Monday, February 2, 2015

Mengenang Altavista, Mesin Pencari Yang Tinggal Cerita

loading...
Para pengguna internet di pertengahan tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an tentu kenal dengan mesin pencari ini.

Altavista.com! Ya, sebelum kehadiran google, bing, ask dan lain sebagainya, altavista adalah pencari terkemuka yang sangat membantu pengguna internet di era-era awal.

Altavista adalah mesin pencari (search engine), yaitu program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi mailing list (yang juga telah pudar pamornya) ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.

Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

Sejarah Altavista
AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation 's Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah.

Walaupun ada beberapa perbedaan pendapat tentang siapa yang pertama kali punya ide asli atas mesini ini, dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler, dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks dipercaya merupakan pencetus perdana.

Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

AltaVista sendiri diperkenalkan ke publik sebagai mesin pencari internet pertama kali pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.

Saat peluncuran, layanan itu memiliki dua inovasi yang membuatnya unggul dari mesin pencari lainnya, yaitu kecepatannya yang tinggi, serta adanya multi-threaded crawler (Scooter) yang dapat menampilkan banyak halaman web, hal itu melebihi apa yang dibayangkan pengguna internet saat itu.

Pada tahun 1998, altavista menggunakan 20 multi-prosesor mesin menggunakan-bit 64 DEC Alpha prosesor. Selain itu, altavista juga mencadangkan mesin back-end dengan 30 GB RAM dan 500 GB hard disk sebagai penampung data.

Di tahun-tahun jayanya, altavista menerima tak kurang dari 13 juta query per hari.  Hal ini membuat altavista menjadi mesin pencari nomor wahid dan yang paling banyak dikunjungi para pengguna world wide web (www).

Altavista terus melejit dan mencapai kesuksesan. Lalu lintas terus meningkat dari 300.000 hits di hari pertama lebih dari 80 juta hits di hari yang sama dua tahun kemudian.

Kemampuan untuk mencari web, dan itu layanan AltaVista khususnya, menjadi subyek berbagai artikel dan bahkan beberapa buku. AltaVista sendiri menjadi salah satu tujuan utama di web, dan pada tahun 1997 akan menghasilkan US $ 50 juta dalam sponsor pendapatan .

Pada tahun 1996, AltaVista menjadi penyedia eksklusif hasil pencarian untuk Yahoo!. Pada tahun 1998, digital tempat bernaung altavista dijual ke Compaq, dan pada tahun 1999, Compaq AltaVista diluncurkan kembali sebagai web portal.

Berharap untuk bersaing dengan Yahoo!. AltaVista meninggalkan halaman pencarian efisien dan terfokus pada fitur seperti belanja dan gratis. Pada bulan Juni 1998, Compaq membayar AltaVista Teknologi Incorporated ("ATI") sebesar $ 3,3 juta untuk nama dengan domain altavista.com - Jack Marshall , salah seorang pendiri ATI, telah mendaftarkan nama tersebut pada tahun 1994.

Pada bulan Juni 1999, Compaq menjual saham mayoritas di AltaVista ke CMGI , sebuah perusahaan investasi internet. CMGI mengajukan penawaran umum perdana atas AltaVista berlangsung pada bulan April 2000, tetapi laksana gelembung internet runtuh, IPO tersebut dibatalkan. Sementara itu, menjadi jelas bahwa dengan strategi ini AltaVista portal tidak berhasil, dan layanan pencarian mulai kehilangan pangsa pasar, terutama karena kehadiran Google .

Setelah serangkaian PHK dan perubahan manajemen, AltaVista secara bertahap beralih dari fitur portal dan kembali fokus pada mesin pencarian.

Pada tahun 2002, AltaVista telah meningkatkan kualitas dan kesegaran hasil dan didesain ulang antarmuka pengguna.

Pada Februari 2003, Altavista dibeli oleh Overture Services, Inc Pada bulan Juli 2003, Overture sendiri diambil alih oleh Yahoo.  AltaVista menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerek Babel Fish, yang secara otomatis menerjemahkan teks antara beberapa bahasa. Pada bulan Mei 2008, layanan ini kembali dicap sebagai bagian dari Yahoo!.

Kendari tinggal kenangan, AltaVista memiliki kehormatan menjadi salah satu mesin pencari tertua di Web

Kelebihan dan Kelemahan Altavista
kelebihan Altavista
1. Kemampuannya melakukan operasi Boolean AND, OR, NOT dan AND NOT.
2. Keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
3. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.

Kekurangan Altavista
1. Tidak banyak file komputer yang bisa diaksesnya, semisal file PDF.
2. Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih