Wednesday, September 24, 2014

Masalah Yang Muncul Pada Saat Mendaftar CPNS ONLINE 2014 DAN SOLUSINYA

loading...
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi bagi rekan-rekan yang saat ini mengalami kendala dalam mendaftar CPNS secara Online.

Tentu saja ini kali pertama pemerintah menerapkan Pendaftaran dan tes CPNS secara online. ternyata dalam pelaksanannnya banyak kendala yang terjadi. Berikut ini kendala yang dialami saat Pendaftaran CPNS Online :

1. User tidak Ditemukan
2. Password login salah
3. Saat login SSCN, Nama di data pendaftaran berbeda
4. Cetakan kartu berbeda dengan data User
5. Tidak terdapat tombol “Daftar”
6. Cetakan Kartu registrasi kosong
7. Sukses mendaftar instansi Kemenkes di portal Panselnas, tetapi saat login di sscn tidak bisa
8. Salah mengetikan data diri misalkan data jenis kelamin, tanggal lahir dll

Nah berikut ini kami ingin memberikan solusi bagi rekan-rekan yang kebingungan dengan permasalahan-permasalahan yang muncul, namun sebelumnya sebaiknya yang perlu dipahami oleh rekan-rekan adalah alur Pendaftarannya, langkah yang simple adalah:

1. silahkan isi form Pendaftaran di https://regpanselnas.menpan.go.id/
2. kemudian setelah anda berhasil mengisi form maka anda akan mendapatkan email yang dikirim oleh Panselnas dimana isi email tersebut adalah Username dan Password yang digunakan untuk login http://sscn.bkn.go.id/login.html.

berikut contoh email yang dikirim oleh Panselnas:



Yang perlu dicatat bahwa anda tidak bisa langsung login karena Panselnas mengirim data ke SSCN memerlukan jeda minimal 1 jam.

Biasanya apabila langsung login ke http://sscn.bkn.go.id/login.html maka akan muncul keterangan bahwa " User tidak ditemukan" harap bersabar tunggu minimal 1 jam. Ada baiknya anda login keesokan harinya.

3. Setelah anda bisa gunakan username dan password untuk login maka anda akan mendapatkan  Kartu registrasi seperti dibawah ini

4. Setelah anda mendapatkan kartu regrestrasi ini, anda bisa kirimkan bersama dengan berkas yang lain lewat Pos ke Instansi yang anda pilih.

Nah berikut ini kami berikan catatan tentang masalah yang mungkin muncul dan solusinya pada saat mendaftar CPNS 2014:

  1. User tidak ditemukan : Ada jeda sekitar 1 jam untuk Panselnas mengirim data ke SSCN.
  2. Password login salah : Enkripsi password yang diambil dari Panselnas berbeda dengan yang dibuat oleh pelamar pada saat mendaftar di Panselnas. Lapor permasalahan ke helpdesk sscn.
  3. Saat login SSCN, Nama di data pendaftaran berbeda : Cache sebelumnya masih ada. Logout terlebih dahulu, refresh browser dan clear cache/recent history di browser.
  4. Cetakan kartu berbeda dengan data User : Cache sebelumnya masih ada pada saat melakukan pendaftaran. coba cetak lagi sekarang.
  5. Tidak terdapat tombol “Daftar” : Periode Pendaftaran untuk Pembukaan Instansi tersebut belum buka atau sudah tutup.
  6. Cetakan Kartu registrasi kosong : Persyaratan Pendaftaran belum dientri oleh Administrator Instansinya di SSCN.
  7. Sukses mendaftar instansi Kemenkes di portal Panselnas, tetapi saat login di sscn tidak bisa : Kemenkes tidak menggunakan sscn.bkn.go.id dalam melakukan pendaftaran. Beberapa instansi yang tidak menggunakan sscn adalah Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dll.
  8. Salah mengetikan data diri misalkan data jenis kelamin, tanggal lahir dll : Tidak ada perbaikan untuk data yang telah di input baik ke portal panselnas maupun ke sscn.
  9. Tombol cetak tidak muncul : Cache sebelumnya masih ada pada saat melakukan pendaftaran. Lapor permasalahan ke helpdesk sscn.
  10. Muncul warning “javax.servlet.servletException PotensialCSRF detected from you” : Clear cache/recent history di browser, kemudian login kembali.
  11. Informasi tanggal penutupan instansi yang saya lamar di portal tgl 10 tetapi pada tanggal 9 sudah tidak dapat melakukan pendaftaran di sscn :Harap kroscek kembali jadwal di panselnas dengan jadwal di pengumuman instansi. Jika ada perbedaan tanggal segera menghubungi instansi.
  12. Setelah mendaftar sscn bkn,tidak mendapatkan print out dalam bentuk pdf : Kemungkinan komputer belum terinstal adobe reader.
  13. Muncul error sebagai berikut di halaman”.core.persistence.exception.CorePersistenceException: (Operasi Gagal) “ sesaat setelah klik tombol Daftar : Lapor permasalahan ke helpdesk sscn

Demikian Postingan saya berkenaan dengan cara Pendaftaran CPNS 2014, Permasalahan dan Solusinya. Semoga dapat membantu rekan-rekan yang mengalami kendala dalam mendaftar.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih