Tuesday, October 15, 2013

[Kisah Nyata Musim Haji 1434 H]: Pria Yang Berjalan Kaki Ribuan Kilometer Menuju Mekkah

loading...
Keinginan untuk menunaikan ibadah haji dan menjadi tamu Allah memang tidak dapat dibendung. Kerinduan untuk berada di tanah suci merupakan panggilan spiritual yang amat mendalam. Apapun kan dilakukan orang bila hatinya sudah terpanggil ke tanah suci.

Bila di negeri kita, sering kita dengar para dhu'afa yang berangkat haji dengan mengumpulkan dana dari pendapatan mereka yang tidak seberapa. Lain pula kisah yang dialami oleh seorang pria asal Pakistan ini.

Seorang pria Pakistan bernama Kharlzada Kasrat Rai rela berjalan kaki menuju Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji tahun 2013 ini. Perjalanan menakjubkan itu dia tempuh sejak tanggal 7 Juni silam dan melalui tiga negara yakni Iran, Irak, dan Yordania.

Tiba di kota Mekkah pada 1 Oktober lalu, pria berusia 37 tahun itu disambut bak seorang pahlawan. Laman Al Arabiya, Minggu 13 Oktober 2013, melansir Rai disambut oleh pejabat tinggi Arab Saudi dan perwakilan dari imam Ka'abah suci serta para pendukungnya dari berbagai negara Muslim.

Total jarak yang ditempuh Rai dalam perjalanan selama hampir empat bulan itu yakni 6.387 kilometer. Rai mengaku ini bukan kali pertamanya dia melakukan aksi semacam itu.

Sebelumnya di tahun 2007 silam, Rai berjalan kaki sejauh 1.999 kilometer menelusuri daerah antara Khyber dan Karachi di Pakistan. Perjalanan itu dia tuntaskan dalam waktu 85 hari.

Kharlzada Kasrat Rai ketika memulai perjalanannya dari Pakistan. Ia menempuh jarak sejauh 6387 km dengan berjalan kaki menuju Mekkah. Ia melewati beberapa negara seperti Irak, Iran dan Yordania.
Perjalanan kedua dilakukan tahun 2009, dengan berjalan kaki menuju Islamabad dari kota Lahore. Total perjalanan sejauh 327 kilometer diselesaikan dalam waktu dua minggu saja. Di waktu yang sama, dia berjalan kaki dari Islamabad ke desa Chakuthi sejauh 222 kilometer, ditempuh hanya dalam waktu sembilan hari.

Terakhir dia berjalan kaki tahun 2011 silam, ketika dia mengulang perjalanan antara Khyber dan Karachi. Namun kemarin rute perjalanan yang ditempuh lebih jauh. Rai berhasil menumbangkan rekor yang sebelumnya dibuat, dengan berjalan kaki sejauh 2.287 kilometer dalam waktu 72 hari.

Kharlzada Kasrat Rai saat melakukan perjalanan haji
Ditanya motivasinya melakukan aksi tersebut, Rai mengatakan ingin menyebarkan pesan perdamaian kepada dunia. Selain itu dia turut mengutuk aksi terorisme di berbagai tingkatan. Memang, sebelum keberangkannya, ia membawa misi WALK FOR GLOBAL PEACE.

"Saya menginginkan perdamaian dan kesetaraan di dunia. Selain itu, saya juga berharap adanya sebuah kesatuan bagi negara-negara Muslim seperti Uni Eropa," ujar Rai.

Dia mengatakan kendati menemui beberapa rintangan yang tidak terduga selama di perjalanan menuju Mekkah, namun Rai mengaku dalam keadaan sehat. Bahkan banyak orang yang memberinya semangat dan ramah ketika bertemu dengan mereka di tengah perjalanan.

Kharlzada Kasrat membawa misi Walk For Global Peace
Dalam kesempatan itu, Rai juga mengungkapkan dirinya tengah bersiap untuk memulai perjalanan ke kota Mina. Hal itu lantaran ritual Haji secara resmi sudah dimulai sejak hari Minggu kemarin.

Total jarak yang dia tempuh dari Mekkah menuju Mina mencapai delapan kilometer.

Menurut Pemerintah Arab Saudi, ada lebih dari 1,3 miliar jamaah dari seluruh dunia yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Lebih dari separuh jumlah tersebut datang dari luar Arab Saudi.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih