Thursday, January 16, 2014

Daftar Usia 25 Nabi dan Rasul

1. Nabi Adam a.s
Manusia pertama. Hidup selama 1000 tahun. Diriwayatkan bahwa beliau dikuburkan di India. Ada juga yang mengatakan di Mekkah, atau juga di Baitul Maqdis.

2. Nabi Idris a.s
Diperkirakan hidup selama 865 tahun.

3. Nabi Nuh a.s
Disebut juga Syaik al-Mursalin (buyut para Nabi). Hidup di tengah kaumnya selama 950 tahun. Diriwayatkan bahwa beliau dimakamkan di Kufah (Irak). Riwayat lain mengatakan beliau dimakamkan di Jabal Ahmar, ada juga yang mengatakan di Masjidil Haram di Makkah.

4. Nabi Hud a.s
Hidup selama 464 tahun, dikuburkan di sebelah timur Hadhramaut (Yaman)

5. Nabi Saleh a.s
Tidak ada keterangan berapa tahun beliau hidup. Hanya ada sebagian riwayat menyebutkan bahwa beliau juga dikuburkan di Hadhramaut.

6. Nabi Luth a.s
Juga tidak ada keterangan berapa lama beliau hidup.

7. Nabi Ibrahim a.s (al-Khalil)
Beliaulah Bapak para Nabi. Hidup selama lebih kurang 200 tahun. Beliau wafat di el-Khalil (Palestina sekarang). Di kota itu juga terdapat makan istri beliau, Sarah.


8. Nabi Ismail a.s
Beliau berumur sekitar 137 tahun. Beliau dimakamkan di Mekkah di samping makan ibunya, Hajar.

9. Nabi Ishaq a.s
Hidup selama 180 tahun. Beliau dimakamkan di dekat makam ayahnya, Ibrahim a.s di al-Khalil.

10. Nabi Ya'kub a.s (Israil)
Hidup selama 147 tahun. Beliau wafat di Mesir setelah bermigrasi bersama anak-anaknya atas permintaan putra beliau, Yusuf a.s. Atas wasiatnya, jenazah Ya'kub a.s kemudian dibawa untuk dimakamkan di al-Khalil.

11. Nabi Yusuf a.s
Hidup selama 110 tahun. Beliau juga wafat di Mesir saat menjadi penguasa di negeri tersebut. Atas wasiat beliau, saudara-saudaranya kemudian membawa jenazahnya untuk dimakamkan di tanah leluhurnya. Beliau kemudian dimakamkan di Nablus (Palestina sekarang)

12. Nabi Syu'aib a.s
Tidak dijelaskan dalm Kitab Suci berapa tahun usia beliau. Konon, makam beliau ada di kota Hiththin, sebuah kampung di dekat Thabaria (Palestina).

13. Nabi Ayub a.s
Sang Nabi yang amat penyabar, usia beliau 93 tahun. Makam beliau ditemukan berdekatan dengan makam istri beliau di sebuah kampung bernama Syaikh Sa'ad, dekat dengan kota Damaskus (Suriah).

14. Nabi Dzulkifli a.s
Usia beliau juga tidak diterangkan dalam Kitab Suci. Ada yang mengatakan bahwa beliau lahir di Mesir, dan wafat di Sinai. Sebagian lagi mengatakan bahwa beliau dimakamkan di negeri Syam.

15. Nabi Yunus a.s
Usia beliau juga tidak dijelaskan berapa tahun, begitu pun tentang makam beliau juga tidak diketahui.

16. Nabi Musa a.s
Bergelar Kalimullah (Yang berbicara dengan Allah). Hidup di dunia selama 120 tahun, beliau wafat di Sinai dan dimakamkan di sana.

17. Nabi Harun as.
Hidup selama 122 tahun, beliau juga wafat dan dikuburkan di Sinai.

18. Nabi Ilyas a.s
Tidak dijelaskan dalam kitab suci tentang usia beliau. Ada yang mengatakan bahwa beliau lahir setelah Bani Israel datang ke Palestina. Ada juga yang mengatakan bahwa makam beliau terdapat di kota Ba'labak, sebuah kota di daerah Libanon sekarang.

19. Nabi Ilyasa' a.s
Di dalam kitab suci juga tidak diterangkan tentang usia beliau. Dikisahkan bahwa beliau pergi meninggalkan negerinya setelah kaumnya di Banias (sebuah negeri di Syam) mengingkari da'wah beliau, namun tidak diketahui dengan pasti ke mana beliau tuju.

20. Nabi Daud a.s
Beliau hidup selama lebih kurang 100 tahun. Diceritakan bahwa beliau memerintah kerajannya selama 40 tahun.

21. Nabi Sulaiman a.s
Beliau hidup selama 52 tahun. Beliau mewarisi tahta kerajaan dari ayahnya, Nabi Daud a.s, pada saat beliau berusia 12 tahun.

22. Nabi Zakaria a.s
Hidup selama 150 tahun. Dikisahkan bahwa beliau dibunuh dengan cara digergaji oleh mereka yang turut membunuh anak beliau, Nabi Yahya a.s

23. Nabi Yahya a.s
Kitab suci tidak menjelaskan berapa lama beliau hidup. Syahdan, beliau dilahirkan pada tahun yang sama dengan kelahiran Nabi Isa al-Masih a.s. Dikisahkan, bahwa beliau dibunuh di mihrab (tempat ibadah) beliau atas perintah penguasa karena hasutan seorang wanita yang tidak suka dengan beliau. Ada yang mengatakan bahwa kepala beliau dikuburkan di tempat yang sekarang menjadi Masjid al-Umawi di kota Damaskus, Suriah.

24. Nabi Isa al-Masih a.s
Beliau hidup di bumi sekitar 33 tahun, kemudian beliau diangkat oleh Allah SWT setelah 3 tahun menyampaikan da'wah ajaran Allah SWT. Disebutkan juga bahwa ibu beliau, Siti Maryam a.s hidup setelah pengangkatannya itu selama 6 tahun.

25. Nabi Muhammad S.a.w
Penghulu pada Nabi dan Rasul. Beliau lahir di kota Mekkah pada sekitara tahun 570 atau 571 Masehi. Beliau wafat pada usia 63 tahun di kota Madinah, dan dikuburkan di rumah istri beliau Aisyah r.a yang sekarang berada di lingkungan Masjid Nabawi.

والله تعالى أعلم ...
loading...

1 comment:

  1. Menuhankan Sri Krishna kaya Fir'aun Musyrik. Para Nabi nggak nyampe Jahikiyahnya India

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih