Monday, September 15, 2014

HOAX : Memasukkan PIN ATM Terbalik Sebagai Sinyal Tanda Bahaya Kepada Polisi...

loading...
Waspada jika menerima info seperti ini di Internet, SMS, Facebook, Twitter atau lainnya:

“jika anda sedang terancam jiwanya karena dirampok/ditodong seseorang untuk mengeluarkan uang dari atm ,maka anda bisa minta pertolongan diam2 dengan memberikan nomor pin secara terbalik ,misal no asli pin anda 1254 input 4521 di atm maka mesin akan mengeluarkan uang anda juga tanda bahaya Ke kantor polisi tanpa diketahui pencuri tsb. Fasilitas ini tersedia di seluruh atm tapi hanya sedikit orang yang tahu tolong kasih tahu info kepada yang lain”

Info semacam ini adalah hoax (omong kosong).
Hoax ini diduga mungkin berasal dari peraturan daerah negara bagian Illinois, Amerika Serikat SB 562 yang mendefinisikan sistem semacam ini, walaupun tidak mengharuskannya:
A terminal operated in this State may be designed and programmed so that when a consumer enters his or her personal identification number in reverse order, the terminal automatically sends an alarm to the local law enforcement agency having jurisdiction over the terminal location.
Sistem ini juga tertulis pada rencana peraturan daerah negara bagian Georgia SB 379 yang belum diratifikasi:
Any remote service terminal operated in this state shall be designed and programmed so that when a consumer enters his or her personal identification number in reverse order, the remote service terminal automatically sends an alarm to the local law enforcement agency having jurisdiction over the remote service terminal location. No difference between an emergency transaction and a normal transaction shall be detectable from the terminal. The operators of remote service terminals shall be permitted to charge a fee of $1.50 per month to customers who subscribe to this service.
Dan yang terakhir adalah peraturan daerah negara bagian Kansas SB 333 yang gagal untuk diberlakukan:
Any automated teller machine operated in this state shall be designed and programmed so that when a consumer enters such consumer's personal identification number in reverse order, the automated teller machine automatically sends an alarm to the local law enforcement agency having jurisdiction over the automated teller machine location.
Intinya, ada undang-undang yang mendefinisikan sistem semacam ini, tetapi tidak mengharuskan atau undang-undangnya sendiri tidak atau belum berlaku. Dan hingga kini belum ada ATM yang mengimplementasikan sistem seperti ini. Beberapa pihak sudah mencoba sistem ini di ATM beberapa dan ternyata tidak berfungsi.

Berikut beberapa Tips Aman di ATM:

  1. Tampakkan wajah anda sehingga CCTV menangkap wajah anda, hal ini untuk kepentingan pelacakan dan sebagai bukti bila sesuatu terjadi.
  2. Tutup keypad / pinpad menggunakan tangan saat memasukan menekan tombol PIN
  3. Jangan asal langsung memasukan kartu, pastikan anda tengok kiri kanan dan belakang, tidak usah ragu dan malu dikata-katain orang seperti orang kuper. Itu merupakan bagian dari kehati-hatian dan kewaspadaan. 4. Pegang, raba dan perhatikan hal-hal mencurigakan tentang lubang kartu ATM serta daerah sekitar keypad / pinpad raba dengan tangan anda untuk meyakinkan bahwa tidak ada jebakan dan lubang kartu yang 
  4. Pastikan mesin ATM yang anda gunakan berfungsi dengan baik dan bukan ATM bodong, tipu dan palsu yang menjebak kartu anda tenggelam didalam mesin. Tidak usah ragu hubungi dan tanyakan kepada petugas bank, apakah memang mesin ATM di daerah tersebut resmi atau tidak apalagi jika anda memiiki simpanan sangat besar di rekening 
  5. Pastikan anda datang ke ATM yang agak ramai atau ada orang lain seperti satpam dan petugas kemanan. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang membahayakan karena, perampokan jaman sekarang sudah nekad.
  6. Jangan terlalu berlama-lama di ATM untuk menghindari orang yang berniat jahat mencurigai anda mengambil uang yang sangat 
  7. Hindari orang yang tiba-tiba sok mau menolong membantu anda menggunakan kartu ATM apalagi menanyakan PIN nya apalagi tidak dikenal.
  8. Sebelum keluar dari ATM, lihat lah orang sekitar jangan sampai ada yang membuntuti
  9. Lapor kepada petugas Bank jika ada hal yang mencurigakan
  10. Selalu siapakan alat komunikasi agar anda bisa langsung telpon atau hubungi orang terdekat anda saat terjadi hal-hal tidak diinginkan.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih