Tuesday, February 18, 2014

Cara Mengurus Ijazah Sekolah dan SKHUN Yang Hilang

loading...
Ijazah merupakan akta penting yang sangat berharga. Bahkan, ketika hilang, ijazah tidak dapat diganti lagi oleh dinas pendidikan atau sekolah yang bersangkutan. Paling-paling yang ada hanyalah surat keterangan.

Karena itu, simpanlah ijazah anda sebaik-baiknya. Nah, kalah ijazah anda atau SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) hilang, apa yang harus anda lakukan?

Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan:

1. Datanglah ke sekolah tempat ijazah dan SKHUN tersebut dikeluarkan (tanyakan ke bagian tata usaha, bagi yang bingung harus menemui siapa), dan jelaskan masalah anda. Jika anda masih mempunyai fotokopi ijazah dan SKHUN, bawalah, tapi jika tidak, dari pihak sekolah akan memberi fotokopi ijazah dan SKHUN anda untuk kemudian anda fotokopi dan kembalikan lagi.

2. Anda akan diminta untuk membuat surat keterangan kehilangan dari kepolisian. (Bisa diurus di POLRES atau POLSEK). Biasanya, di sana anda akan diminta untuk memberikan masing-masing 1 lembar fotokopi ijazah dan SKHUN dan 1 lembar fotokopi KTP.

3. Setelah surat Surat Keterangan Hilang jadi dan sebelum memberikan tanda tangan, telitilah, barangkali ada kesalahan dalam pengetikan. Setelah itu, kembali lagi ke sekolah bersangkutan dengan membawa pas foto hitam putih 3x4 3 lembar, meterai 1 buah (Rp. 6000), masing-masing 1 lembar fotokopi ijazah dan SKHUN, serta 2 lebar fotokopi surat kehilangan dari kepolisian, dan 1 lembar yang asli (bukan fotokopian). Anda akan diminta untuk menunggu beberapa menit, atau beberapa jam, dan setelah itu anda bisa membawa pulang surat pengganti ijazah dan SKHUN asli anda yang hilang.

Membutuhkan dua hari untuk membuatnya, karena harus mencetak foto, fotokopi, dan bolak-balik rumah-Polres-sekolah beberapa kali, sedangkan jam untuk guru-guru meninggalkan sekolah adalah pukul 13.00 WIB. Namun jika anda cukup pagi dan telah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memulainya, satu hari pun cukup.

Biaya yang dikeluarkan, biaya fotokopi dan membeli meterai, yang jika ditotal kurang dari Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah).
loading...

30 comments:

  1. assalamualaikum wr wb.
    gan saya mempunyai masalah SKHUN hilang di sekolah smp saya,sedangkan saya tidak memiliki fotokopian SKHUN,dan sekolah yang bersangkutan juga tidak,minta solusinya harus gimana yang saya lakuin gan..

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum wr wb.
    gan saya mempunyai masalah SKHUN hilang di sekolah smp saya,sedangkan saya tidak memiliki fotokopian SKHUN,dan sekolah yang bersangkutan juga tidak,minta solusinya harus gimana yang saya lakuin gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya langkah di atas boleh dicoba.. dtang langsung ke sekolah dan dinas pendidikan, anda akan diberi surat keterangan pengganti Ijazah...

      Delete
  3. Saya mempunyai masalah dgn Kehilangan SKHUN , Dan saya tdk mempunyai Foto Copy SKHUN , Dan juga sekolah yg bersangkutan tdk pnya juga terus gimana dongg... ?

    #dimohon di bales yg cepat :)

    ReplyDelete
  4. Gimana kalau saya kalau saya kehilangan SKHUN Dan Foto Copy juga tdk punya ??

    #dimohon dibales yang cepat Penting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera datangi sekolah yang mengeluarkan SKHUN tersebut. Lalu jelaskan masalah anda. Mintalah fotokopi berkas yang tersisa pada mereka untuk anda pinjam dan difotokopi ulang, setelah itu kembaliklan lagi. Terima kasih.

      Delete
  5. assalamualaikum wr wb.
    Mas/Mbak saya minta bantuanya ,saya kehilangan IJASAH SMP padalan ujian kelulusan sebentar lagi . cuma ijasah kalau SKHU masih bersih .minta bantuanya ya terima kasih .

    ReplyDelete
  6. assalamualaikum wr wb.
    Mas/Mbak saya minta bantuanya ,saya kehilangan IJASAH SMP padalan ujian kelulusan sebentar lagi . cuma ijasah kalau SKHU masih bersih .minta bantuanya ya terima kasih .

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum wr wb.
    Mas/Mbak saya minta bantuanya ,saya kehilangan IJASAH SMP padalan ujian kelulusan sebentar lagi . cuma ijasah kalau SKHU masih bersih .minta bantuanya ya terima kasih .

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum wr wb.
    Mas/Mbak saya minta bantuanya ,saya kehilangan IJASAH SMP padalan ujian kelulusan sebentar lagi . cuma ijasah kalau SKHU masih bersih .minta bantuanya ya terima kasih .

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum wr wb.
    Mas/Mbak saya minta bantuanya ,saya kehilangan IJASAH SMP padalan ujian kelulusan sebentar lagi . cuma ijasah kalau SKHU masih bersih .minta bantuanya ya terima kasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam... Setahu saya, kalau ijazah tidak bisa dibuatkan lagi yang baru oleh pihak sekolah atau pihak manapun.. jadi kalau ijazah hilang, tapi SKHU masih ada, silahkan datang ke Sekolah yang mengeluarkan untuk meminta fotokopi ijazah yang masih tersimpan di sekolah...
      Mudah2an jawaban ini bisa membantu..

      Delete
  10. saya kehilangan Ijazah SMP lulusan 2008, fotocopy nya pun tidak ada. saya sudah coba datang ke pihak sekolah tapi tidak ada solusinya karena sudah beberapa kali pergantian kepala sekolah, sedangkan saya ingin mengikuti Penyetaraan Ijazah ( Paket C ) dan persyaratannya harus melampirkan fotocopy Ijazah SMP,. Solusinya gimana ya?,.
    Mohon bantuannya.. Terima Kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. langkah pertama lapor dulu ke kepolisian untuk buat surat keterangan hilang. lalu menghadap ke sekolah bersangkutan atau ke dinas pendidikan

      Delete
  11. langkah pertama menghadap dulu ke kepolisian untuk membuat surat keterangan hilang. setelah itu menghadap ke sekolah yang bersangkutan atau ke dinas pedidikan setempat. mudah2an bisa membantu

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Min berarti kalau skhun hilang bisa di buat lagi dari sekolah ?

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum ijazah dan skhu smp saya hilang sedangkan sekolah smk sya meminta fotokopi ijazah dan skhu untuk kepentingan membuat ijazah smk dan saya tdk ada sisa fotokopiannya, terus bagaimana ya solusinya tolong dibantu ya trima kasih

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum ijazah dan skhu smp saya hilang sedangkan sekolah smk sya meminta fotokopi ijazah dan skhu untuk kepentingan membuat ijazah smk dan saya tdk ada sisa fotokopiannya, terus bagaimana ya solusinya tolong dibantu ya trima kasih

    ReplyDelete
  16. Maff sy mau tanya sy kehilangan surat bukti lulus (bukan skhun dan ijasah jg) kira2 bisa diganti yg baru gk mas? Mohon bantuannya sy bingung bgt

    ReplyDelete
  17. Mw tanya anak sy skhun smp hilang disekolah...sda dibuatkan ketrangan skhun asli yg hlg...sda lengkap dri kpolisian skolah tanda tangan kpla dinas..masalahnya yg dri skola sma anak sy...dri pihak skla prmasalahkn harus ad nmr seri skhun...smentara skhun hilg disekola fotokopi tdk ada...qt sda tanya dibgian tata usaha skola minta nmr seri harus dilampirkan diskla tdk af sama skli..dari pihak skola sma prmadalahkn nmr seri skhun hrs ad..klw tdk ad anak sy tdk ble ikut UN...sy mw tanya nmr seri ap diharuskn hrs ad...mohon batuan trimakasih..

    ReplyDelete
  18. Mw tanya anak sy skhun smp hilang disekolah...sda dibuatkan ketrangan skhun asli yg hlg...sda lengkap dri kpolisian skolah tanda tangan kpla dinas..masalahnya yg dri skola sma anak sy...dri pihak skla prmasalahkn harus ad nmr seri skhun...smentara skhun hilg disekola fotokopi tdk ada...qt sda tanya dibgian tata usaha skola minta nmr seri harus dilampirkan diskla tdk af sama skli..dari pihak skola sma prmadalahkn nmr seri skhun hrs ad..klw tdk ad anak sy tdk ble ikut UN...sy mw tanya nmr seri ap diharuskn hrs ad...mohon batuan trimakasih..

    ReplyDelete
  19. Mff mw tanya..anak sy khilangan skhun asli diskla asalx smp..dari skla smp sda dibuatkan surat ktrngn penggnti lengkap sda lapor dikpolisian..tanda tangan kadis kota jayapura..yg jdi masalah dri skola sma minta nmr seri skhun asli..qt sda tanya ditatausaha skla smp tdk ad skhun kan hilang diskola foto kopipn tdk ad sama skali...dri pihak skla sma diharskan ad nmr seri..klw tdk anak sy tdk bisa ikut un..trakhir bsk kmpul dapodik...tngl yg skhun ini...mmg diharuskn hts ad nmr seri skhun asli ya qt org tua anak ini binggung..apalgi anak sy ini..mohon bantuanya trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung.
      Semoga ada pembaca blog ini yang bisa membantu, mudah2an masalah anda cepat diatasi.

      Delete
  20. assalamualaikum wr wb saya kehilangan ijazah dan Skhun dan saya belom pernah saya foto copy sama sekali apakah di sekolah ada berkasnya gk ya? Apabila tidak ada apa yg harus saya lakukan dan prosesnya bisa cepat gk ya kira2 1 atau 2 hari jika diurus sendiri?

    ReplyDelete
  21. assalamualaikum wr wb saya kehilangan ijazah dan Skhun dan saya belom pernah saya foto copy sama sekali apakah di sekolah ada berkasnya gk ya? Apabila tidak ada apa yg harus saya lakukan dan prosesnya bisa cepat gk ya kira2 1 atau 2 hari jika diurus sendiri?

    ReplyDelete
  22. Halo mau nanya saya kehilangan ijazah dan skhun dan saya belum pernah foto copy ijazah dan skhun itu sama sekali. Jika seandainya saya ke sekolah dan ternyata data2 ijazah dan skhun yg lama tidak ada apa yg harus saya lakukan.... Dan apakah bisa diurus dalam waktu yg singkat jika saya mengurus sendiri dari pagi?(1 hari atau 2 hari)

    ReplyDelete
  23. Halo mau nanya saya kehilangan ijazah dan skhun dan saya belum pernah foto copy ijazah dan skhun itu sama sekali. Jika seandainya saya ke sekolah dan ternyata data2 ijazah dan skhun yg lama tidak ada apa yg harus saya lakukan.... Dan apakah bisa diurus dalam waktu yg singkat jika saya mengurus sendiri dari pagi?(1 hari atau 2 hari)

    ReplyDelete
  24. Halo mau nanya saya kehilangan ijazah dan skhun dan saya belum pernah foto copy ijazah dan skhun itu sama sekali. Jika seandainya saya ke sekolah dan ternyata data2 ijazah dan skhun yg lama tidak ada apa yg harus saya lakukan.... Dan apakah bisa diurus dalam waktu yg singkat jika saya mengurus sendiri dari pagi?(1 hari atau 2 hari)

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih