Saturday, October 5, 2013

10 Negara Berpopulasi Muslim Terbesar di Dunia

loading...
Sebagai agama terbesar kedua di dunia, keberadaan umat Islam senantiasa mendapat perhatian. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa populasi Muslim dunia mengalami pertumbuhan yang menakjubkan. Berdasarkan perhitungan, pada tahun 2030 umat Muslim akan membentuk 26 persen penduduk dunia.

Sebuah lembaga bernama Katibin merilis berdasarkan penelitian lapangan yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa pertumbuhan populasi Muslim dunia telah menyebabkan hingga pada tahun 2030, Muslim akan menempati 26 persen dari seluruh populasi dunia.

Hingga bulan Juli 2013, populasi Muslim  didunia berjumlah 1 milyar 322 juta jiwa. Jumlah ini setara dengan 19 persen dari seluruh populasi penduduk dunia. Islam dikenal sebagai agama resmi pertama di dunia.

Pusat penelitian PIO yang melakukan penelitian mengenai masalah ini pada bulan Desember 2012, menunjukkan bahwa negara-negara Maroko, Somalia, Afghanistan, dan Tunisia memiliki populasi Muslim di atas 90 persen. Sedangkan untuk  jumlah penduduk Muslim terbanyak di dunia, dipegang oleh Indonesia.

Wikipedia pada tahun 2011 menunjukkan bahwa Prancis memiliki populasi sebanyak 4,704 juta Muslim, atau setara dengan 0,2 persen jumlah penduduk negara ini. Sementara di Belgia terdapat 638 ribu Muslim, dan di Swedia terdapat 451 ribu Muslim.

Berdasarkan penelitian akhir, masyarakat Muslim Eropa pada tahun 2030 diperkirakan akan mengalami peningkatan dari 6 hingga 8 persen.

Berikut tabel urutan 10 negara dengan populasi muslim terbesar di dunia:


Sumber: [sm/islampos/sha]

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih