Monday, September 15, 2014

Cara Mudah Membedakan Madu Asli dan Palsu

loading...
Madu merupakan makanan kaya manfaat bagi manusia. Di dalam madu terdapat obat berbagai penyakit, dan juga nutrisi yang amat menakjubkan.

Namun ketika membeli madu, banyak orang yang tertipu karena membeli madu palsu atau tiruan. Madu-madu palsu ini biasa dibuat dari berbagai bahan, seperti perasan tebu, atau hingga bahan kimia yang berbahaya.

Nah, agar tidak tertipu membeli madu, berikut beberapa tips sederhana untuk membedakan madu asli dan palsu:

1. Uji dengan air.
Caranya, tuangkan sedikit madu kedalam gelas yang berisi air putih bening, coba perhatikan dengan seksama: apabila madu tersebut mengendap dan terpisah dengan air tanpa mengeruhkan air maka madu tersebut dipastikan murni, sebaliknya jika madu tersebut bercampur baur sehingga air tersebut mengeruh maka madu tersebut dipastikan palsu.

2. Uji dengan piring kaca
Dengan meneteskan madu di air di atas piring kaca putih. Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur dengan akan membentuk segi enam atau sarang lebah. Semakin lama bentuk segi enam itu bertahan, berarti semakin baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias Madu Asli. Semakin cepat bentuk segi enam itu memudar, maka jelaslah itu madu campuran, karena nutrisinya sudah jauh berkurang.

Cara mitos:
Ada juga mitos yang mengatkan bahwa untuk mengecek keaslian madu bisa dengan cara memasukkan korek api ke dalam madu, kalau korek apinya basah, berarti itu tidak asli. Tapi cara ini disinyalir tidak benar dan hanya mitos belaka.

Ada pula dengan cara memasukkan ke dalam kulkas, tapi cara ini masih dikeragui.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih