Saturday, January 24, 2015

Istilah-istilah Populer Dalam Adsense: Page Impression, Page CTR, Page eCPM, Earning

loading...
Bagi seorang blog mania, kehadiran iklan di blog memiliki sensasi tersendiri. Selain blognya terasa keren, iklan juga membantu pendapatan blogger untuk nambah-nambah uang jajan.

Iklan yang ada di web umumnya berbasis dari layanan PPC (iklan pay per click) yang disediakan oleh beberapa penyedia, seperti Google Adsense, Chitika, kliksaya, adsensecamp dan lain sebagainya.

Sebagai publisher, ketika menggunakan atau memasang iklan pertama kali, banyak pemilik blog yang bingung dengan istilah-istilah di dunia periklanan PPC di internet.

Nah, berikut admin akan berbagi pengetahuan tentang beberapa istilah yang kerap mondar mandir di dunia advertising PPC di internet.

1. Page Impresion
Secara sederhana, Page Impressions artinya adalah jumlah berapa kali iklan (misalnya AdSense) tampil pada halaman web seseorang.  Penghitungan dimulai sejak dari saat JavaScript Adsense tersebut dibuka dan ditampilkan pada browser. Jumlah unit iklan pada halaman tidak akan mempengaruhi page impressions tersebut.

Dengan demikian, misalkan seorang blogger meletakkan 3 unit iklan AdSense pada suatu halaman yang terbuka 2 kali pada web browser, maka jumlah page impression yang akan dia dapat adalah 2 dan jumlah ad unit impressions nya adalah 6.

2. Page CTR
CTR merupakan singkatan dari Clickthrough Rate. Isitlah ini punya arti: perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut.

Contohnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).

3. Page eCPM
eCPM (Effective CPM) atau biasa juga disebut dengan CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang didapatkan seseorang dari iklan-iklannya.

Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).

4. Earnings
Earning berarti pendapatan. Dalam dunia adsense, Earnings berarti penghitungan pendapatan adsense yang diperoleh seseorang. Umumnya, untuk mendapatkan earning yang banyak, maka laman yang ada harus memiliki jumlah click, view dan share yang banyak juga.

Nah, itulah beberapa istilah yang akrab di layar monitor anda jika anda seorang blogger yang bertindak sebagai publisher.

Bagi sebagian orang, dunia PPC memang asyik. Bagaimana tidak, hanya dengan klik dari orang lain, uang pun mengalir ke saldonya walau dalam jumlah yang sangat kecil. Barangkali, bukan yang yang jadi tumpuan utama, tapi kepuasan pengunjung dan kepuasan berbagi lah yang lebih bernilai. Kehadiran banyak pengunjung mengindikasikan bahwa suatu blog diminati banyak orang dan membawa manfaat (misalnya saja blog www.putramelayu.web.id ini, iya kan...?)

Bagi anda seorang publisher, ingat juga bahwa dunia PPC atau adsense memiliki aturan tersendiri yang harus ditaati. Hal ini merupakan semacam etika yang sudah baku.

Google Adsense misalnya, layanan ini menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense.

Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta program AdSense adalah:

  • Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
  • Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”.
  • Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
  • Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
  • Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata kunci tertentu
  • Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
  • Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.

Demikian, semoga bermanfaat!
loading...

1 comment:

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih