Thursday, April 2, 2015

Cara Mudah Memperbaiki Goresan Pada CD (Compact Disc)

loading...
Kehadiran cakram padat atau compact disc (CD) dalam industri digital menjadi media penyimpan data populer sejak penghujung abad XX.

Bila dahulu kaset dengan pita VHS menjadi andalan untuk mendengarkan musik atau memutar video misalnya, kehadiran CD menjadikan pita-pita tersebut terasa ketinggalan zaman.

Terlebih di saat ini telah keluar pula beberapa varian lanjutan yang lebih canggih seperti DVD dan Bluray dengan daya tampung data lebih maksimal dan kualitas yang semakin bagus.

Kendati di saat yang sama telah hadir pula media penyimpan data lain yang lebih praktis seperti Flashdisk atau SD Card, namun kebutuhan akan CD masih dirasa tinggi, terutama untuk penggunaan entertainmen.

Namun begitu, ada beberapa kendala atau bisa dibilang kelemahan dari cakram padat ini, misalnya bentuk fisiknya yang bisa meninggalkan goresan pada keping yang selalu membuat penggunanya tak mau memakainya.

Nah, banyak yang bingung apa yang harus mereka lakukan ketika CD tergores? Khawatir data di dalamnya bisa rusak.

Sebuah media virtual Stomp menyatakan bahwa menggosok CD atau DVD dengan buah pisang dapat membantu menutup goresan pada CD.

Menurut Like, buah pisang memiliki sifat yang membantu untuk menutupi goresan di CD tersebut.
Dengan demikian, jika terjadi lompatan suara saat sebuah DVD dimainkan, cukup goreskan buah pisang, lalu dibersihkan kembali, dan setelah itu pisang tersebut akan memberikan lapisan yang memungkinkan CD atau DVD untuk bermain normal.

Entah bagaimana itu bisa terjadi, tapi begitulah keterangan dari Stomp. Barangkali kita akan bertanya bagaimana peralatan laser yang membaca data digital tersebut bisa terpengaruh oleh lapisan pisang? Entahlah.

Selamat mencoba!
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih