Monday, September 29, 2014

Cara Mudah Mengisi Ulang Baterai (Charge) Tanpa Menggunakan Listrik

Di zaman serba modern dan canggih sekarang ini, peralatan elektronik dan gadget seakan tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, seakan barang-barang tersebut sudah menjadi kebutuhan pokok.

Dari berbagai jenis elektronis tersebut, banyak di antaranya yang memanfaatkan daya baterai, seperti handphone, pemutar musik (mp3 player), radio, hingga senter jadul.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa baterai merupakan barang yang sangat berguna dan sering dipakai untuk berbagai keperluan.

Nah, baterai tersebut pada suatu saat akan habis energi listriknya. Baterai yang sudah habis energinya, sangat mungkin dibuang langsung oleh penggunanya. Padahal sebenarnya baterai tersebut masih bisa untuk dikembalikan lagi energi listriknya walaupun tidak 100% selayaknya ketika membeli baterai yang baru.

Untuk menghemat uang dan tenaga anda sebelum membeli baterai baru. Disini akan diberikan tips bagaimana cara agar baterai bisa kembali terisi energi dan bisa digunakan lagi untuk sementara pada alat elektronik. Ikuti langkah berikut dibawah ini:

1. Siapkan potongan seng bentuk persegi empat, ukuran terserah anda. Semakin lebar semakin bagus. Ini untuk membantu lebih banyak penyerapan panas.

2. Siapkan baterai yang ingin diisi ulang.

3. Lihat di tempat anda, apakah cuacanya sedang panas terik. Jika betul, ini bagus untuk mengisi ulang baterai anda. Disarankan ketika pagi mulai ada cahaya matahari.

4. Letakkan potongan seng di tempat yang terkena matahari, contoh di halaman depan rumah anda.

5. Letakkan baterai anda di atas potongan seng tersebut dan pada posisi tengah.

6. Biarkan baterai dan seng dijemur selama mungkin sampai matahari tidak mengenai benda tersebut, misal sampai sore (kalau atap rumah anda terbuat dari seng, cukup diletakkan saja di atasnya).

7. Kemudian ambil baterai yang telah dijemur tadi dan coba pasang baterai tersebut pada alat elektronik.

8. Maka akan bisa berfungsi kembali baterai tersebut walaupun tidak semaksimal baterai baru.

Demikian tips mudah ini. Sekedar catatan, teknik mengisi baterai seperti ini biasanya efektif diuji pada baterai jenis AA atau AAA, sedangkan untuk jenis lithium dan baterai lain belum dapat dipastikan hasilnya. Demikian, semoga bermanfaat!
loading...

3 comments:

  1. dari aritikel di atas saya menyimak dan memberi saya masukan dan menjadi pengetahuan baru untuk saya. Terima kasih atas informasinya mungkin saya bisa terapkan hal yang positif dari artikel anda diatas :)

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih