Wednesday, April 22, 2015

Mau Tidur..? Padamkanlah Lampu... Ini Manfaatnya Buat Anda...!

loading...
Sebagai manusia normal,  seseorang membutuhkan waktu untuk beristirahat setelah sekian lama bekerja.  Salah satu
bentuk istirahat tersebut adalah tidur.

Berdasarkan penelitian medis,  orang yang tidak mengalami tidur yang cukup akan mengalami gangguan kesehatan yang berdampak negatif secara fisik dan psikis.

Dalam masalah tidur,  yang terpenting bukanlah kuantitas atau lamanya tidur,  tapi justru pada kualitas tidur itu sendiri.

Nah,  dalam ajaran Islam,  disebutkan bahwa ketika seseorang hendak tidur,  hendaklah ia memadamkan api yang menyala di rumahnya,  dalam arti demi menjaga keamanan tempat tinggal maupun terjauhi dari sikap mubazir.

Bila diterjemahkan secara luas,  api yang dimaksud  di sini juga dapat berarti cahaya semisal lampu dan sebagainya.

Selain menciptakan tidur yang berkualitas,  memadamkan lampu  ketika hendak tidur ternyata juga sangat bermanfaat positif bagi kesehatan.

Berikut adalah manfaat kesehatan bila Anda tidur dalam keadaan gelap:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Beberapa ahli biologi seperti Joan Robert mengemukakan bahwa saat Anda tidur dalam keadaan lampu yang mati, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi sebagai penghasil kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Tetapi saat Anda menyalakan lampu saat akan tidur pada malam hari, maka tubuh tidak akan memproduksi hormone melatonin. Kerena itu disarankan untuk Anda mematikan lampu pada malam hari saat akan tidur.

Tubuh lebih segar
Selain membantu tubuh untuk memproduksi hormon kekebalan tubuh, mematikan lampu saat malam hari juga akan membuat Anda lebih cepat terlelap, sehingga secara tidak langsung akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan segar saat bangun di pagi hari.

Ini juga menjadi salah satu cara ampuh untuk Anda agar tidak mudah letih dan lesu.

Mengurangi lemak
Manfaat lain dari mematikan lampu saat tidur ternyata dapat mengurangi lemak tubuh dan menghindarkan Anda dari resiko obesitas (kegemukan).

Meningkatkan kinerja otak
Tidur lelap dalam gelap juga dapat meningkatkan kinerja otak dan secara tidak langsung mengurangi pikun saat Anda memasuk usia lanjut. Selain itu, dapat menghilangkan stress karena akan merelaksasikan pikiran Anda saat berada dalam ruangan yang gelap.
Hal ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara meditasi ringan yang dapat Anda lakukan sehingga secara tidak langsung akan menstabilkan emosi dan pikiran Anda.

Mengurangi resiko global warming
Disamping bermanfaat untuk tubuh, mematikan lampu pada malam hari juga membantu mengurangi resiko terjadinya global warning.

Penggunaan energi listrik saat malam hari lebih besar dampaknya terhadap global warning, selain itu mematikan lampu pada malam hari juga akan menghemat biaya listrik Anda.

Oke, luar biasa bukan? So,  memang tidak sia-sia agama kita mengajarkan petunjuk semacam ini.

Baiklah,  selamat beristirahat dan jangan lupa berdoa sebeum tidur! 
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih