Thursday, November 21, 2013

Bahaya! Sering Berbicara Lewat Ponsel Bisa Menyebabkan Hipertensi (Darah Tinggi)

loading...
Teknologi telekomunikasi memang memungkinkan kita untuk melakukan percakapan dari jarak jauh. Apalagi saat ini banyak bonus nelpon gratis dari penyedia layanan GSM. Tapi perlu diingat, bagi Anda yang gemar melakukan panggilan telepon, berhati-hatilah. Pasalnya, sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengobrol dengan perangkat ponsel bisa meningkatkan tekanan darah.

Adalah peneliti dari Guglielmo da Saliceto Hospital yang berbasis di Italia yang melakukan penelitian tersebut dengan melibatkan sebanyak 94 responden pria dan wanita yang memiliki tekanan darah rendah dan sedang.

Secara acak responden menerima panggilan dari ponselnya dan kemudian sambil di kursi, mereka dibiarkan mengobrol untuk diperiksa tekanan darahnya. Hasilnya, terjadi peningkatan tekanan darah dari 121/77 menjadi 129/82 selama mereka berbicara melalui ponselnya.

Apakah dengan begitu Anda harus membuang ponsel kesayangan? Tidak perlu. Pasalnya, temuan itu hanya terjadi pada orang yang sering mengobrol dengan ponsel lebih dari 30 menit per hari.

Dr G. Crippa, kepala penelitian yang temuannya dilaporkan dalam perkumpulan American Society of Hypertension di San Fransisco ini menduga tekanan darah yang meninggi karena berbicara lewat ponsel dikarenakan adanya rasa terganggu dari si penerima panggilan.

“Responden kami kebanyakan adalah pria dan wanita muda. Mereka sepertinya tidak terbiasa diganggu dengan panggilan telepon,” ujarnya seperti dilansir The Daily News.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih