Friday, December 30, 2016

Tips Menghapus File / Folder Yang Bandel Susah Dihapus di Komputer [PC Windows]

loading...
Pernah nggak kamu mengalami: waktu ingin menghapus suatu file atau folder di komputer kamu, tiba-tiba nggak mau dihapus? Biasanya muncul peringatan /alert seperti "Access denied" dan semacamnya. seperti di samping ini.

Atau misalnya ketika kamu ingin melakukan pengosongan disk, misalnya untuk instal ulang windows, ternyata ditemukan keanehan pada memori di Harddisk / Local disk (C dts), dimana ukuran memori yang terpakai menunjukan angka yang sangat tinggi, nah kan mesti menghapus sebagian file atau folder, tapi kenyataannya ada yang nggak bisa dihapus.

Bahkan tahukah kamu kalau kasus tidak bisa menghapus file/folder ini sering juga kita temui pada file atau folder yang tersimpan didalam media eksternal seperti Flashdisk dan Hardisk Eksternal.

Selain tiu, ada banyak penyebab lain file atau folder komputer tidak bisa dihapus? diantaranya adalah :
  1. File atau Folder komputer memiliki permissions yang sangat kuat;
  2. File yang tersimpan di dalam folder sedang digunakan pada sebuah program;
  3. File sedang digunakan orang lain jika memang komputer atau laptop Anda terdiri dari beberapa User Accounts atau komputer dalam satu jaringan LAN seperti di warnet.

Nah, pasti geregetan juga ya kalau ketemu yang kayak begitu. Apalagi misalnya kalau ternyata file yang nggak bisa dihapus itu merupakan virus berbahaya atau file aneh yang nggak sengaja disownload dari internet dan dijalankan oleh aplikasi pihak ketiga yang bisa membahayakan keamaanan browsing komputer kamu.

Nah, karena itu admin ingin berbagi cara menghapus file atau folder bandel yang seperti in. Untuk menghapus  file atau folder yang bandel tidak bisa dihapus di OS Windows caranya sangat mudah. Anda bisa memilih trik-trik yang akan saya bagikan. Disini saya membaginya kedalam lima trik. Jika dikategorikan dalam menghapus file/folder tidak bisa dihapus adalah bisa dilakukan secara manual atau tanpa aplikasi dan menggunakan software.

1. Mengganti User Account Komputer/Laptop
Langkah awal mungkin saja akun komputer atau laptop yang Anda gunakan bukan pada status Administrator. Jika memang iya maka sangat mustahil Anda bisa menghapus file atau folder yang tersimpan didalam komputer. Menghapus file atau folder hanya bisa dilakukan oleh user yang sedang berada pada User Account Administrator. Silakan cek dan ubah switch user akun komputer atau laptop Anda. Namun jika Anda rasa bahwa komputer atau laptop tidak pernah membuat User Account baru selain Administrator, maka penyebabnya bukan ini.

2. Menghentikan Program Yang Berhubungan Dengan File/Folder Yang Ingin Dihapus
Seperti yang sudah dibahas pada penyebab file atau folder komputer tidak bisa dihapus diatas adalah kemungkinan ada program aktif yang berhubungan dengan file atau folder tersebut. Silakan Anda keluarkan atau non-aktifkan terlebih dahulu setiap program yang terkait. Kasus ini biasanya akan muncul pesan File In Use pada kotak dialog penghapusan file/folder. Jika begitu jadi jelasnya sudah bahwa penyebabnya adalah memang ada program yang aktif. Anda tidak menemukan program yang aktif, coba buktikan dengan menghentikan program dari Task Manager. Cara masuk ke Task Manager silakan tekan Ctrl+Shift+Esc pada keyboard secara bersamaan.


Pilih program yang terlihat aktif pada tab Aplications kemudian Anda klik pilih lagi End Task. Maka dengan melakukan cara ini program-program aktif akan otomatis berhenti. Masih gagal juga dengan melakukan cara ini? Silakan lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Restart Komputer/Laptop
Langkah ketiga jika kedua cara diatas sama sekali tidak ada hasilnya maka Anda tidak perlu putus asa, silakan Anda restart komputer atau laptop. Untuk restart komputer atau laptop lakukan dengan cara yang benar, yaitu dari Start > Shut Down > Restart, maka nanti komputer atau laptop setelah mati akan nyala kembali secara otomatis.

Dengan restart komputer maka akan menutup semua program yang sedang aktif. Silakan setelah komputer kembali nyala Anda coba hapus kembali file atau folder yang tadi tidak bisa dihapus.

4. Masuk Ke Safe Mode
Masih gagal juga ya langkah-langkah diatas? Sekarang coba Anda masuk ke Safe Mode. Cara masuk ke Safe Mode adalah restart komputer dan tekan tombol F8 pada keyboard terus menerus ketika komputer atau laptop nyala. Langkah ini seperti kita akan masuk ke BIOS komputer. Kemudian jika komputer sudah nyala atau dalam keadaan tampilan Safe Mode silakan Anda coba hapus file atau folder yang bandel tersebut.

Ketika komputer atau laptop dalam posisi Safe Mode maka Windows akan menghemat penggunaan RAM, Service, Intrernet, Software, dan perangkat-perangkat lainnya. Maka daripada itu tampilan komputer sedang Safe Mode maka terlihat sangat sederhana sekali. Dengan cara ini biasanya juga kita akan berhasil menghapus file atau folder yang awalnya sulit untuk dihapus.

5. Gunakan Software Pihak Ketiga
Langkah kelima ini adalah langkah terakhir jika memang ternyata semua langkah empat diatas tidak berhasil. Anda mau tidak mau harus menginstall software pihak ketiga yang khusus bisa kita andalkan untuk menghapus file atau folder yang bandel. Tenang saja software ini sangat ringan dan sangat mudah juga mengoperasikannya. Saya merekomendasikan dua software yang bisa Anda pilih, yaitu Software Unlocker dan Software Iobit Unlocker. Umumnya kasus penghapusan file atau folder yang tidak bisa dihapus dengan software ini akan sukses.

Silakan Anda download terlebih dahulu Software Unlocker pada halaman web resminya www.emptyloop.com/unlocker.  Atau bisa juga dengan menggunakan Software Iobit Unlocker, downloadnya di www.iobit.com/en/iobit-unlocker.php.

Disini admin tidak akan membahas secara rinci bagaimana cara menggunakan kedua software ini. Karena tentunya jika diselesaikan pada satu artikel maka akan kepanjangan. Insya Allah dilain kesempatan admin akan kembali membahasnya khusus untuk penggunaan kedua software unlocker tersebut.

Tapi walaupun begitu admin berharap kamu telah sukses melakukannya tanpa harus menggunakan aplikasi lain. Atau mungkin Anda sendiri paham benar cara menggunakan software tersebut tanpa harus diberikan contohnya.

Ok mungkin untuk sementara artikel Cara Menghapus File/Folder Komputer Tidak Bisa Dihapus dicukupkan sekian dulu. terima kasih dan selamat berselancar. 
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih