Tuesday, January 27, 2015

Cara Mudah Menghilangkan Goresan / Baret Cat Mobil Tanpa Perlu Ke Bengkel

loading...
Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh pemilik mobil adalah terjadinya goresan atau baret pada cat bodi luar sehingga merusak penampilan kendaraan.

Sebenarnya masalah ini masalah kecil, hanya saja bagi sebagian orang hal itu menjadi masalah besar, terutama bila kendaraannya akan dijual kembali, bisa menurunkan harga jual.

Bila diperbaiki di bengkel, memperbaiki baret memakan biaya lumayan, bisa berkisar Rp. 300 ribu hingga jutaan rupiah. Berbeda dengan jika anda memperbaikinya sendiri, selain menambah skill, anda juga bisa menghemat biaya hingga jutaan rupiah,

Umumnya, goresan pada cat mobil bisa terjadi kapan saja, baik karena gesekan ranting, saat kendaraan hendak diparkir, kenakalan anak-anak, cakaran ayam atau kucing dan lain sebagainya.

Selain itu, goresan pada cat mobil juga dapat terbentuk dengan sendirinya, misalnya karena faktor cuaca. Goresan sebagai hasil oksidasi hujan yang mengandung asam ini biasanya berbentuk jaring laba-laba. Hal tersebut tentulah menambah daftar panjang ancaman kerusakan cat yang terjadi pada mobil kesayangan kita.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan goresan pada cat mobil ataupun sekedar menyamarkan baret pada mobil anda? Berikut caranya:

Goresan Ringan
Yang disebut goresan mudah adalah lecet lantaran goresan kuku, lemparan kerikil atau saat membersihkan mobil. Goresan ini tak melalui susunan cat kendaraan, jadi dapat di hilangkan dengan tangan.

Ambillah wax (kompon, polish,produk scratch atau swirl remover), lalu semprotkan pada bantalan mikro fiber, lalu gosok berulang-kali di area yang terkena goresan. Pakai handuk mikro fiber untuk membersihkannya. Apabila butuh, berikan car plish supaya permukaan kembali tampak bercahaya.

Anda juga bisa menggunakan cat kuku yang dipakai oleh para kaum hawa, kita tinggal memilih warna cat kuku yang sesuai dengan warna mobil kita lalu oleskan pada goresan tersebut maka cacat pada mobil kita akan hilang untuk sementara waktu.

Goresan sedang
Type goresan ini umumnya menyentuh susunan cat basic. Hilangkanlah dengan cat touch-up. Bersihkan terlebih dulu permukaan yang terkena goresan dengan grease remover serta wax. Setelah itu Anda dapat mengecat lagi.

Goresan dalam
Susunan basic logam umumnya tersentuh goresan ini. Gampang saja, Anda cukup mengecat serta mengamplas. Haluskan sisi yang tergores dengan amplas yang tebalnya 800-1000 grit lalu amplas kembali dengan ketebalan 1. 200 grit. Barulah cat serta kombinasi thinner dapat Anda semprotkan pada permukaan mobil. Apabila jadi susah, baru Anda dapat ke bengkel untuk berkonsultasi.

Perawatan Body Mobil
Cara merawat mobil amat penting untuk anda ketahui. Goresan yang berlangsung di cat bodi mobil memanglah mengganggu keindahan eksterior kendaraan yang paling disayangi. Ditambah lagi bila mobil tetap dalam keadaan baru.

Untuk yang memiliki mobil sudah pasti Anda mau selekasnya menangani goresan itu, supaya mobil kembali mulus seperti sedia saat.

Bila goresan pada bodi mobil tetap tidak tebal serta sedikit, Anda bisa lakukan sendiri sistem menyamarkan goresan. Langkahnya dengan ikuti beberapa langkah simpel yang didapatkan Astraworld:

Pertama, bersihkan bodi mobil, terlebih sisi ada goresan. Maksudnya untuk bersihkan debu atau kotoran yang melekat pada cat bodi mobil.

Kedua, keringkan sisi bodi mobil yang sudah dicuci memakai lap memiliki bahan chamois hingga tak tersisa butiran air pada bodi mobil.

Ketiga, berikan bahan pembasmi goresan pada cat (kompon) seperlunya dibagian bodi mobil yang tergores, lalu ratakan dengan jari sesuai sama dengan bagian yang tergores.

Keempat, gosok perlahan-lahan serta sedikit ditekan dengan kain lap halus yang kering untuk meratakan kembali permukaan yang tergores dengan cat di sekelilingnya.

Kelima, lagi kembali dari poin nomer tiga s/d lima bila belum memiliki hasil yang optimal, yaitu bekas (second) goresan menipis serta tampak rata dengan cat di sekelilingnya.

Keenam, bila goresan telah tak tampak, lalu gosok tempat bekas (second) goresan tadi dengan cairan pengkilap cat. Kerjakan dengan perlahan-lahan memakai kain lap halus serta bersih. Semestinya pada langkah ini, cat mobil Anda telah mulus kembali.

Panduan diatas cuma bisa Anda aplikasikan bila goresan tetap tidak tebal serta tak tampak plat bodi mobilnya (tak dalam). Bila goresan yang berlangsung telah dalam serta dibarengi penyok maka bodi mobil mesti diperbaiki terlebih dulu sebelum saat dicat lagi.

Hal-hal lain yang butuh di perhatikan yaitu bahan pembasmi goresan (kompon). Tentukan kompon yang tidak melunturkan cat mobil serta tak meninggalkan warna pada kain penggosok.
loading...

2 comments:

  1. masukan yang bagus neh, semoga bermanfaat..
    salam kenal yah..

    ReplyDelete
  2. saya mau nanya pak. body Mobil saya terkena double tape hingga menempel, pada saat saya buka masih berbekas di body tersebut, lalu kemudian saya lap menggunakan kain yang bersih ketika saya sedang gosok, cat body mobil saya malah pudar. cara yang baiknya seperti apa yah pak apakah harus menggunakan kompon juga pak ?

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih