Thursday, April 30, 2015

Teknik dan Cara Yang Benar Menggunakan Sumpit Untuk Makan

Menikmati semangkok bakmi hangat di tengah rintik-rintik hujan dan cauaca sejuk memang sangat nikmat! Nah, bagi kamu pecinta bakmi atau masakan yang mengandung mie-mie lainnya, pasti sudah tahu yang namanya sumpit!

Ya, sumpit -peralatan makan dari negeri Tiongkok yang sudah ada sejak ribuan tahun ini- memang kerap disediakan ketika hendak menyantap mie. Tapi banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

Padahal, sebetulnya teknik menggunakan sumpit cukup sederhana, cukup beberapa kali latihan, anda akan bisa menggunakan sumpit layaknya Jackie Chan yang menangkap lalat terbang dengan sumpit!

Bagaimana caranya?

Langkah Pertama
Yang namanya sumpit, pasti ganda (berjumlah dua). Jadi pertama kali, ambil dulu satu buah sumpit. Sumpit tersebut silakan diletakkan pada tangan kanan di antara jari tengah dan telunjuk. Sedangkan bagian pangkal sumpit melewati perbatasan antara telunjuk dan ibu jari.

Perlu diingat, jangan kaku dan tegang, andaikan saja kamu lagi memegang sebuah pensil atau pulpen, lalu cobalah memegang sumpit seperti itu. (lihat gambar di samping)

Langkah kedua
Selanjutnya ambillah sumpit yang kedua, letakkan pada posisi yang sama dengan sebelumnya. Bagian pangkal sumpit akan berada diantara telunjuk dan ibu jari, sedangkan bagian ujung sumpit menempel pada jari tengah. Jadi satu sumpit menempel pada ibu jari, dan satunya lagi pada jari tengah. Posisi ibu jari mengunci kedua sumpit ini agar tidak terlepas.

Setelah memegang dengan benar, kamu bisa mencoba mengambil makanan atau benda dengan sumpit. Jika kamu memegang dengan benar, sumpit tidak akan bergerak maju mundur saat mengambil makanan, melainkan bergerak ke atas dan ke bawah untuk menyesuaikan dengan ukuran makanan.

Untuk melakukan ini, silakan kamu gerakkan sumpit yang menempel pada ujung jari telunjuk. Dengan menggerakkan sumpit ini, kamu tidak perlu lagi menggerakkan sumpit yang satunya. Dengan mengencangkan jari telunjuk, maka sumpit akan terbuka. Sebaliknya, saat kamu membengkokkan telunjuk, maka sumpit akan tertutup.

Nah, itu tadi adalah salah satu cara memegang sumpit. Sebenarnya cara memegang sumpit sangat beragam, tergantung dari bagaimana seseorang belajar.

Cara Alternatif
Alternatif lain memegang sumpit adalah dua pangkal sumpit melewati celah antara ibu jari dan jari telunjuk (sama dengan cara sebelumnya), hanya saja posisi ujung sumpit sedikit berbeda. Sumpit pertama berada di atas jari manis, sedangkan sumpit kedua diapit oleh jari telunjuk dan jari tengah.

Jadi saat ingin mengambil makanan, sumpit pertama diam dan sumpit kedua bergerak naik turun untuk menyesuaikan ukuran makanan.

Jika kamu melakukan hal ini beberapa kali, maka kamu pasti bisa fasih memakainya. Makan dengan sumpit sama halnya dengan menulis dengan pulpen. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk menggunakannya.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih