Sunday, September 21, 2014

10 Langkah Penting Untuk Menghindari Diabetes

loading...
Tidak seorang pun di dunia ini yang menginginkan terserang penyakit, apalagi yang menakutkan seperti diabetes. Memang, diabetes sudah menjadi fenomena dunia modern yang dilatarbelakangi gaya hidup manusia yang konsumtif.

Kabar baiknya, kebanyakan diabetes sebenarnya dapat dicegah. Diabetes tipe 2 – diabetes yang menyerang orang dewasa- erat kaitannya dengan gaya hidup. Nah, untuk itu, berikut beberapa gagasan untuk membantu Anda menghindari diabetes:

1. Periksa Riwayat keluarga
Pikirkan tentang sejarah keluarga Anda. Apakah orang tua Anda penderita diabetes? Bagaimana dengan saudara Anda? Pahami risiko Anda untuk terserang diabetes dari sejarah keluarga Anda. Jika ada seseorang dalam keluarga Anda yang menderita diabetes, kemungkinan sangat besar bahwa Anda pun akan terkena serangan diabetes walaupun Anda terlihat sehat-sehat saja. Jika keluarga Anda ada yang terkena diabetes, menjaga tubuh sehat harus menjadi prioritas utama.

2. Periksa kesehatan tubuh Anda
Diskusikan dengan dokter Anda tentang risiko diabetes berdasarkan dari kadar gula darah dalam tubuh Anda sekarang, berat badan dan tingkat aktivitas Anda. Lebih dari 1 dari 4 orang Amerika dianggap "pra-diabetes." Jika Anda salah satu dari mereka, berita ini harus dianggap serius dan fokuslah pada kesehatan Anda.

3. Olahraga Yang Teratur
Setidaknya berolahraga tiga kali seminggu dan berolahraga yang membuat Anda berkeringat dan meningkatkan detak jantung Anda. Berjalan-jalan mungkin cukup untuk hari ini, tapi dengan berjalannya waktu, Anda harus berolahraga yang agak berat.

4. Biasakan Berjalan kaki
Selain berolahraga pada waktu yang telah dijadwalkan, cobalah untuk berjalan ke tempat-tempat yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Jika bank, pasar, kantor pos atau tempat-tempat lainnya dapat ditempuh dengan berjalan kaki, cobalah untuk berjalan kaki ke tempat-tempat itu. Jika Anda berjalan kaki perlahan-lahan tapi pasti, Anda dapat membakar kalori lebih banyak daripada jika Anda mengendarai mobil.

5. Nikmati Bermain
Cari hobi atau kegiatan yang membuat Anda menggerakkan tubuh Anda. Belajarlah untuk menari, mendaki, bermain badminton, tenis, atau bermain bola dengan anak-anak Anda. Apa pun yang Anda lakukan, temukan sesuatu yang Anda cintai yang membuat Anda bergerak.

6. Atur Asupan Gula
Mengurangi frekuensi dan jumlah permen yang Anda konsumsi dapat membantu mengurangi tekanan pada metabolisme tubuh Anda dan dapat memperpanjang umur Anda. Mengurangi makan makanan yang manis-manis adalah cara termudah untuk mengurangi kalori dan menurunkan berat badan.

7. Atur Asupan Minyak
Minyak adalah bagian penting dari diet Anda, Minyak yang sehat adalah minyak yang didapatkan dari ikan dan kacang-kacangan. Kurangi konsumsi minyak dari sumber makanan lainnya. Hindari menambahkan minyak pada makanan Anda, tidak perlu menambahkan mentega, margarin, krim keju, atau mayones pada makanan Anda.

8. Kurangi Makanan penutup
Kebanyakan makanan penutup adalah kombinasi mematikan dari gula dan lemak. Kebanyakan orang tidak bisa hidup tanpa makan makanan penutup. Tetapi Anda dapat menjadikan makanan penutup sebagai makanan yang dapat Anda nikmati sekali seminggu atau sekali setiap dua minggu daripada sesuatu yang Anda makan setiap kali habis makan.

9. Protein
Dengan menambahkan protein dalam diet Anda, Anda dapat mencapai dua tujuan. Pertama, karena protein dicerna oleh tubuh lebih lambat, protein cenderung membuat Anda lebih puas dan kenyang lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat atau lemak yang dicerna oleh tubuh dengan cepat. Kedua, protein tidak diubah menjadi gula di dalam darah seperti karbohidrat sehingga tidak akan memberikan tekanan pada metabolisme tubuh yang cenderung membuat metabolisme tubuh meledak, memberikan Anda diabetes.

10. Cek Berat badan
Capailah berat badan yang sehat. Hitung tubuh Anda atau dan pastikan skor Anda ada di bawah kisaran obesitas. Meskipun berat badan di atas normal dapat berisiko diabetes. Tetapi risiko diabetes jauh lebih besar jika skor Anda menempatkan Anda dalam kisaran obesitas.
loading...

1 comment:

  1. Ulasan yang bermanfaat terkait web hosting dan online shop ini baru
    pertama kali saya baca. Keren banget & bermanfaat sekali.
    Siapa saja yang make atau lagi mencari jasa webhosting terbaik di Indonesia & olshop wajib baca artikel ini.
    Ayo kunjungi juga website gw ya min, ada tulisan keren yg semoga berguna bagi para pengguna service web hosting murah
    () hosting.
    BR.

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih