Thursday, November 7, 2013

Info Lengkap Penerimaan Mahasiswa Universitas Islam Madinah [Saudi Arabia] Tahun 2013-2014 Full Beasiswa

Universitas Islam Madinah (الجامعة الإسلامية) merupakan Universitas negeri di Arab Saudi yang bernaung di bawah Departemen Pendidikan Arab Saudi.

Universitas ini didirikan pada tahun 1381 H.
Universitas Islam Madinah adalah Lembaga Islam bertaraf internasional yang dimiliki oleh Negara Saudi Arabia.

[Update: Untuk Akhwat: Info Beasiswa di Princess Nourah University Riyadh]

Saat ini Universitas Islam Madinah memiliki lima fakultas, yaitu:

1- Fakultas Syariah
Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam Ilmu Fikih dan Ushul Fikih, serta menguasai berbagai Ilmu Syari'at dan ilmu pendukungnya.

Dalam fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Fiqh
B. Jurusan Ushul Fiqih
C. Jurusan Peradilan
D.    Siyasah Syar'iyah

Fakultas Syariah menawarkan gelar sarjana (S1) untuk Ilmu-ilmu Syariat Islam, gelar diploma tinggi untuk jurusan peradilan dan Siyasah Syar'iyah, gelar master (S2) dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

2- Fakultas Dakwah dan Ushuluddin
Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam Aqidah Islam dan menguasai berbagai ilmu syari'at serta ilmu-ilmu pendukungnya.

Dalam fakultas terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Akidah
B. Jurusan Dakwah
C. Jurusan Sejarah Islam
D. Jurusan Pendidikan

Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) untuk jurusan dakwah dan ushuluddin, gelar diploma tinggi untuk jurusan dakwah, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

3- Fakultas Al-Qur'an dan Study Islam
Fukultas ini bertujuan untuk memperdalam Al-Qur'an dan Ilmu-ilmu Al-Qur'an, baik secara hapalan maupun tafsirnya, disamping juga menguasai berbagai Ilmu Syari'at dan ilmu-ilmu pendukungnya.

Dalam Fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Qira'at
B. Jurusan Tafsir

Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) untuk Jurusan Qira'at dan Study Islam, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yg ada.

4- Fakultas Hadits dan Study Islam
Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam dan mengkhidmah Hadits dan Ilmu-ilmunya, dengan disertai penguasaan terhadap Ilmu-ilmu Syari'at dan ilmu-ilmu pendukungnya.

Dalam Fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Fikih Sunnah
B. Jurusan Ilmu Hadits

Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) untuk Jurusan Hadits dan Study Islam, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

5- Fakultas Bahasa Arab
Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam Bahasa Arab, Ilmu-ilmunya, dan Sastra-sastranya, disertai dengan penguasaan terhadap berbagai Ilmu Syari'at dan Ilmu-ilmu pendukungnya.

Dalam Fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Bahasa
B. Jurusan Balaghah dan Sastra

Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) Bahasa Arab, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

Universitas Islam Madinah juga membawahi Program Pelatihan Bahasa Arab bagi yang belum mampu berbahasa arab, SMP, SMU, dan Darul Hadits Makkah.

Nah, di awal bulan November 2013 ini, Universitas Islam Madinah kembali membuka penerimaan Mahasiswa dari seluruh dunia dengan fasilitas Full Beasiswa dan fasilitas.

Keuntungan lain kuliah di Kota Nabi Muhammad tentu sangat banyak. Bisa tinggal di kota Rasulullah SAW saja sudah merupakan kebahagiaan terbesar. Belum lagi kesempatan untuk menunaikan haji dan umrah.

Nah, bagi anda yang berminat, Universitas Islam Madinah sekarang ini sudah membuka jalur pendaftaran melalui online, yaitu melalui laman situs http://admission.iu.edu.sa. Hebatnya, pendaftaran di situs ini sudah mendukung Bahasa Indonesia.

Adapun persyaratan yang harus diperhatikan adalah (dapat dibaca juga di dalam website):
  1. Berkelakuan baik.
  2. Berjanji untuk mentaati semua Peraturan Universitas.
  3. Lulus tes kesehatan.
  4. Lulus tes yang diadakan oleh otoritas yang bersangkutan.
  5. Memiliki ijazah SMU atau yang setara dengannya dari dalam Saudi ataupun dari luar Saudi.
  6. Ijazah SMU harus dikeluarkan oleh Sekolah Negeri atau sekolah yang telah diakui oleh Universitas Islam Madinah.
  7. Berkomitmen fokus penuh untuk belajar.
  8. Masa lulus dari SMU tidak lebih dari lima tahun.
  9. Usia tidak melebihi 25 tahun ketika memulai belajar di Universitas Islam Madinah.
  10. Bagi yang ingin kuliah di Fakultas Al-Qur'an harus sudah hafal Al-Qur'an 30 juz.
  11. Melengkapi persyaratan-persyaratan lain yang ditentukan oleh Dewan Universitas Islam Madinah yang diumumkan saat pendaftaran.
  12. Bagi pemohon yang Ijazah SMU-nya dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Kerajaan Saudi Arabia, ia harus memiliki sertifikat lulus uji kemampuan.
Peringatan:
  1. Tidak ada kantor perwakilan atau agen untuk menerima permohonan pendaftaran di Universitas Islam Madinah di negara mana pun. 
  2. Calon mahasiswa harus melakukan proses pendaftaran sendiri, dan bertanggung jawab untuk menjaga nomor-nomor yang diberikan kepadanya saat selesainya proses pendaftaran.
  3. Universitas Islam Madinah adalah lembaga ilmiah dan pengetahuan yang dirancang untuk menyampaikan Risalah Islam melalui dakwah, pendidikan sarjana, pascasarjana, penulisan karya ilmiah, penerjemahan dan penyebarluasannya, serta menjaga Warisan-warisan Islam.
  4. Bahasa pengantar di Universitas Islam Madinah adalah bahasa Arab.
  5. Universitas Islam Madinah tidak berkewajiban meluluskan setiap pemohon yg mendaftar, hingga ada pemberitahuan secara tertulis dari pihak kampus.
  6. Data-data yang dimasukkan tidak akan diakui, kecuali jika dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang membuktikan informasi tersebut.
  7. Pemohon dengan dokumen palsu akan dikenakan sangsi dan akan dibatalkan penerimaannya.
  8. Universitas Islam Madinah berhak menentukan fakultas mahasiswa yang diterima setelah kedatangannya, sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  9. Mahasiswa yang diterima di Universitas Islam Madinah bisa mendapatkan nomor tiketnya via internet, di website Universitas Islam Madinah, kemudian merujuk ke kantor penerbangan (airlines).
  10. Mahasiswa yang diterima bertanggung jawab untuk mencari dan mengikuti info tentang sistem dan aturan studi, di papan-papan pengumuman yg disediakan oleh kampus.
  11. Semua perjanjian, persetujuan, dan peringatan yang terdapat di dalam file elektronik ini akan mengikat pemohon sebagaimana file kertas lainnya. Pemohon juga bertanggung jawab sendiri untuk mengeceknya secara berkala dengan menggunakan username dan password pribadinya. Hal ini juga berlaku pada semua transaksi elektronik yg dilakukan oleh pemohon dengan menggunakan username pribadinya.
  12. Semua perjanjian, persetujuan, dan syarat-syarat yg dibaca dan disetujui oleh pemohon saat pendaftaran ini, akan dimasukkan ke dalam berkas-berkas miliknya dg menggunakan bahasa arab.
Adapun dokumen yang harus anda siapkan adalah:
  1. Ijazah SMU atau sederajat..
  2. Transkrip nilai dari jenjang SMU.
  3. Sertifikat berkelakuan baik.
  4. Akte kelahiran.
  5. Paspor.
  6. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  7. Foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6.
  8. Foto dengan tanpa kacamata, tanpa penutup kepala, dan dengan background putih.
  9. Laporan medis dari klinik kesehatan resmi, yang menyatakan sehat panca indra dan bebas dari penyakit menular
  10. Surat keterangan dari Lembaga Islam di negara asal atau dari dua Tokoh Islam, yang menjelaskan bahwa calon mahasiswa adalah Muslim yang menjaga shalat lima waktu dan berakhlak mulia.
  11. Sertifikat masuk Islam, bagi yang Islamnya tidak dari lahir.
Catatan:
- Pemohon harus menerjemahkan semua dokumen yang tidak berbahasa arab dengan terjemahan bahasa arab yang telah disahkan oleh kantor penerjemah resmi.
- Jika diterima, calon mahasiswa harus mendatangkan dokumen asli yang telah disahkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi di negara asalnya. Jika Kedutaan Besar Arab Saudi tidak ada di negaranya, maka semua dokumen bisa disahkan di lembaga mana pun yang diakui oleh Universitas Islam Madinah.
- Jika ada kesalahan pada data-data inti pemohon dalam dokumen asli (seperti: nama, tempat, dan tanggal lahir), maka diharapkan membenarkan semua kesalahan tersebut di lembaga yang berwenang di negaranya, sebelum mengirimnya ke Universitas, karena aturan di kampus melarang perubahan data-data inti setelah menerima calon mahasiswa.

Nah, jadi segera kunjung situsnya sekarang: http://admission.iu.edu.sa

Dari situ, pilih menu Bahasa Indonesia. Kemudian pilih opsi "Mengajukan Pedaftaran Baru". Lalu ikut langkah-langkahnya, centang tanda persetujuan, dan anda akan mendapat nomor verifikasi.

Lalu ikuti langkah berikutnya. (karena sudah berbahasa Indonesia, sebaiknya baca sendiri di situsnya)
loading...

33 comments:

  1. Untuk tahun 2014 apakah ada pendaftaran lagi???terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya setiap tahun ada pendaftaran..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. assalamualikum, bagaimana bagi siswa yang bukan lulusan dari SMA sederajat yang diakui oleh UIM, apakah bisa mendaftar? kalau belum bisa apakah ada solusinya? trimakasih

      Delete
  2. assalamualaikum.... maaf kapan terakhir pendaftaran untuk tahu 2014,, karena ijazah saya belum keluar trimakasih

    ReplyDelete
  3. saya mau daftar... tapi ijazah blm keluar,, klo blh tau infonya kapan waktu terakhir pendaftaran???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tahun 1436/1437 H sepertinya sudah dibuka Bro... silahkan langsung meluncur ke situsnya: http://admission.iu.edu.sa

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum, bagaimana bagi siswa yang berkeinginan untuk melanjutkan kuliah di UIM, namun bukan lulusan dari SMU sederajat yang diakui UIM? apakah ada solusi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa, dengan mengikuti kursus bahasa Arab intensif terlebih dahulu...

      Delete
    2. ma'af kalau boleh tau, sebenarnya persyaratan mengenai SMU yang diakui oleh UIM atau sebagi gantinya mengikuti kursus bahasa arab intensif bagi yang bukan lulusan SMU yang dimaksud, itu lebih menekankan kepada ijazah atau kemampuan individu, atau bahkan dua-duanya. ma'af barangkali kata-katanya kurang sopan. trimakasih

      Delete
    3. Setahu ane, selama ini ada juga alumni SMU yang kuliah di beberapa Universitas Timur tengah... jadi sepertinya lebih pada kemampuan individu...

      Delete
  8. assalamualaikum, ka. . untuk berkas2 itu diserahin sebelum atau setelah pendaftaran. kemudian seleksinya itu bagaimana? trimakasih.

    ReplyDelete
  9. ka kalo buat tahun 2015, dibuka biasanya bulan apa?

    terima kasih

    ReplyDelete
  10. ka kalo untuk tahun 2015 di buka bulan apa?,

    terima kasih

    ReplyDelete
  11. ka biasanya di buka bulan apa?

    terima kasih

    ReplyDelete
  12. Bismillaah...
    Afwan mau tanya, apakah beasiswa di Universitas Islam Madinah hanya berlaku untuk Ikhwan saja? Mohon jawabannya...
    Jazakallah ...

    ReplyDelete
  13. Bismillaah...
    Afwan mau tanya, Apakah Beasiswa di Universitas Islam Madinah hanya berlaku untuk Ikhwan Saja?
    Mohon jawabannya...
    Jazakallah...

    ReplyDelete
  14. Waalaikum salam. Setahu admin, hingga saat ini beasiswa ke Madinah hanya diperuntukkan bagi Ikhwan. Terimakasih telah berkunjung

    ReplyDelete
  15. bismillah
    min ana mau nanya kalo kita daftar tapi gak punya paspor bisa gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau paspor sebaiknya diurus saja .. kan banyak manfaatnya, bukan hanya untuk pendaftaran.. sekarang bikin paspor nggak mahal kok..

      Delete
  16. untuk berkas2 yg diupload apa harus sudah diterjemahkan ke b.arab? soalnya saya baca2 berkas2 diterjemahkan setelah kita benar2 diterima di UIM. mohon penjelasannya.
    trus bisa dijelaskan tahap2 pendaftarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya begitu.. kalau dapat segala terjemahan berkas merupakan terjemahan dari penerjemah tersumpah.. untuk tahap pendaftaran bisa langsung ke situs pendaftaran, sudah tersedia dalam bahasa Indonesia.

      Delete
  17. Info ini sangat bermanfaat. Terima kasih. Kami ingin mencobanya.

    ReplyDelete
  18. untuk tahun 2015 biasanya mulai dibuka bulan apa ya ?

    ReplyDelete
  19. untuk tahun 2015 kapan mulai buka

    ReplyDelete
  20. kapan mulai buka untuk tahun 2015

    ReplyDelete
  21. kapan dibuka untuk tahun 2015

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk 2015 silahkan cek di sini: http://admission.iu.edu.sa/WelcomePortal.aspx

      Delete
  22. Apakah untuk wanita juga diterima di Universitas madinah?

    ReplyDelete
  23. kalau ga daftar online apa bisa ikut muqobalah?

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih