Tuesday, September 16, 2014

5 Jenis Makanan Yang Membuat Wajah Cepat Terlihat Tua

loading...
Menjadi tua merupakan fitrah manusia. Lambat laun seiring usia, manusia akan memasuki fase tua sebagai tanda akhir masa hidupnya.

Tapi siapa mau terlihat tua sebelum waktunya? Ternyata, beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan tertentu dan beberapa cara pengolahan makanan bisa membuat wajah seseorang menjadi terlihat tua sebelum waktunya.

Menurut dermatolog, Samantha B Conrad, MD dari Northwestern Medicine, ada beberapa makanan yang mampu menyebabkan peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh yang kemudian menyerang kulit, sehingga membuat kulit seperti kurang mendapatkan sinar matahari, kusam, dan tak cerah.

Berikut makanan yang harus Anda hindari demi kulit yang lebih cerah, sehingga Anda tidak mengalami "penuaan dini":

1. Gula
Kelebihan gula di dalam tubuh dapat menyebabkan glikasi, di mana gula akan bertabrakan dengan protein atau lemak, dan menyebabkan kerusakan protein di seluruh tubuh, termasuk kulit. Akibatnya, protein tidak berfungsi sebagaimana seharusnya dan terjadi peradangan protein dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.

2. Burger
Makanan yang telah dipanaskan pada suhu tinggi juga telah melalui proses glikasi.

3. Gorengan
Lemak trans gorengan akan merusak kolagen, yang merupakan protein struktural pada kulit. Jika kolagen berkurang, maka kulit akan keriput.

4. Alkohol
Alkohol mempengaruhi fungsi hati. "Ketika terjadi kerusakan pada hati, maka ia tidak dapat berfungsi dengan baik untuk membuang racun dari tubuh. Hal ini akan membuat efek tua pada kulit Anda," ujar ahli gizi Jaime Mass.

5. Makanan yang dikemas
Negara-negara yang mengkonsumsi sedikit makanan olahan memiliki kulit yang lebih sehat daripada masyarakat di negara-negara yang makan dari kemasan. "Nitrat yang ada dalam makanan kemasan dapat memicu peradangan. Garam mampu mengeringkan kulit dan dapat merusak pembuluh darah," ujar Mass. Kerusakan pada kulit juga termasuk bintik-bintik hitam dan jerawat yang permanen.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih