Tuesday, October 1, 2013

Beda Antara Pemimpin, Boss dan Komandan

loading...
Seorang pemimpin selalu berada di depan anak buahnya. Seorang Boss selalu berada di belakang anak buahnya. Seorang komandan selalu berada di samping anak buahnya.

Seorang pemimpin selalu melakukan hal terbaik untuk diteladani anak buahnya. Seorang Boss selalu menyuruh anak buahnya untuk melakukan hal sesuai dengan yang dia mau tanpa memberikan contoh. Sedangkan seorang komandan akan melakukan hal bersama berbarengan dengan anak buahnya.

Seorang pemimpin bertanggung jawab memutuskan sesuatu hal dan memberikan terobosan atau solusi atas suatu masalah. Sementara  seorang Boss akan menyuruh anak buahnya memutuskan sesuatu hal, dan jika salah maka anak buahnya harus bertanggung jawab. Sedangkan seorang komandan ingin anak buahnya menunggu perintah dan menjalankan perintah atas arahan.

Seorang pemimpin melakukan suatu hal dengan penuh perhitungan. Seorang bos akan menyuruh anak buahnya memperhitungkan suatu hal atas sebuah keputusan. Dan seorang komandan ingin anak buahnya melaksanakan sesuatu hal atas dasar perintah meskipun tanpa harus didasari perhitungan.

Seorang pemimpin selalu memahami kemampuan anak buahnya, dan memberikan tugas sesuai kemampuan anak buahnya. Seorang boss tidak peduli dengan kemampuan anak buahnya, yang penting harus melakukan yang diinginkan. Sedangkan dan seorang komandan ingin anak buahnya siap melakukan apa yang menjadi perintah meskipun sebuah mission imposible (di luar kemampuan) sekalipun.

Seorang pemimpin selalu memberikan teladan, arahan. Seorang komandan selalu memberikan perintah. Seorang Boss menunggu hasil kerja

Seorang pemimpin memahami dan mengerti tugas yang di berikan kepada anak buahnya. Seorang bos cenderung tidak memahami dan menguasai apa yang dijalankan anak buahnya, yang penting selesai dan sesuai harapan. Seorang komandan menguasai, memahami dan mengerti setiap tugas yang dijalani anak buahnya.

Seorang pemimpin selalu menganggap jabatan sebagai tanggung jawab. Seorang boss selalu menganggap posisinya adalah kekuatan. Seorang komandan selalu menganggap perintah adalah amanah.

Seorang pemimpin selalu menganggap kesalahan adalah pelajaran. Seorang boss selalu menganggap kesalahan adalah resiko yang harus dipertanggungjawabkan anak buahnya. Seorang komandan cenderung menganggap kesalahan adalah kegagalan.

Seorang pemimpin menganggap anak buahnya sebagai bawahan. Seorang Boss menganggap anak buahnya sebagai pekerja. Seorang komandan menganggap anak buahnya sebagai patnership.

Anda mau jadi apa? Menjadi pemimpin, Boss ataukah Komandan...?

Selamat dan Sukses!
loading...

3 comments:

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih