik Mat
Tuan Guru Dato' Bentara Setia Haji Nik Abdul Aziz Bin Nik Mat lahir pada hari Sabtu tanggal 10 Januari 1931 di Kampung Pulau Melaka, Kota Bharu. Beliau merupakan anak kedua dari sembilan orang bersaudara.

Tuan Guru Nik Abdul Aziz Nik Mat semasa muda
Pendidikan awal diperoleh oleh Nik Aziz dari ayahnya sendiri, Tuan Guru Haji Nik Mat yang merupakan anak dari seseorang bergelar Raja Banjar di kediamannya di Pulau Melaka. Tuan guru Haji Nik Mat terkenal dengan didikannya yang keras terhadap anak-anaknya, karenanya di kampung ia dikenal sebagai Hji Nik Mat Pongoh.

Selanjutnya, beliau menimba ilmu dari berbagai tempat, hingga beliau sampai di Mesir dan mendapat ijazah Sarjana Perundangan Islam dari Universitas Islam tertua tersebut. Ketika masih belajar, beliau turut menyaksikan Perang Arab-Israel.

Selain itu, beliau juga pernah  pernah belajar di lembaga-lembaga pendidikan berikut:
  • Sekolah Kebangsaan Kedai Lalat, Kelantan (3 Bulan) – 1936, 
  • Sekolah Pondok Tok Kenali Kubang Kerian, Kelantan. 
  • Sekolah Pondok Tok Guru Haji Abbas, Besut, Terengganu
  • Universiti Deoband, India – 1952
  • Universiti Lahore, Pakistan - 1957
  • Universiti al-Azhar, Mesir – Ijazah Sarjana Muda Pengajian Bahasa Arab.
  • Universiti al-Azhar, Mesir – Sarjana Perundangan Islam.
Nik Abdul Aziz Nik Mat dikenal sebagai ulama yang mampu berkomunikasi dalam berbagai bahasa, seperti bahasa Arab, Urdu, Inggris dan Tamil.

Kecintaan beliau kepada ilmu menuntun beliau untuk menjadi seorang pengajar. Sebelum menjadi Menteri Besar, beliau adalah seorang guru agama yang aktif. Beliau pernah mengajar di Sekolah Menengah Agama Tarbiyyah Mardiah, Sekolah Menengah Agama Darul Anwar dan Sekolah Menengah Maahad Muhammadi yang seluruhnya berada di Kelantan. Karena itu beliau lebih akran di kalangan rakyat dengan panggilan 'Tuan Guru'.

Bahkan, hingga akhir hayatnya, beliau masih aktif mengajarkan ilmu-ilmu ke-Islaman kepada masyarakat. Hampir setiap subuh, beliau akan menjadi imam Sholat Subuh dan kemudian memberikan kuliah ringkas di sebuah masjid yang terletak hanya beberapa langkah sahaja dari rumahnya.

Beliau menikah dengan seorang istri bernama Tuan Sabariah binti Tuan Ishak, dan dari perkawinan itu beliau dikaruniai 10 orang anak, 5 laki-laki dan 5 perempuan.

Semasa hidupnya, Nik Aziz dikenal sebagai seorang ulama kharismatik dan dihormati, sekaligus tokoh spititual, politisi dan pernah menjabat sebagai Menteri Besar (kepala pemerintahan negara bagian) Kelantan. 

Beliau dikenal sebagai ulama yang zuhud dan wara. Beliau selalu tampil dengan pakaian jubah dan surban. Rumah kepunyaannya hanyalah sebuah rumah kampung biasa seperti yang dimiliki oleh rakyat kebanyakan yang terbuat dari papan. Rumahnya tidak berpagar dan sama sekali tidak difasilitasi penjaga keamanan.

Diceritakan juga, bahwa ketika beliau sholat di kantor, maka beliau mematikan lampu karena tidak ingin menggunakan uang negara untuk kepentingan pribadi.

Karir politik
Tuan Guru Nik Aziz mengawali aktifitas politiknya sejak menjadi anggota PAS pertama kali pada tahun 1967. Karir beliau di partai ini selama 42 tahun mengantarnya hingga menjadi Mursyidul Am bagi partai berhaluan Ikhwan tersebut.

Hal ini pula yang mengantar beliau memegang tampuk kepemimpinan sebagai Menteri Besar Kelantan. Beliau juga adalah seorang ADUN bagi kawasan N.06 Chempaka, Kelantan.

Pada pemilihan Umum ke-11, Nik Aziz meraih jabatan tersebut setelah mengalahkan Ruhani Mamat dari kubu Barisan Nasional (BN) dengan mayoritas suara, yaitu sebanyak 3,694.

Pada pilihan raya umum Malaysia kali ke-12, beliau kembali berhadapan dengan Datuk Dr. Nik Mohd Zain Omar dari kubu Barisan Nasional (BN) di kawasan DUN yang sama. Hasilany, beliau kembali menang dan menjadi pilihan rakyat dengan mayoritas suara yang lebih besar, iaitu 4,249.

Pada tahun 2008, Gerakan Rakyat Anti Korupsi (GERAK), sebuah organisasi anti risywah di Malaysia menganugerahkan beliau penghargaan sebagai Menteri Besar dengan catatan paling bersih di Malaysia. Anugerah itu diberikan sebagai menghargai usaha beliau menentang gejala korupsi selama memimpin Kelantan selama hampir 18 tahun.

Pada tahun 2009, beliau juga dinobatkan sebagai 50 tokoh Islam paling berpengaruh didunia dan disenaraikan dalam buku berjudul "The 500 Most Influential Muslims".

Nik Aziz meninggal dunia pada tanggal 12 Februari 2015 di rumah kediamannya di Pulau Melaka, Kota Bharu, setelah tak mampu bertahan melawan kanker prostat stadium empat yang menyerang raganya,
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih