Friday, November 22, 2013

Cara Mudah Dan Alami Membersihkan Noda Bandel Pada Permukaan Keramik dan Porselen

loading...
Seringkali kita kesulitan membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada keramik dan porselen. Noda-noda seperti kerak, lumut, percikan semen kering dan lain sebagainya membuat keindahan lantai keramik menjadi rusak.

Kamar mandi yang ditinggal cukup lama biasanya akan meninggalkan lumut hijau biru yang susah dihilangkan. Beberapa produk modern sudah menawarkan solusi untuk ini, tapi kadang hasilnya tidak memuaskan. Di samping efek zat kimia aktif yang bisa jadi berbahaya, seperti menimbulkan sifat korofis sehingga keramik menjadi rapuh, melukai kulit, dan gas yang dipancarkannya berbahaya bagi pernafasan.

Tapi jangan khawatir, ternyata ada beberapa cara alami yang sangat ampuh untuk mengatasi noda-noda tersebut. Bagaimana caranya?

Menggunakan Cuka Dapur
Cuka makanan merupakan bahan alami dan pasti murah meriah untuk merontokkan noda bandel pada lapisan keramik. Sifat Cuka yang asam dapat mengubah zat-zat tertentu sehingga dapat membasmi noda membandel pada lapisan keramik dengan sangat efektif. 

Langkah-langkah membersihkan keramk dengan cuka adalah sebagai berikut:

Untuk Lantai Keramik
Tuangkan cuka secukupnya pada bagian lantai yang terdapat noda, lalu diamkan selama 5 menit, kemudian gosok dengan lap pel hingga bersih.

Untuk Kloset
Campurkan cuka dengan air, lalu masukkan kedalam botol spray , kemudian semprotkan merata ke seluruh permukaan kloset, diamkan beberapa saat, kemudian lap dengan kain lembut atau spons. Sebagai penghilang bakteri, gunakan cairan anti bakteri atau larutan pemutih dan air dan siram hingga bersih.

Untuk Showerhead
Masukkan campuran cuka dan air kedalam kantong plastik, kemudian masukkan kepala shower dan ikat dengan karet sehingga kepala shower terendam dan biarkan selama kurang lebih satu jam. Lepaskan kantong dan biarkan air mengalir perlahan, langkah terakhir adalah lap dengan kain hingga bersih.

Untuk Bathtup
Untuk perawatan, semprot dengan campuran air dan cuka. Sedangkan untuk noda membandel dan kusam, taburkan bubuk baking soda pada noda dan diamkan beberapa saat. Lalu campurkan cuka dan gosok dengan spons atau sikat lembut, terakhir bilas dengan air hingga bersih.

Menggunakan Belimbing Asam (Wuluh)
Belimbing asam biasanya digunakan untuk campuran utama masakan asam pedas, terutama ikan baung (waduh jadi lapar). Tapi ternyata, ada manfaat lain dari buah yang satu ini.

Zat asam yang sangat tinggi pada belimbing dapat merontokkan noda yang sangat membandel sekalipun pada permukaan lantai. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Kupas bellimbing wuluh, lalu gosokkan pada noda, lalu diamkan kurang lebih 10 menit. Gosok dengan kain lap atau sikat plastik hingga bersih. Untuk noda pada keramik, gosok dengan sikat gigi, jika perlu tambahkan sabun pembersih pada sikat.

Setiap 2 blimbing wuluh mampu membersihkan keramik ukuran 20 cm x 20 cm.. Nah, hebat bukan?

Sedangkan untuk membersihkan noda pada Perabot Porselen, seperti: mug, cangkir, gelas, piring, meja dapur dan lain-lain, sebelum dicuci seperti biasa, semprotkan cuka terlebih dahulu pada noda dan biarkan beberapa saat, kemudian gosok dengan busa pembersih dan bilas hingga bersih.

Untuk membersihkan dengan belimbing wuluh, gosok noda pada permukaan perabot, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air sampai bersih.

Nah, Selamat Mencoba bagi yang belum pernah mencoba…... !!!
Semoga berhasil.........!!!!
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih