Tuesday, November 12, 2013

Beberapa Aktivitas Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

loading...
Sesudah makan, sebagian orang memiliki kebiasaan tertentu untuk menikmati suasana perutnya yang sudah kenyang. Namun, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa aktivitas yang tidak boleh dilakukan setelah makan karena akan dapat merugikan dan berbahaya bagi kesehatan. Apa saja itu?

1. Beraktivitas berat
Berlari, jalan-jalan, berenang, aerobik, atau juga bercinta dilarang dilakukan sesaat setelah makan. Tubuh membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengendapkan makanan dan lalu mencerna. Bukannya membakar kalori, melakukan aktivitas berat sesaat setelah makan membuat perut kembung dan memicu kram perut.

2. Merokok
Padahal efek rokok ini akan lebih berbahaya saat dikonsumsi setelah makan. Dikutip Health Me Up, merokok setelah makan meningkatkan risiko kerusakan paru-paru sepuluh kali lipat. Kegiatan apa lagi yang "haram" diklakukan usai makan?

3. Mandi
Punya kebiasaan mandi setelah makan? Hindari. Mandi akan meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh, terutama pada tangan dan kaki. Jadi jika Anda langsung mandi setelah makan, jumlah darah di sekitar perut juga akan meningkat dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Hal ini akan membuat sistem pencernaan melemah.

4. Tidur
Rasa kantuk memang sering menyerang setelah makan. Tapi bukan berarti Anda boleh langsung tidur setelah makan. Kebiasaan ini dapat mengganggu pencernaan yang efek jangka panjangnya dapat menyebabkan usus.

5. Makan buah
Buah selalu disiapkan sebagai menu pencuci mulut setelah makan. Sayang buah-buah segar ini justru merusak sistem pencernaan tubuh. Mengonsumsi buah setelah makan membuat perut terasa kembung. Hal ini disebabklan karena sifat buah yang memfermentasikan makanan di dalam perut. Sebaiknya konsumsi buah 1-2 jam setelah makan, atau 1 jam sebelum makan.

6. Minum teh
Banyak orang yang memilih teh sebagai teman makan. Nikmat, tapi teh memiliki tingkat keasaman tinggi yang membuat kandungan protein dalam makanan meningkat, sehingga tubuh lebih sulit mencerna.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih