Wednesday, December 7, 2016

Nanas, Antiobiotik Terbaik Dari Alam

loading...
Rasanya mani-manis asam dan disukai banyak orang, biasa disantap sebagai buah segar atau diolah jadi panganan. Di beberapa daerah, nanas biasa dimasak sebagai sayur gulai asam.

Buah nanas mudah ditemukan dipasaran, bahkan tersedia sepanjang tahun ini  Harganya yang sangat terjangkau, sekaligus menjadi pilihan buah terbaik terutama bagi masyarakat yang tinggal diwilayah tropis.

Tapi tahukah anda, selain sebagai panganan, ternayta nanas juga berfungsi sebagai antibiotik. Para ilmuwan menemukan fakta bahwa di dalam buah nanas terdapat enzim yang bisa melawan bakteri bandel yang cukup kebal terhadap obat. Bakteri seperti itu diperkirakan bisa membunuh 10 juta orang pada 2050.

Para ilmuwan di Australia tersebut menemukan, enzim yang terdapat dalam nanas bisa mengatasi diare pada babi. Penemuan itu sangat penting mengingat manusia dan babi memiliki fisiologi dan anatomi serupa.

Para dokter berharap enzim tersebut bisa menjadi senjata tambahan dalam hal memerangi bakteri dalam tubuh manusia. Rob Pike, ahli biokimia di Universitas Melbourne, Australia, menyatakan bahwa enzim yang digunakan untuk mengobati babi itu kemungkinan juga bisa digunakan oleh manusia.

Tak seperti antibiotik yang menyasar bakteri, tiga jenis enzim yang terkandung dalam nanas beraktivitas dalam usus babi membuat bakteri tersebut sulit menempel pada sel-sel usus dan menghentikan diare yang sedang terjadi. "Saya percaya penemuan ini akan menjadi cara baru untuk mengobati diare," kata Profesor Pike kepada Daily Mail.

Enzim yang disebut bromelain itu pertama kali ditemukan pada era 1930-an. Namun kualitas antibiotik enzim itu baru diketahui 30 tahun lalu. Menurut Pike, penemuan itu juga menjadi momentum untuk mengembangkan antibiotik alternatif karena makin banyak orang yang tidak percaya lagi kepada kemanjuran antibiotik sehingga perlu dicari penggantinya.

Manfaat buan Nanas untuk Kesehatan

Nah, tidak sampai di situ, ternyata buah nanas juga kaya manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut beragam khasiat dan manfaat buah nanas bagi kesehatan:
  • Mengandung tinggi Vitamin dan mineral Tinggi 
  • Mengandung vitamin A dan manfaat beta-karoten, bermanfaat untuk melindungi mata dari degenerasi makula, mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. 
  • Sarat dengan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan, penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh, menghancurkan radikal bebas, melawan pilek, flu dan virus, menjaga gusi sehat, dan melindungi terhadap penyakit periodontal dan kanker mulut. 
  • Mendukung sintesis kolagen, dan menjaga kesehatan pembuluh darah. 
  • Mengandung Vitamin B1 (Thiamin) untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, memperkuat otot, dan meningkatkan fungsi sistem saraf yang tepat. 
  • Mengandung Fosfor yang bermanfaat mempromosikan tulang dan gigi yang kuat, menghentikan perkembangan osteoporosis. 
  • Merngandung Kalium untuk mengatur tekanan darah dan mendukung fungsi ginjal. 
  • Mangan, yaitu mineral penting tidak bisa dibuat oleh tubuh juga ditemukan dalam buah nanas . Mangan mendukung perkembangan dan fungsi tulang, mempercepat penyembuhan luka, mendukung kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menstabilkan gula darah untuk mencegah diabetes dan gangguan metabolisme.
Meski begitu, bagi para ibu hamil agar berhati-hati dan tidak dianjurkan mengkonsumsi buah ini dalam porsi banyak. Buah nanas mengandung bromelian, yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang tidak boleh dimakan Ibu Hamil
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih