Monday, December 19, 2016

18 Desember, Hari Bahasa Arab Sedunia....

loading...
Setiap tanggal 18 Desember diperingati sebagai hari berbahasa Arab sedunia. Diperkirakan, ada sekitar 390 juta penutur bahasa Arab di seluruh dunia, sehingga bahasa ini dinobatkan menjadi merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Bahasa Arab juga merupakan salah satu dari enam bahasa resmi PBB, serta bahasa liturgi bagi 1,6 miliar umat Islam di penjuru bumi.

Bahasa Arab merupakan bahasa bahasa modern untuk ditulis dan dibaca dari kanan-ke-kiri, Bahasa Arab memiliki sejarah panjang. Salah satu keistimewaan bahasa Arab adalah huruf Dhad (ض) sehingga bahasa ini dinobatkan sebagai bahasa Dhad.

Sejarah Hari Bahasa Arab Sedunia
Bahasa Arab dinobatkan sebagai bahasa Islam, bahasa arab dipercaya sebagai bahasa tertua di dunia (masih debatable).

Prasasti Arab paling awal diciptakan pada abad ke 6 SM. Bahasa  Arab awalnya didasarkan terutama pada alfabet Aram yang kemudian dimodifikasi dan diadaptasi selama bertahun-tahun untuk akhirnya menjadi sangat sendiri, bahasa yang khas.

Pada tahun 632, wahuyu diturunkan kepada Nabi Muhammad dalam bahasa Arab. Kitab suci Al-Quran juga ditulis dalam bahasa Arab, demikian juga ritual keagamaan (sholat) dan khutbah disampaikan dalam bahasa Arab.

Pada abad ke 8M, bermunculan banyak karya para ulama baik itu berupa kitab-kitab hukum, syair, dll yang ditulis dalam bahasa Arab juga.

Angka Arab juga memiliki pengaruh yang sangat besar pada orang di seluruh dunia, karena mayoritas negara di dunia saat ini resmi menggunakan sistem numerik Arab.

Bahasa Arab juga menjadi sumber penting dari kosakata untuk banyak bahasa Eropa, seperti Portugis, Spanyol, Inggris, Perancis dan Sisilia, serta bahasa non-Eropa seperti Swahili dan Uzbek. Banyak kata-kata yang berbahasa Inggris menggunakan secara teratur datang dari bahasa Arab.

Hari Bahasa Arab dicanangkan pada tahun 2010 oleh UNESCO untuk mempromosikan pemahaman budaya dan untuk menyoroti bahasa Arab sebagai salah satu bahasa yang paling penting di dunia.

Saat ini, ada tiga jenis bahasa Arab Klasik; Modern Standar Arab, yang terakhir dari yang digunakan dalam penerbitan, pendidikan dan media di seluruh dunia Arab.

Bsahasa Arab sehari-hari (amiyah) juga digunakan di berbagai daerah dan memiliki banyak variasi. 
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih