Thursday, December 29, 2016

Tips Mengajarkan Anak Untuk Sholat Sejak Dini

loading...
Sholat adalah tiang agama. Dalam keluarga, Rasulullah Saw mengajarkan agar orang tua mulai menyuruh dan memerintahkan anaknya untuk sholat sejak dini.

Sebagai orang tua membimbing anak itu merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Didalam konteks membimbing anak-anak tentu saja para orang tua wajib memiliki tanggung jawab didalam mengajarkan sholat. Karena anak memang salah satu amanah yang dititipkan oleh Allah sebagai tanggung jawab dunia dan akhirat oleh orang tuanya.

Dalam rangka mengajarkan sholat kepada anak sendiri memang sangat tidak mudah. Bahkan jauh tidak mudah dari sekadar mengajarkan huruf abjad atau mengenalkan angka  angka kepada anak. Tanggung jawab atas sholat yang sangat besar pastinya akan menghadirkan beragam cobaan dan ujian ketika orang tua mengajarkan sholat kepada anak. Lalu seperti apa tips ajarkan anak shalat mulai sejak dini?

Bagi orang tua memang wajib mengajarkan anak untuk sholat sejak dini. Dan beberapa cara didalam mengajarkan sholat pada anak sejak dini yang dapat dilakukan diantaranya;

Beri teladan
Ayah dan ibu memang teladan yang sangat diperlukan oleh anak. Jika ayah senantiasa pergi ke masjid maka ibunya mendukung dari rumah untuk kemudian menyiapkan semua peralatan untuk sang anak dengan sebaik mungkin tentunya. Dan ini adalah teladan yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak secara mental Islam.

Wujudkan suasana yang agamis
Lingkungan yang sangat kondusif tentu akan menjadikan anak mampu terpengaruh dan kemudian pada akhirnya dapat ikut dengan apa yang terjadi di wilayah sekitar.

Karena itu ada baiknya orang tua sejak dini mengajarkan kepada anak untuk shalat tepat waktu, melakukan sholat berjamaah dan juga perlu membiasakan diri untuk lantunan ayat al-quran tentu dengan demikian dampak yang sangat baik akan Anda temukan.

Jangan lupa selalu ajak si anak
Jangan sampai kemudian setelah terus terusan mengajak anak sholat dan Anda merasa jenuh. Walaupun mereka masih sangat baru dengan aktivitas sholat, Anda dapat secara konsisten untuk akrab sholat dan mulailah untuk mengajak anak juga untuk latihan adzan sehingga kebiasaan yang seperti ini dapat dilakukan secara continuous oleh anak.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan mengenai Cara Ajarkan Anak Shalat Mulai Sejak Dini. Yuk mulai sekarang terapkan nafas-nafas Islami di rumah dan mulai ajarkan juga kepada anak tentang bacaan doa  doa sholat dan bacaan doa doa yang lain supaya anak lebih kenal dengan bacaan doa Islami tentunya.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih