Saturday, January 31, 2015

Cara Memutar Video Dengan Format *.MKV di Televisi

loading...
File Video dengan format MKV sangat populer akhir-akhir ini, sebab selain hasil tampilan gambarnya yang tajam dan high definition layaknya film bluray, file dengan format MKV juga memiliki ukuran yang cukup ringan.

MKV adalah singkatan dari Matroska Video,  yaitu sebuah standard format kontainer Multimedia yang bersifat terbuka, merupakan format file yang dapat menyimpan banyak (tidak terbatas) jumlah video, audio, gambar, track subtitle hanya dalam sebuah atau satu file.

Sebenarnya format MKV mempunyai konsep yang mirip dengan format AVI, MP4, 3GP, FLV atau ASF, tetapi Matroska lebih populer dan merupakan format dengan spesifikasi yang terbuka sepenuhnya (open source).

Bagi para pemburu dan pendownlaod film di internet, tentu tidak asing lagi dengan format ini. Banyak di antara para pembajak dan encoder film yang mengkonversi film-film kualitas Bluray ke format MKV ini sehingga tampilannya tetap layaknya bluray yang jernih dan HD, tapi dengan ukuran yang jauh lebih ringan.

Tapi banyak yang bertanya: bisakah memainkan video format MKV di televisi? Atau: Video player apa yang bisa memutar video format MKV? Sebab selama ini, DVD atau CD player yang banyak dijual di pasaran belum mendukung video dengan format ini.

Nah, berikut admin berbagai cara memainkan video dengan format MKV di televisi:

1. Dengan HD Media Center
HD Media Center adalah salah satu perangkat player yang bisa memutar video dengan format MKV. Bukan hanya itu, media player ini juga bisa memainkan file dalam berbagai format video seperti MPG, MP4, RMVB, dan sebagainya.

Seperti dilansir dari sebuah forum virtual, player hebat ini bisa memutar file dengan resolusi 1920 x 1080 dengan menggunakan kabel HDMI, dan akan membuat anda merasa menggenggam Blue Ray dalam tangan anda.

Dengan ukuran yang cukup mungil, yaitu hanya sebesar harddisk laptop yang kecil, maka anda dengan mudah membawa media player ini kemana pun anda pergi.

Selain itu, alat ini juga bisa membaca file-file gambar dengan berbagai format seperti jpeg, Tiff, BMP (bitmap), dan lain sebagainya.

Cara pengoperasiannya pun cukup mudah, cukup masukkan file anda, baik berupa film ataupun foto pada sebuah memory card, lalu masukkan pada SD Card slot, maka anda dapat menikmati film dan melihat foto-foto kenangan anda melalui Media Player ini.

Hebatnya juga, alat ini mendukung file *.srt yang menyediakan terjemahan (subtitle) dari sebuah video, sehingga text subtitle tampil bersama film yang ada.

2. Burning Via Nero Video
Bila anda punya DVD Player di rumah, anda juga bisa memainkan file MKF di televisi melalui DVD Player tersebut.

Akan tetapi, anda perlu memburning video tersebut terlebih dahulu ke sebuah CD atau DVD disk. Caranya, ketika memburning, setting video ke NTSC, lalu tunggu sampai proses burning selesai. Setelah itu, anda bisa langsung memaikan CD atau DVD tersebut di DVD Player.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih