Monday, October 28, 2013

Mengenal Istilah Dan Komponen / Part Mobil Serta Istilah Perbengkelan / Perawatan Mobil

loading...
Bagi anda yang hobi otomotif, atau sedang memiliki mobil, penting juga mengetahui istilah-istilah yang kerap digunakan dalam komponen dan perawatan mobil. Hal ini bermanfaat misalnya ketika kendaraan anda rusak, sehingga anda mengetahui kondisi mobil tersebut.

Berikut beberapa di antaranya:

Sasis
Sasis adalah kerangka internal yang menjadi dasar produksi sebuah objek, sebagai penyokong bagian-bagian seperti mesin atau alat elektronik objek tersebut. Sasis dapat dianalogikan dengan kerangka tulang pada binatang.

Sasis Mobil
Pada kendaraan bermotor seperti mobil, sasis terdiri dari kerangka bagian bawah mobil, roda, transmisi, sistem suspensi, dan mesin. Pada kendaraan tempur lapis baja, sasis dapat terdiri dari bagian bawah badan kendaraan, termasuk roda rantai, mesin, kursi supir, dan tempat awak kendaraan.

Tubeless
Tubeless adalah salah satu jens ban. Ban tubeless adalah ban yang tidak memiliki ban dalam. Ban tubeless umumnya lebih bulat, efeknya jelas. Pada kecepatan tinggi, mobil atau motor dengan ban jenis ini enak dan mudah untuk diajak bermanuver di sana sini, lebih stabil, membuat pengendaranya lebih percaya diri.

Ban tubeless juga dikenal karena ketahanannya terhadap kebocoran.

Persneling
Persneling adalah sistem roda gigi palsu dan hidraulik yang menghantarkan tenaga mekanis dari penggerak ke roda dengan kecepatan lebih rendah tapi gaya putar lebih tinggi. Sistem ini juga memungkinkan pergantian perbandingan kecepatan-tenaga atau arah putaran.

Dalam mobil, dikenal persneling manual dan otomatis. Manual artinya pengendara mengganti gigi dengan bantuan tangkai. Sistem ini lebih murah, lebih ringan, biasanya memiliki kinerja lebih baik, dan memakan lebih sedikit bahan bakar. Persneling otomatis lebih mudah digunakan dan biasanya ditemukan dalam mobil produk AS. Selain itu juga ada sistem persneling semi-otomatis, yaitu bila tangkai pengganti gigi digerakkan oleh komputer.

Radiator
Mengganti air radiator
Radiator adalah suatu bagian atau komponen dari sistem pendinginan yang menggunakan sistem pendinginan air. Karena itu fungsi radiator adalah mendinginkan mesin. Radiator yang kita kenal pada umumnya digunakan pada kendaraan bermotor (roda dua atau roda empat), namun tidak jarang radiator juga digunakan pada mesin yang memerlukan pendinginan ekstra.

Seperti pada mesin mesin produksi atau mesin mesin lainnya yang bekerja dalam kondisi kerja berat atau lama. Pada kendaraan baik motor atau mobil radiator pada umumnya terletak di depan dan berada di dekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi sistem pendinginan. Hal ini bertujuan agar mesin mendapatkan pendinginan yang maksimal sesuai yang dibutuhkan mesin.

Piston
Piston adalah sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidraulik, pneumatik, dan silinder pompa.

Tujuan piston dalam silinder adalah:

  • Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).
  • Membuka-tutup jalur aliran.
  • Kombinasi dari hal di atas.
Dengan fungsi tersebut, maka piston harus terpasang dengan rapat dalam silinder. Satu atau beberapa ring (cincin) dipasang pada piston agar sangat rapat dengan silinder. Pada silinder dengan temperatur kerja menengah ke atas, bahan ring terbuat dari logam, disebut dengan ring piston (piston ring). Sedangkan pada silinder dengan temperatur kerja rendah, umumnya bahan ring terbuat dari karet, disebut dengan ring sil (seal ring).

Tune Up

Tune-up merupakan salah satu jenis perawatan mobil. Tune up dapat diartikan sebagai penyesuaian kembali bagian-bagian dan komponen tertentu dari sebuah sistem mobil agar secara keseluruhan sistem tersebut bisa memberikan performa yang optimal.

Spooring
Spooring berarti menyelaraskan, dalam hal ini adalah menyelaraskan stir atau kemudi. Maksud dilakukan Spooring ini adalah agar kemudi tidak menimbulkan goncangan hebat pada saat kecepatan tinggi (Diatas 100 km/jam ), tidak berbelok ke arah tertentu pada saat jalan rata, padahal setir tidak dikendalikan. Serta merasa goncangan hebat dari kendaraan besar melintasi kita.

Balancing
Sedangkan Balancing berarti Menyeimbangkan. Maksud dilakukan Balancing adalah Meratakan ke empat roda supaya dalam pemakaian merata. Sambil men-etting jumlah timah yang harus ada di Velg mobil Anda.

Balancing penting dilakukan ketika misalnya salah satu Ban Mobil Anda mengalami keasuan (aus).

Doorsmer
Doorsmer adalah istilah yang jamak digunakan untuk cuci mobil. Istilah ini sangat populer, khususnya di Sumatera Utara, Aceh dan beberapa wilayah Sumatera. Sedangkan di daerah lain, istilahnya sering disebut cuci mobil saja.

Selain cuci mobil, doorsmer sekarang ini marak juga merambahi cuci motor.
loading...

1 comment:

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih