Monday, March 9, 2015

Luar Biasa....! Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Jangan lupa kasih salam ....
"Masak itu gampang kok,,, liat aja resepnya di Internet". Ujar seorang gadis yang diomelin bapaknya karena tidak bisa masak.

Tanpa cas cis cus, si gadis pun mulai belajar masak bersama ibunya. Satu per satu bumbu dan rempah di masukkan, mulai dari cabe, kunyit, jahe, lengkuas, serai dan lain sebagainya.

"Nah, sekarang kasih salam dulu...". Kata ibu.

"Selamat pagi, ayam....". Sambut di gadis dengan semangat memberi salam sambil mendongokkan muka ke wajan yang sedang menggelegak.

Itu adalah peggalam sebuah iklan provider seluler yang sangat populer akhir-akhir ini. Tapi kita tidak akan bahas soal kartu internet murah, tapi pada postingan kali ini kita akan ulas soal Daun Salam.

Ya, daun salam, banyak mungkin generasi muda yang tidak tahu, apalagi yang tidak pernah beraktifitas di dapur. Daun jenis ini masuk ke tumbuhan rendah seperti halnya empuyan, keduduk dan lain sebagainya.

Daun salam merupakan salah satu rempah khas asia tenggara yang banyak digunakan dalam berbabagai masakan, utamanya masakan bersantan dan berkuah kental.

Namun tahukah anda, bahwa selain untuk pelengkap bumbu masakan, daun salam juga memiliki sejuta manfaat lainnya yang sangat luar biasa, terutama sebagai bahan pengobatan herbal.

Menurut penelitian, daun salam dapat digunakan sebagai obat dan pencegahan untuk berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, radang, hipertensi, asam urat serta masih banyak lagi.

Untuk mencegah penyakit jantung
Daun salam ternyata kaya akan nutrisi serta berbagai senyawa salah satunya ialah salisilat yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung anda. Bagi anda yang gemar memasukkan daun salam ke dalam masakan anda sebagai penyedap masakan maka akan mempunyai resiko yang sangat rendah mengidap penyakit jantung.

Nah, karena hal tersebutlah sebaiknya anda perbanyak mengkonsumsi masakan yang mengandung daun salam ini agar anda terhindar dari terserang nya penyakit yang sangat mematikan ini.

Sebagai obat maag
Daun salam bisa menjadi obat untuk sakit maag. Bagi anda yang sekarang tengah mengidap maag, maka ada baiknya anda mengobati maag tersebut dengan pengobatan alamiah. Pengobatan yang menggunakan daun salam tentunya.

Caranya ialah ambil daun salam sebanyak 18 lembar lalu cucilah daun salam tersebut sampai bersih lalu rebus lah daun salam tersebut ke dalam air mendidih 15 menit lamanya. Kemudian berilah sedikit gula aren untuk pemanis nya dan dinginkan air tersebut lalu setelah dingin anda bisa langsung meminumnya. Lakukan hal seperti ini secara rutin sampai rasa perih di lambung anda tersebut menghilang.

Mengobati radang tenggorokan
Jika anda salah satu orang yang mengetahui daun salam memiliki berbagai manfaat yang sangat kuar biasa, maka anda termasuk orang-orang yang bisa dikatakan sangat beruntung. Bagaimana tidak? Ternyata daun salam ini sangat efektif untuk mencegah serta mengobati beragam penyakit. Salah satunya ialah penyakit radang tenggorokan atau orang awam menyebutnya sebagai sakit tenggorokan.

Jika anda menginginkan manfaat yang seperti ini, anda bisa merebus 10 sampai 15 daun salam kemudian rebus lah daun salam tersebut dengan sedikit air maksimal 3 gelas. Lalu minumlah air rebusan tersebut secara rutin, agar radang anda segera sembuh.

Atasi hipertensi
Tahukah anda bahwa daun salam juga memiliki zat senyawa yang bisa menjadi obat hipertensi. Zat senyawa tersebut ialah zat tanin dan flavonoida yang memungkinkan bisa menjadi obat untuk anda yang memiliki hipertensi atau yang biasa disebut dengan tekanan darah tinggi tentunya. Dengan cara membuat teh alami dari daun salam.

Cara untuk membuat obat tersebut ialah sebagai berikut:
  • Ambil kurang lebih 15 daun salam
  • Kemudian cucilah daun salam tersebut hingga bersih
  • Lalu rebus daun tersebut ke dalam air, maksimal 3 gelas air putih yang disediakan
  • Setelah itu, jika sekiranya air tersebut mendidih dan menguap sehingga tinggal sedikit airnya, maka langsung diminum saja tentunya biarkan air tersebut hangat atau tunggu hingga menjadi dingin terlebih dahulu.
  • Dan yang terakhir ialah lakukan hal semacam ini secara rutin dan continue.
Obat diare
Selain hal di atas, ternyata daun salam pun dapat juga dimanfaatkan sebagai obat diare secara alami. Anda tahu bukan memang di jaman sekarang yang serba canggih ini sudah begitu banyak obat yang beredar di pasaran yang dapat anda beli dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, sayangnya obat tersebut pastinya ada efek samping yang mau tak mau anda akan merasakannya setelah meminum obat tersebut. Nah, karena hal yang seperti itulah maka lebih baik anda menggunakan obat herbal yang dapat anda gunakan. Salah satunya menggunakan daun salam.

Caranya: ambillah kurang lebih 15 daun salam yang masih segar. Lalu rebus lah daun tersebut ke dalam air yang mendidih maksimal 2 gelas banyaknya air. Kemudian beri garam secukupnya setelah melakukan semua cara di atas, tunggu air tersebut sampai dingin, setelah dingin minum air tersebut secara teratur untuk diare anda.

Sebagai obat untuk kencing manis
Manfaat daun salam yang lainnya adalah untuk mengobati gejala kencing manis alias diabetes. Jika anda memiliki penyakit yang satu ini, ada baiknya anda mencoba pengobatan secara tradisional atau herbal dengan hanya memanfaatkan daun salam.

Caranya adalah:
Ambil kurang lebih 15 lembar salam dan cucilah sampai bersih.
Kemudian rebus lah daun tersebut dengan menggunakan air sebanyak maksimal 3 gelas dan tunggulah sampai mendidih, ketika air tersebut mendidih secara otomatis air tersebut akan berkurang.
Lalu tunggulah rebusan air tadi sampai dingin, setelah dingin minumlah air rebusan tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang maksimal, buat dan minumlah air tersebut secara teratur dan rutin.

Memutihkan gigi
Selain dapat digunakan sebagai obat herbal, daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Untuk memperoleh kegunaan dan manfaat dari daun salam ini, anda harus melakukan hal berikut:

  • Sediakan bahan-bahan yang di perlukan, seperti kulit jeruk dan daun salam.
  • Setelah itu jemurlah kedua bahan di atas sampai layu dan kering.
  • Kemudian setelah semua bahan tersebut kering tumbuk lah campuran bahan di atas lalu beri air secukupnya. Aduk sampai rata hingga membentuk pasta.
  • Langkah yang terakhir ialah gosok lah gigi anda dengan pasta tersebut. Lakukan hal ini secara teratur setiap hari untuk mendapatkan gigi yang putih dan berkilau.

Demikian beberapa ulasan tentang manfaat daun salam buat kesehatan manusia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Dan sekarang, tiba saatnya kita memberi salam: WAssalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh....
loading...

2 comments:

  1. info yanga bagus min numpang share juga untuk info dan cara merawat kecantikan dan kesehatan
    http://gustafitriawan.com/
    http://onlinehomecareersblog.net/

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih