Monday, March 30, 2015

Ranking Paspor Paling 'Keren' Di Dunia

loading...
Bagi yang suka bepergian ke luar negeri, paspor tentu sudah bukan barang asing yang harus dimiliki. Paspor menjadi keharusan ketika akan memasuki wilayah negara lain.

Ketika akan memasuki sebuah negara, seseorang harus mendapatkan visa sebagai izin masuk dan tinggal di negara tersebut. Visa biasanya akan dituliskan di halaman paspor yang bersangkutan.

Visa lazimnya diurus di perwakilan negara yang akan dituju, baik melalui konsulat atau pun kedutaan. Misalkan kita akan pergi ke Inggris dari Indonesia, maka terlebih dahulu kita mesti mendapatkan visa Inggris melalui Kedutaan Inggris di Jakarta.

Nah, tapi ada beberapa negara yang membebaskan visa bagi pemegang paspor negara tertentu. Dan inilah yang menjadi alat ukur seberapa 'Kuat' dan "keren' paspor sebuah negara tersebut.

Pemegang paspor Singapura misalnya, merupakan paspor terkuat di Asean, di mana warga Singapura bebas melenggang masuk ke 155 negara tanpa visa. Berdasarkan data The Henley Visa Restriction Index, paspor Singapura tergolong dalam urutan ke-11 sebagai paspor terkuat di dunia. Bandingkan dengan Indonesia yang hanya di urutan ke 87!

Lembaga terkemuka yang bernama Henley & Partners setiap tahun menerbitkan apa yang disebut The Henley Visa Restriction Index. Indeks ini merangking suatu negara berdasarkan banyaknya negara yang bisa dimasuki warga negaranya tanpa memerlukan visa.

Berdasarkan index tersebut untuk tahun 2010 terpilihlah paspor United Kingdom sebagai paspor terkeren di dunia dengan 166 negara bebas visa. Jadi bila di dunia ini terdapat kurang lebih 205 negara maka warga UK bisa melenggang ke 166 negara tanpa visa dengan batas tinggal berkisar antara 3 hari sampai 3 tahun.


Data mutakhir lengkap tentang kekuatan paspor di dunia dapat didownload di link berikut INI.
[masukkan form yang ada, link akan dikirim ke e-mail].

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih