Friday, December 30, 2016

Luar Biasa...!!! Manfaat dan Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan...

Meski baru dikenal akhir-akhir ini di Indonesia, namun buah naga sudah cukup populer bagi pecinta buah. Selain rasanya yang lezat, tanamannya pun bisa dijadikan sebagai alternatif tanaman hias di sekeliling rumah.

Konon, buah naga aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan bernama Pitaya. Sedangkan nama naga atau “dragon” sendiri diambil dari kepercayaan orang Vietnam yang menganggap bahwa buah ini sangat diberkahi dan mereka selalu meletakkan buah ini diantara dua patung naga.

Pada artikel kali ini kami akan mengajak Anda untuk membahas berbagai macam khasiat buah naga merah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Buah yang bentuknya khas ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan usia, berbagai nutrisi yang dikandung buah ini bagus untuk kesehatan bayi, balita, anak-anak, hingga orang dewasa dan orang tua.

Buah naga kaya akan nutrisi, selain kaya vitamin, buah ini juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh (bukan lemak jenuh yang justru harus dihindari). Serat yang ada pada buah ini memiliki manfaat bagus untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial dalam jumlah banyak. Zat-zat inilah yang membuat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari, sama seperti buah apel.

Khasiat Buah Naga Merah untuk Mencegah Penyakit
Ada empat jenis buah naga, dua jenis buah naga daging berwarna merah dengan kulit berwarna merah muda atau merah, dan dua jenis buah naga daging berwarna putih dengan kulit berwarna merah atau kuning. Keempat macam buah naga ini pada dasarnya sama-sama memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, hanya saja diantara masing-masing sedikit berbeda tingkat kandungan nutrisinya. Lalu apa saja khasiat dan manfaat buah naga merah ini?


Mencegah Kanker
Penyakit kanker termasuk penyakit berbahaya yang sangat sulit untuk disembuhkan. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah, Anda bisa berusaha mencegah kanker salah satunya dengan cara rutin mengonsumsi buah naga merah ini. Buah ini sangat kaya akan vitamin C yang merupakan salah satu antioksidan utama, yang mampu mencegah rusaknya sel/DNA yang dipicu oleh radikal bebas, yang merupakan salah satu asal mula terjadinya kanker. Setiap 100 gram buah naga dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin C harian, padahal satu buah naga biasanya memiliki berat sekitar 400 gram atau 0,4 kg.

Bagus untuk Jantung
Khasiat buah naga merah berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Buah naga mempunyai khasiat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menaikkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu kandungan Phytochemical Captin pada buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebagai informasi, zat Phytochemical Captin biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan masalah jantung, dan pada buah ini Anda bisa mendapatkannya secara alami. Jika Anda mempunyai kecenderungan tekanan darah tinggi ataupun masalah jantung, cobalah untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

Mencegah dan Mengatasi Diabetes
Meskipun buah naga merah mengandung gula, namun karena kadar serat dalam buah ini sangat tinggi sehingga tetap bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi diabetes. Kandungan serat selama ini lebih dikenal untuk melancarkan pencernaan, padahal ada fungsi penting lainnya sebagai pengatur dan mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak juga dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, terutama tipe 1 dan 2, yang merupakan tipe diabetes yang paling sering terjadi.

Masih ada banyak lagi khasiat atau manfaat buah naga merah yang akan dibahas di halaman 2, termasuk juga penjelasan mengenai manfaat buah ini untuk program diet.

Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat buah naga berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Buah ini mengandung kalsium dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, hanya mencukupi 1% kebutuhan harian untuk setiap 100 gram buah, dibandingkan dengan 18% kebutuhan harian per 100 gram susu. Namun buah ini mengandung kandungan zat besi dalam jumlah lumayan. Perlu diingat bahwa zat besi juga cukup penting untuk kesehatan tulang. Dalam 100 gram buah naga terdapat 8% kebutuhan harian zat besi.

Menjaga Kesehatan Mata
Buah naga cukup efektif untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan beta-karoten yang terkandung dalam buah naga merah ini sangat bermanfaat untuk mata. Oleh karena itu buah naga bisa Anda jadikan pilihan makanan alternatif untuk menjaga kesehatan mata apabila Anda bosan dengan wortel atau jenis makanan sumber beta-karoten lainnya. Anda bisa mengonsumsi buah naga secara langsung atau dengan diolah terlebih dahulu menjadi jus buah.

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Lainnya
Selain memiliki banyak manfaat untuk mencegah penyakit, buah naga merah masih memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya. Di atas telah disebutkan bahwa antioksidan dalam buah naga ini dapat mencegah kanker, namun sebenarnya tidak hanya itu saja. Antioksidan yang berasal dari vitamin C ini dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh secara keseluruhan, sehingga Anda tidak mudah sakit. Rajin mengonsumsi buah ini akan membuat Anda jarang terkena penyakit-penyakit ringan macam flu, batuk, sariawan, sakit tenggorokan, dan yang lainnya.

Kemudian biji buah ini sangat kaya akan asam lemak esensial. Asam lemak jenis ini cukup sulit didapatkan, paling banyak biasanya terdapat pada minyak ikan, kemudian minyak dari biji-bijian. Kenapa dinamakan esensial? karena asam lemak ini sangat penting untuk tubuh, yang mana kebutuhannya mutlak untuk dipenuhi. Nutrisi ini penting kebutuhan kesehatan tubuh pada tingkat sel. Untuk mendapatkan asam lemak esensial ini yang perlu Anda perhatikan adalah harus mengonsumsi buah naga ini dengan cara di jus atau di blender, karena sistem pencernaan kita tidak mampu untuk menghancurkan biji buah naga dengan sendirinya.

Khasiat Buah Naga Merah untuk Diet
Bagi Anda yang sedang atau berencana untuk melakukan program diet, buah naga merah ternyata termasuk buah yang bagus untuk diet, cocok untuk program menurunkan berat badan. Buah ini kaya akan nutrisi yang dapat membantu memenuhi asupan gizi harian Anda selama diet. Kemudian buah ini sangat sedikit kandungan kalorinya, hanya sekitar 10% kandungan buah ini yang merupakan karbohidrat. Untuk setiap 100 gram, buah ini hanya memenuhi kebutuhan karbohidrat harian sebanyak 3%. Sangat sedikit bukan?

Hal berikutnya yang dapat membantu program diet menurunkan berat badan adalah kandungan serat pada buah ini. Serat akan membantu memperlancar pencernaan, membantu penyerapan nutrisi makanan dengan lebih optimal. Saat diet Anda akan mengonsumsi lebih sedikit makanan, namun tentu saja tetap penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Disinilah pentingnya sistem pencernaan yang dapat bekerja secara lancar.

Nah, itu tadi adalah penjelasan kami mengenai berbagai macam khasiat buah naga merah untuk kesehatan tubuh. Jadi setelah Anda mengetahui fakta-fakta yang telah kami paparkan tadi, ada baiknya jika mulai sekarang Anda memasukkan buah naga merah ke dalam daftar menu makan sehat Anda setiap hari. Dengan rasa yang khas namun enak dan juga menyegarkan, dijamin Anda akan menyukai buah ini. Semoga artikel ini bermanfaat.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih