Thursday, April 16, 2015

[Ilmuwan Inggris]: Manusia Bisa Melawan Proses Penuaan dan Hidup Ribuan Tahun

loading...
Sejak dulu, banyak manusia yang mendambakan awet muda dan berumur panjang dengan tetap sehat jiwa raga. Berbagai macam cara dilakukan, mulai dari konsumsi makanan tertentu hingga cara-cara klenik.

Dalam legenda pun, dikisahkan tentang manusia-manusia yang dikaruniai kemudaan abadi sehingga selalu tampil cantik dan tampan, seperti misalnya kisah ibu Sangkuriang dalam legenda pasundan.

Terkait hal ini, ada sebuah kabar mengejutkan datang dari tanah Eropa. Seorang ahli biologi asal Inggris mengklaim dirinya berhasil menemukan teori bahwa manusia bisa bertahan hidup hingga 500 tahun bahkan 5000 tahun dan tetap muda.

Aubrey De Gray, demikian nama Ilmuwan dari Cambridge University tersebut, ia mengklaim bahwa proses penuaan adalah tidak lebih dari sekedar penyakit yang bisa diobati.

Seperti dikutip Dailymail, Grey menyatakan bahwa penuaan terjadi karena rusaknya sel-sel yang kemudian mati, dan sel-sel tersebut dapat saja diganti dengan sel-sel yang baru sehingga tubuh tetap selalu bugar.

Dalam sebuah pernyataan, De Grey mengatakan:
"I think it's reasonable to suppose that one could oscillate between being biologically 20 and biologically 25 indefinitely." (Saya pikir, masuk akal untuk menduga bahwa orang bisa berosilasi menjadi berusia antara 20 hingga 25 selamanya tanpa batas)

Dalam sebuah wawancaranya dengan Newsweek, reporter menanyakan: "Mengapa kita menua?". De Grey menjawab:

"Ada banyak rincian yang kita tidak tahu, tetapi dalam arti luas, akumulasi kerusakan terjadi karena ada kesenjangan dalam inbuilt perbaikan diri yang dimiliki mesin tubuh. Ketika salah satu hewan hidup lebih lama dari yang lain, itu hanya karena otomatis mesin perbaikan diri mereka lebih komprehensif dengan tingkat kesenjangan yang lebih kecil. Jadi sedikit kerusakan terakumulasi, atau kerusakan terakumulasi lebih lambat.

Proses ini benar-benar sama dengan penuaan dalam mesin buatan manusia sederhana. Mesin dengan bagian yang bergerak cenderung menumpuk berbagai jenis kerusakan. Awalnya itu tidak berbahaya, apakah itu karat pada mobil atau apa pun. Kerusakan yang akhirnya membuat pintu jatuh".

De Grey melakukan penelitiannya di Cambridge dan berkesimpulan bahwa manusia bisa menyembuhkan penuaan, bukan sekedar memperlambatnya.

De Grey memiliki nama lengkap Aubrey David Nicholas Jasper de Grey. Ilmuwan ini lahir di London pada tanggal 20 April 1963 dan bekerja pada  Biogerontology, Strategies for Engineered Negligible Senescence.

Teori baru Grey ini mengingatkan kita pada teori pengobatan dengan Stem Cell yang marak dikembangkan saat ini di Tiongkok. 

Sebagai penutup tulisan ini, mari kita lihat daftar manusia era modern dengan usia terpanjang di dunia:


Nama
Usia
Lahir
Wafat
Jeanne Calmen
122 tahun 164 hari
21 Februari 1875
Agustus 1997
Shigechiyo Izumi
120 tahun 237 hari
29 Juni 1865
21 Februari 1986
Sarah DeRemer (Clark)Knauss
119 tahun 97 hari
24 September 1880
30 Desember1999
Lucy (TerrellHannah
117 tahun 248 hari
16 Juli 1875
21 Maret 1993
Marie Louse Febronie(ChasseMeilleur
117 tahun 230 hari
29 Agustus1880
16 April 1998


Sumber:
- Live Science [http://www.livescience.com/6967-hang-25-year-wait-immortality.html]
- Newsweek [http://www.newsweek.com/2013/07/24/you-can-live-forever-immortality-plausible-or-it-quack-science-237778.html]
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih