Thursday, November 21, 2013

[WASPADA!!!]: Beberapa Cara dan Teknik Orang Menyadap Telepon Seluler (HP) Orang Lain

Saat ini, Indonesia tengah dihangatkan dengan berita penyadapan telepon. Tak pelak, dikabarkan beberapa pejabat tinggi negara disadap teleponnya oleh pihak asing. Nah, bertepatan dengan itu, tema kita kali ini adalah tentang: bagaimana teknis penyadapan telepon seluler?

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, penyadapan bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan peranti lunak maupun peranti keras. Menurut salah seorang pakar, penyadapan ponsel bisa dilakukan hanya dengan me-remote.

Salah satu skema konvensional penyadapan ponsel adalah dengan menaruh BTS kamuflase di sekitar ponsel korban. Misalnya, menggunakan BTS palsu dalam bentuk koper atau dalam bentuk yang tidak terduga. Biasanya digunakan aparat hukum untuk memburu target operandinya.

Jika BTS kamuflase itu menyala, cara kerjanya sederhana. Ponsel yang mengirimkan gelombang radio menuju BTS di sekitarnya. Dan, BTS palsu juga akan menangkap gelombang radio tersebut tanpa sepengetahuan pengguna, kemudian menerima informasi percakapan di ponsel.

Skema lain, melalui alat sadap yang dipasang oleh operator telekomunikasi. Tiap-tiap operator seluler mempunyai alat penyadapan atau alat perekam yang dipasangkan di dalam jaringannya. Biasanya skema ini dilakukan dalam rangka penegakan hukum. Dan petugas hanya diperbolehkan membukanya apabila diminta oleh penegak hukum.

Berbicara skema yang lebih canggih, penyadapan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan peranti lunak. Menurutnya, praktik penyadapan oleh intelijen asing tentu sangat rapi dan rahasia, banyak yang tidak menyadarinya. Pelaku aksi intelijen bisa menyusup dengan menyewa bandwidth ke operator tertentu dengan berpura-pura menjadi penyelenggara jasa Internet (Internet Service Provider/ISP) kemudian membuka jaringan virtual ke pusat intelijen.

SMS Forwarder 
Sebenarnya, SMS Forwarrder bertujuan baik untuk menyimpan SMS-SMS yang pernah di kirim dan diterima (layaknya e-mail). SMS Forwarder juga bermanfaat untuk memindahkan SMS ke nomor lain ketika misalkan seseorang berganti nomor HP. Fungsi ini dapat juga mengawasi pasangan yang selingkuh. hehehe.

Nah, tapi sayangnya, layanan SMS Forwarder ini bisa disalahgunakan orang untuk menyadap SMS yang barangkali mengandung konten privasi. Karena itu, jangan sampai ponsel anda dipinjam dalam waktu yang cukup lama (apalagi dibawa pergi) oleh orang lain.

Terlepas dari semua itu, SMS Forwader merupakan sebuah layanan yang sangat baik. Selain itu, ada pula layanan Auto Copy juga dapat melakukan copy SMS secara otomatis. Selain itu, pada jenis HP jenis smartphone yang lebih canggih, layanan auto copy SMS dapat pula  dilakukan menggunakan OS Android. Umumbnya, cara yang dilakukan sebagai berikut:
  1. Download aplikasi SMS Forwarder dari HP Android asal, Lalu install.
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut dan klik: Active, untuk mengaktifkannya.
  3. Lalu pilih Forward to, dan masukkan nomor HP kamu.
  4. Sedangkan untuk memprotek login aplikasi agar target tidak dapat membuka aplikasi SMSForwarder, Caranya, setting menu seperti di bawah ini:
Show indicator icon: NO (agar aplikasi tidak terlihat)
Attach sender number: Yes
Attach sender name: Yes
Auto Start: Yes
Login Password: Buatlah password untuk login ke aplikasi ini.
Selesai.

Intinya, berhati-hatilah dalam menggunakan alat komunikasi. Ingat, bahwa alat komunikasi adalah privasi yang dilindungi. Dan siapapun yang menggunakannya untuk mengganggu privasi orang lain tanpa izin yang sah merupakan sebuah pelanggaran hukum.
loading...

3 comments:

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih