Friday, January 23, 2015

[Resmi]: Cara Pasang WhatsApp di PC Windows [Download WhatsApp for PC Tanpa Bluestack dll]

Siapa tak kenal WhatsApp, salah satu sarana komunikasi sosial berbasis data yang paling populer sekarang ini. Layanan instant massaging ini dibeli oleh Facebook pada tahun lalu dengan nilai pembelian yang fantastis, 19 miliar dollar AS (sekitar Rp 236 triliun) [Baca Kisah Pendirian WhatsApp di link ini].

Dari laporan terakhir perusahaan, WhatsApp telah digunakan secara aktif oleh 700 juta pengguna dengan 30 miliar pesan beredar setiap harinya.

Sebelumnya, WhatsApp hanya bisa dijalankan di telepon selular atau smart phone, biasanya telepon genggam berbasis Symbian, Android maupun Ios. Karena menarik, beberapa orang kemudian mencoba menjalankan Whats App di PC windows melalui penanaman software penghubung seperti Bluestack dan sebagainya.

Hingga akhirya, WhatsApp versi desktop resmi diperkenalkan. Kepastian kehadiran versi komputer desktop (PC) dan laptop dari layanan chat terpopuler tersebut diumumkan pihak WhatsApp pada Rabu, 21 Januari 2015.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh CEO WhatsApp Jan Koum dalam sebuah postingan di akun Facebook pribadinya.

"Hari ini, untuk pertama kalinya, Anda dan jutaan pengguna akan bisa untuk menggunakan WhatsApp di web browser. (WhatsApp) versi web hanyalah perpanjangan dari ponsel Anda. Ini artinya semua pesan Anda masih aktif pada ponsel Anda," tulis Koum.

Fitur bernama "WhatsApp Web" tersebut memungkinkan pengguna mengirim dan membaca pesan langsung dari peramban (web browser) di PC atau laptop.

Untuk sementara baru pengguna di Android, Windows Phone, dan BlackBerry yang bisa menikmati fitur baru ini. Pengguna gadget Apple berbasis iOS masih harus sedikit bersabar untuk bisa ber-WhatsApp dari PC.

Cara Memasang WhatsApp di PC Komputer Windows
Untuk memasang WhatsApp di komputer PC Windows, pengguna tidak perlu mengunduh/mendownload dan instalasi file khusus apa pun di PC untuk aplikasi WhatsApp.

Bahkan, untuk mengaktifkan fitur WhatsApp di PC, pengguna cukup mengunjungi laman https://web.whatsapp.com menggunakan browser Google Chrome.

Namun sebelumnya, pengguna harus memperbarui terlebih dahulu aplikasi WhatsApp dari toko aplikasi platform masing-masing.

Seperti yang diungkapkan oleh Koum, pengguna WhatsApp bisa langsung mengakses layanan tersebut melalui web browser atau perambah web.

Itu artinya, pengguna hanya perlu memiliki browser di perangkat PC. Untuk masa awal peluncurannya, Koum meminta pengguna untuk menjalankan aplikasi tersebut melalui peramban milik Google, yakni Chrome.

Sementara ini, baru pengguna WhatsApp di Android, Windows Phone, dan BlacBerry yang bisa menikmati fitur tersebut. Pengguna gadget Apple berbasis iOS masih harus sedikit bersabar. Menurut Koum, masih ada batasan dari platform Apple yang membuat fitur baru ini belum bisa berjalan.

Untuk mengaktifkan fitur WhatsApp di PC, pengguna diminta mengunjungi laman https://web.whatsapp.com menggunakan browser Google Chrome tersebut. Yang harus dilakukan sebelumnya adalah memperbarui aplikasi WhatsApp dari toko aplikasi platform masing-masing.

Dalam laman tersebut, pengguna akan diminta untuk login menggunakan QR Code yang ada melalui aplikasi WhatsApp versi terbaru. Jadi, setelah anda membuka halaman https://web.whatsapp.com, maka akan muncul halaman seperti ini:



Dari situ, anda cukup menyalakan kamera dan memindai (scanning) QR Code yang tampil di https://web.whatsapp.com di browser Chrome seperti di atas.

Dan, anda akan tersambung!

Pengguna memang tidak perlu melakukan pendaftaran baru untuk menggunakannya karena fitur web ini hanya merupakan perpanjangan dari ponsel. Artinya, semua pesan akan tetap aktif di ponsel.

Mudah bukan...?

Selamat mencoba!
loading...

3 comments:

  1. nice info gan, izin sedot artikelnya ya, ane taruh link sumbernya

    ReplyDelete
  2. tapi kalo kayak gini pakenya paket internet hp ya kalo ga ada wifi?

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih