Thursday, September 18, 2014

7 Fitur Tersembunyi Facebook Yang Perlu Kamu Tahu....!!!

loading...
Berselancar di dunia Facebook memang menyenangkan, kita bisa berbagi, mendapat informasi, ngobrol dengan sahabat dan lain sebagainya. Sebagai salah satu media sosial terbesar, Facebook punya jasa besar untuk menghubungkan antar manusia, membagi berita secara luas, serta menjadi album foto pribadi.

Tapi tahukah anda, Facebook punya banyak fitur tersembunyi yang mungkin kamu belum sadari. Fitur-fitur yang belum familiar ini sesungguhnya dirancang buat memudahkan hidupmu di dunia maya. Apa saja itu?

1. Mengunduh (Download) Semua Aktivitas di Facebook.


Dengan fitur ini, kamu bisa mengarsipkan semua aktivitas yang pernah kamu lakukan selama menggunakan Facebook. 

Caranya mudah: masuk ke pengaturan/setting, lalu pilih  umum/general lalu klik unduh salinan data Facebook (Download a copy). Siap-siap aja terperangah atau tertawa melihat postingan-postingan kamu zaman dulu!

2. Melihat aktivitas yang kamu lakukan bersama pasangan dalam satu lama
Kalau kamu mencantumkan status hubungan dengan pasangan di laman Facebook, kamu bisa melihat aktivitas kalian dengan mengunjungi laman ini. Aktivitas kalian dari awal sampai sekarang bisa kamu lihat kembali, Yaa, hitung-hitung nostalgia :P.

3. Menyimpan tautan untuk dibaca belakangan
Ketika menyusuri linimasa, kadang kita menemukan posting berupa tautan yang sepertinya menarik, tapi kamu gak sempat membacanya saat itu. Nah, di Facebook terdapat sebuah fitur yang berfungsi sebagai pembatas halaman atau bookmark untuk tautan-tautan yang ingin kamu baca nanti.

Caranya, kamu cukup klik tanda (∨) di kanan atas tautan yang ingin ente simpan, lalu klik “save” atau “simpan.” Nanti, akan muncul ikon “saved” di home sidebar-mu.


4. Mengetahui aktivitas seseorang tanpa harus jadi teman lewat tombol “Follow”
Daripada menambahkan seseorang sebagai teman alias add friend, kamu sebenarnya bisa mengikuti update orang tersebut menggunakan tombol follow jika yang bersangkutan mengaktifkan fitur tersebut. Fitur ini bisa bermanfaat jika orang yang kamu tuju sudah mencapai batas teman yang diperbolehkan, atau dia tidak membalas permintaanmu untuk berteman di FB. Tapi, jangan dipakai buat stalking ya!

Nah, kalo kamu mau mengaktifkan fitur follow di akunmu, gampang kok, masuk saja ke pengaturan atau setting > pengikut/followers, lalu pilih semua orang atau everybody.

5. Tab “other”, kotak pesan yang sering terabaikan
Di inbox, sebenarnya kamu punya satu tab lain yang terabaikan, yaitu tab other. Tab ini menyimpan pesan dari orang-orang yang tidak terhubung denganmu. Gampang sekali melewatkan tab ini karena gak ada notifikasinya.

6. Mengubah bahasa menjadi bahasa bajak laut atau bahasa terbalik
Buat lucu-lucuan, kamu bisa mengubah bahasa yang digunakan di akun Facebookmu menjadi bahasa bajak laut atau membuat susunan huruf-huruf menjadi terbalik. Caranya sederhana kok, kamu tinggal mengganti bahasa di pengaturan Facebook menjadi “English (Pirate)” atau “English (Upside Down)


7. Mengetahui dari mana saja akun kamu diakses
Sebagai salah satu media sosial terkemuka, Facebook bisa diakses dari mana saja dengan berbagai device, baik itu lewat laptop, PC, Tablet, maupun ponsel. Nah, kalo kamu ingin mengetahui dari mana saja akunmu online, kamu bisa memanfaatkan fitur yang terdapat di pengaturan akun. ente tinggal masuk ke pengaturan > keamanan/security > tempat anda masuk/where you logged in.

Fitur ini akan melacak dari mana saja akunmu diakses dan lewat aplikasi atau browser apa. Jadi, kalo kamu menemukan akunmu dibajak orang, coba cek ke sini dulu deh. Terus, fitur ini juga berguna kalo kamu mengakses Facebook lewat komputer umum atau milik temanmu dan lupa log out. Untuk menghentikan akses, kamu tinggal menge-klik “akhiri semua aktivitas.”


8. Membuat Emoji Sepesial
Di postingan Facebook, ente bisa menambahkan emoji biar tulisanmu lebih ekspresif. Facebook akan otomatis mengubah emotikon umum yang ente gunakan menjadi emoji. Tapi, selain emoji yang umum, ente juga bisa menggunakan emoji spesial lho, antara lain:

(y) = simbol jempol/suka
(^^^) = hiu
:|] = robot
oop: = kotoran
<(“) = penguin

Selain beberapa emoji di atas, masih banyak lagi emoji spesial yang bisa ente gunakan. Lengkapnya bisa ente lihat di sini.

9. Berbagi file lewat Facebook Chat
Selain untuk ngobol, Facebook Chat juga berguna untuk berbagi beragam jenis file, seperti MS Office Document, excel, bahkan sampai file photoshop dan lagu. Jadi kalau kamu membutuhkan respon yang lebih cepat daripada email dan kebetulan lawan bicaramu juga online di Facebook, mentransfer file via Facebook Chat bisa jadi alternatif yang layak dicoba.

10. Melekatkan (embed) konten dari Facebook ke laman lain
Kalau kamu ingin melekatkan sebuah postingan facebook di website atau blogmu, tidak perlu bingung. Caranya mudah saja, pada postingan yang ingin kamu lekatkan, kamu tinggal klik tanda (∨) di pojok kanan postingan, lalu pilih embed post. Embed code yang kamu perlukan akan muncul. Tinggal copy-paste saja ke situs web atau blog yang ingin kamu pasang.

Nah, itu dia fitur-fitur lumayan dan bermanfaat untuk memperkaya pengalamanmu dalam berselancar di Facebook. Apakah kamu sudah memanfaatkan seluruh fitur Facebook dengan maksimal?

Tapi ingat ya, jangan terlalu terpaku sama media sosialmu. Nikmati juga hidupmu di dunia nyata.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih