Friday, October 25, 2013

Tips Mudah dan Jitu Memilih Semangka Yang Bagus dan Manis [+Manfaat Buah Semangka]

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus) merupakan buah dalam suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae yang terkenal dengan rasanya yang segar dan enak.

Selain rasanya yang enak, buah ini juga kaya akan manfaat, terutama bagi kesehatan manusia. Semangka sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi karena memiliki kandungan air dan kalium cukup tinggi yang dapat menetralisasikan tekanan darah di dalam tubuh manusia.

Khasiat buah semangka dapat memperbaiki kerja jantung, membantu tubuh tetap sehat karena mengandung antioksidan (betakaroten dan vitamin C), dapat merangsang keluarnya air seni lebih deras, dapat menurunkan demam,  dan mencegah sariawan dengan cepat.

Semangka juga dipercaya dapat menemani program diet, karena buah semangka ini merupakan salah satu buah yang tidak mengandung lemak dan juga mempunyai kombinasi kadar gula terbatas dan kandungan air yang cukup banyak.

Namun, ketika membeli semangka, kita sering kecewa karena ternyata semangka yang kita beli ternyata kurang matang atau kurang manis. 

Karena itu, dalam membeli semangka, perlu diketahui tips-tips memilih semangka agar tidak salah beli. Berikut tips-tips memilih semangka yang bagus.

1. Pilih semangka dengan putik kepala lebih kecil, dengan garis-garis lebih kecil dan teratur.

2. Kalau masih ada tangkainya, pilih Semangka dengan tangkai bergulung.
3. Pilih semangka yang lebih gelap

4. Pilih semangka yang memiliki garis teratur

Sebagai tambahan informasi, berikut manfaat buah semangka untuk kesehatan, antara lain:

1. Mencegah tekanan darah tinggi dan stroke
Dalam buah semangka mengandung kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Manfaat buah semangka ini dapat anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsinya, misalnya buah semangka anda gunakan sebagai pencuci mulut setelah makan.

2. Menjaga kesehatan ginjal
Manfaat buah semangka dalam menjaga kesehatan ginjal yaitu karena adanya kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini membantu membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Selain itu, buah semangka mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

3. Antioksidan
Sebagai antioksidan yaitu melihat dalam buah ini mengandung likopen yang cukup tinggi. Likopen merupakan senyawa antioksidan yang berpotensi untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas berlangsung tidak terkendali, bisa disebabkankarena polusi, pola makan dan daya tubuh yang menurun. Hal ini berakibat, tubuh anda mudah terserang penyakit dan radikal bebas ini merupakan awal dari munculnya penyakit kanker.

4. Mencegah sariawan
Manfaat buah semangka bukan hanya untuk penyakit berat saja, sariawan pun dapat diatasi dengan makan buah semangka. Buah semangka mengandung banyak vitamin dan air, kedua senyawa inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Karena pada dasarnya, sariawan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di mulut dan bakteri akan berkembang baik jika mulut anda kering sehingga kandungan air dari buah semangka dapat mengurangi adanya bakteri.

5. Alternatif makanan rendah gula bagi penderita diabetes
Meskipun buah semangka manis, namun ternyata mengandung gula yang relatif rendah. Selain itu, manfaat buah semangka bagi penderita diabetes yaitu kandungan yang terdapat dalam buah semangka mampu merangsang produksi insulin sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Selain manfaat buah semangka di atas, buah semangka juga sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu yang sedang hamil, diantaranya adalah sebagai berikut : 
  • Dapat mengurangi rasa mual yang sering dialami ibu yang sedang hamil. 
  • Berfungsi untuk penambah cairan di dalam tubuh, karena buah semangka kaya akan kandungan airnya. 
  • Mencegah terjadinya kram otot. Hal ini sering terjadi pada kehamilan trisemester pertama. 
  • Mengurangi rasa panas pada perut ibu yang sedang hamil. 
  • Dapat membantu perkembangan otak, penglihatan dan sistem imun pada bayi.


loading...

1 comment:

  1. Halo, mau berbagi info yang bermanfaat nih. Saya jual Packaging Makanan. Barangkali ada pengunjung blog ini yang sedang butuh. Jika butuh bisa klik di sini.

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih